Hore! 7 Tol Baru Ini Gratis Hingga Akhir 2018

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 20 Desember 2018 19:15
Hore! 7 Tol Baru Ini Gratis Hingga Akhir 2018
Ruas tol mana saja?

Dream – Tujuh ruas tol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis 20 Desember 2018. Kabar baiknya, masyarakat bisa melewati jalan bebas hambatan ini tanpa membayar alias gratis hingga Desember 2018.

Dikutip dari Merdeka.com, 4 ruas tol di Jawa Timur yang diresmikan itu adalah Wilangan-Kertosono (38 km), Kertosono-Bandar (1 km), relokasi Porong-Gempol (6 km), dan ruas Pasuruan-Grati (14 km). Total panjang empat ruas ini adalah 59 km.

Sedangkan tiga ruas tol di Jawa Tengah yang diresmikan sepanjang 142 km. Rinciannya, Pemalang-Batang 34 km, Batang-Semarang (75 km), dan Salatiga-Kartasura (33 km).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan Trans Jawa sudah bisa dipakai untuk mendukung arus lalu lintas, terutama libur Natal dan Tahun Baru. Ketujuh ruas ini akan digratiskan hingga akhir Desember 2018.

“ Sudah sampai Grati. Lebih dari Surabaya. Secara teknis setelah diresmikan, sudah bisa beroperasi. Ada nanti mungkin kita perlu clearing, pembersihan,” kata Herry.

Peresmian ke-7 ruas tol tersebut menandai terhubungnya ruas tol Trans Jawa dari Merak hingga Grati. " Dengan nyambung berarti 933 Km dari Merak sampai ke Grati. Yang selanjutnya, sebetulnya yang ke Probolinggo (ruas Grati-Probolinggo) bisa awal tahun depan. Probolinggo- Banyuwangi kurang lebih tahun 2021," kata dia.

Herry mengatakan, saat ini, proses pengerjaan tinggal tahap finalisasi, seperti pemasangan rambu-rambu lalu lintas di Trans Jawa.

" Ujian pertama di Natal dan Tahun Baru, yang kedua di Lebaran. Diharapkan nanti ketika Lebaran sudah bisa lebih baik. Kalau rambu-rambu semua sudah cuma memang di sini ada beberapa yang dalam proses sehingga akan difinalkan dalam waktu dekat," kata dia.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ma'ruf Amin Sebut Standar Halal Indonesia Jadi Contoh Dunia