Tak Cuma Cegah Maling, Ini Manfaat Lain Alarm Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 5 April 2019 12:15
Tak Cuma Cegah Maling, Ini Manfaat Lain Alarm Mobil
Alarm mobil punya beragam fungsi.

Dream – Kunci mobil kini tak hanya digunakan sebagai alat untuk membuka-tutup mobil dan menyalakan mesinnya. Kini kunci mobil juga telah memiliki ftur untuk menyalakan alarm yang punya beragam fungsi.

Selama ini banyak orang yang mengetahui fungsi alarm mobil sebagai upaya mencegah kendaraan digarong maling. Tapi tahukah kamu ada fungsi lain dari alarm mobil kamu?

Dikutip dari Garda Oto, Jumat 5 April 2019, suara alarm yang kencang dan disertai dengan lampu mobil berkedip akan lebih menarik perhatian orang sekitar. Nah, ini bisa menjadi salah satu tanda peringatan.

Pada dasarnya, ada tiga fungsi alarm mobil. Yang paling utama tentu saja sebagai alat peringatan. Alarm mobil akan menjadi peringatan kepada mobil yang dikendarai, hampir menabrak suatu objek.

Peringatan ini ditunjukkan dengan bunyi sebelum atau setelah benturan. Alarm yang berbunyi keras menandakan telah terjadi sesuatu pada mobilmu.

Fungsi lain alarm mobil adalah membantu menemukan letak kendaraan. Kamu yang sering hangout ke mall, pasti pernah lupa lokasi parkir mobil. Masalah jadi makin runyam, kalau kamu sama sekali tak ingat lantai tempat memarkir kendaraan.

Dengan menyalakan alarm mobil, kamu bisa dengan mudah menemukan lokasi mobil. Tapi ingat, jangan sampai alarm kamu berbunyi dalam waktu lama ya. Orang lain akan terganggu dengan suara bisingnya. 

Pada era digital saat ini, terdapat beberapa jenis alarm yang bisa terkoneksi langsung dengan smartphone. Kamu bisa mengirimkan sinyal yang bisa melacak dan menentukan keberadaan mobilmu.

1 dari 1 halaman

Jadi Sistem Keamanan

Terakhir, remote control di kunci mobil bisa digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan alarm mobil. Selain itu, alarm mobil juga bisa berfungsi sebagai penanda kendaraan dalam bahaya.

Alarm itu akan menjadi sebuah peringatan yang menandakan bahwa mobil sedang dirusak atau dicuri. Ada sensor sentuhan dan peringatan di alarm mobil. Ketika pintu mobil dibuka dengan paksa, otomatis alarm akan langsung berbunyi dan menandakan kendaraan itu berada dalam ancaman.

Meskipun mobilmu sudah dipasang alarm, kendaraan ini tak sepenuhnya bisa menjaga keamanan mobil. Kamu juga perlu menyertakan kendaraan dengan asuransi yang bisa menjamin perlindungan atas kendaraanmu. Kalau dicuri, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan premi yang dijanjikan.

Beri Komentar