Catat! Cara Aman Naik Shuttle untuk Libur Panjang Akhir Oktober 2020

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 22 Oktober 2020 08:12
Catat! Cara Aman Naik Shuttle untuk Libur Panjang Akhir Oktober 2020
Khususnya bagi kamu yang berencana bepergian saat long weekend akhir Oktober ini.

Dream - Era adaptasi kebiasaan baru (AKB) memungkinkan kita untuk kembali beraktivitas, termasuk bepergian ke suatu tempat. Ini tentunya menjadi angin segar bagi kamu yang memang butuh bepergian, entah untuk tujuan personal, bisnis, maupun wisata. Terlebih lagi, pada akhir Oktober 2020 ini, ada momen libur akhir pekan yang cukup panjang.

Tidak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri, Indonesia pun sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata yang memukau. Mobilitas pun kian mudah dengan hadirnya moda transportasi praktis dan memudahkan, seperti shuttle atau travel. 

Nah, berikut ini langkah-langkah aman dan nyaman yang bisa kamu terapkan saat naik shuttle di masa sekarang, khususnya bagi kamu yang berencana bepergian saat long weekend akhir Oktober.

1 dari 4 halaman

Jaga Kondisi Tubuh Sebelum Berangkat

Hal utama yang wajib dilakukan adalah menjaga kesehatan diri sebelum hari keberangkatan. Konsumsi makanan sehat sebelum bepergian, olahraga teratur, dan jangan lupa untuk menambah asupan vitamin jika diperlukan. Hal ini dilakukan untuk membuat sistem kekebalan tubuh dalam kondisi terbaiknya. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah tertular penyakit.

shuttle© shutterstock.com

Jika sebelum berangkat, kamu merasa kurang enak badan, ada baiknya menunda perjalanan terlebih dahulu. Barulah nanti ketika sudah sehat kembali, bisa bepergian seperti biasanya.

2 dari 4 halaman

Selalu Gunakan Masker serta Face Shield

Perlindungan wajib lainnya yang harus dilakukan adalah selalu mengenakan masker saat berada di shuttle. Jenis maskernya sesuai dengan kenyamanan masing-masing ya dan sebisa mungkin hindari jenis masker tipis seperti scuba maupun buff.

shuttle© shutterstock.com

 

Selalu pastikan masker yang digunakan telah memenuhi standar kesehatan agar kamu aman dari potensi penularan COVID-19 melalui tetesan droplet. Nah, untuk perlindungan yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan pelindung wajah (face shield) yang sekarang mudah didapatkan.

3 dari 4 halaman

Bawalah 'Starter Pack' Wajib di Era AKB

Pandemi COVID-19 menyadarkan kita bahwa aspek sanitasi maupun kebersihan kian berharga dalam setiap aktivitas. Karena itulah, kamu sebaiknya membawa barang-barang “ starter pack” yang terkait kesehatan ketika pergi ke mana pun.

shuttle© shutterstock.com

Sejumlah barang tersebut, misalnya masker, tisu kering maupun basah, hand sanitizer, peralatan makan pribadi, hingga sarung tangan.

4 dari 4 halaman

Duduklah Sesuai Kursi yang Dipesan

Langkah selanjutnya untuk perjalanan aman dan nyaman naik shuttle adalah dengan menerapkan physical distancing. Pengelola bus lazimnya telah mengatur kursi agar penumpang bisa saling menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) satu sama lain. Intinya, melakukan pembatasan kontak langsung dengan orang lain.

Begitulah langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kamu tetap aman dan nyaman saat naik shuttle.  Agar merasa lebih terlindungi saat bepergian, kamu sejatinya bisa memanfaatkan Clean Trip pada layanan shuttle di Traveloka.

shuttle© shutterstock.com

Para mitra shuttle Clean Trip telah menerapkan langkah perlindungan ekstra bagi keamanan dan kenyamanan perjalanan kamu. Misalnya, pembersihan armada shuttle dengan disinfektan secara rutin dan menyeluruh, pengecekan suhu tubuh bagi pengemudi dan penumpang sebelum berangkat, dan lain-lain.

Nah, cara pesan tiket travel shuttle Clean Trip di Traveloka juga mudah lho. Ikuti saja langkah berikut:

1. Buka situs web Traveloka maupun Traveloka App lalu isi detail perjalanan mulai dari tempat keberangkatan, tujuan, dan lain-lain
2. Jangan lupa cek jadwal keberangkatan dan harganya
3. Lihatlah detail shuttle yang diinginkan
4. Isilah data penumpang dengan benar
5. Teliti kembali detail pemesanan, jangan sampai salah atau terlewat
6. Lakukan pembayaran dan e-tiket akan dikirimkan melalui e-mail maupun notifikasi Traveloka App

Hanya dalam beberapa menit saja, kamu sudah bisa mendapatkan tiket yang diinginkan. Dari mana saja dan kapan saja, tanpa perlu mengantre. Saat hari keberangkatan, kamu tinggal tunjukkan saja e-tiket Traveloka kepada petugas. 

Jadi, kamu sudah berencana pergi ke mana dalam waktu dekat ini? Jangan lupa untuk mengecek regulasi wilayah yang akan dikunjungi ya dan terapkan selalu protokol kesehatan di mana pun berada!

Beri Komentar