Cocok dengan Indonesia, Daihatsu Siap Rilis Ayla Turbo?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 8 November 2019 17:30
Cocok dengan Indonesia, Daihatsu Siap Rilis Ayla Turbo?
Mesin ini disebut-sebut disukai generasi muda.

Dream – Beberapa waktu lalu, foto Daihatsu Thor “ gentayangan” di Jalan Tol Jakarta—Cikampek. Sehingga memantik spekulasi bahwa mobil yang sedang dites itu akan dipasarkan di Indonesia.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, memang membantah spekulasi tersebut. Tapi dia mengatakan mesin yang ditanam di mobil itu cocok bagi konsumen di Indonesia.

" Ternyata mesin 1.000cc turbo milik Daihatsu tidak kalah dengan merek lain. Bahkan cenderung cocok dengan kondisi Indonesia," kata Amelia dikutip dari Liputan6.com.

Saat disinggung siapa pengguna mesin itu, dia menyebut target konsumen yang tertarik adalah anak muda atau biasa disebut milenial. Anak muda, kata dia, lebih suka performa dan kecepatan.

“ Yang berkeluarga dan umur itu lebih mikirin fungsi bawa keluarga,” kata Amelia.

1 dari 5 halaman

Lalu, Mobil Ini yang Disukai Anak Muda

Amelia mengatakan, mobil Daihatsu yang paling banyak digunakan generasi milenial saat ini adalah Ayla dan Sirion. Tapi, dia belum bisa memastikan mesin 1.000 cc akan digunakan di mobil mana.

" Belum tahu akan diterapkan di mana. Yang pasti mesin 1.000cc turbo sudah tes di Indonesia. Kami sekarang yang dipelajari apakah cocok digunakan untuk jalanan Indonesia," kata dia.

Saat disinggung kapan mesin tersebut bisa digunakan konsumen Indonesia, Amelia ogah berkomentar banyak. Namun, pihaknya siap menghadirkan mesin mobil itu jika punya banyak peminat.

" Kami masih mengamati respon masyarakat Indonesia. Kalau tren itu menyukai mesin kecil dengan turbo pasti akan kami penuhi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

2 dari 5 halaman

Daihatsu Ajak Konsumen Tukar Tambah Mobil, Apapun Mereknya!

Dream - Setelah sukses dengan program spesial tukar-tambah sebelumnya di kota Makasar, Yogyakarta dan Bandung, kali ini Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mengadakan acara bertajuk Daihatsu Festival & Trade In Day di Ciputra World Surabaya, 9-10 November 2019.

Program ini merupakan usaha Daihatsu memudahkan pelanggan dalam mewujudkan impiannya memiliki kendaraan baru Daihatsu, melalui fasilitas tukar-tambah dengan beragam kemudahan dan diskon menarik.

“ Dalam ajang ini, Sahabat Daihatsu dapat melakukan tukar-tambah kendaraan lama semua merek menjadi mobil baru Daihatsu,” ujar Budi Mahendra, Customer Satisfaction & Value Chain (CSVC) Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di acara press conference Daihatsu Urban Fest 2019, Surabaya, Jumat 8 November 2019.

 Daihatsu Festival & Trade In Day

Foto: Alfi Salima Puteri/Dream

Sahabat Daihatsu akan mendapatkan hadiah menarik, seperti free biaya admin untuk pembelian secara kredit, voucher belanja bagi peserta yang Trade In, serta voucher elektronik dan berbagai luckydraw menarik untuk pembelian Daihatsu baru.

Aneka hadiah tersebut dipersembahkan khusus bukan hanya dari Daihatsu saja, melainkan juga dari Value Chain partner, yaitu Astra Credit Companies (ACC), Daihatsu Financial Services (DFS), Asuransi Astra dan Mobil88.

Laporan: Alfi Salima Puteri

3 dari 5 halaman

Tarik Gran Max 1.5 L dan Luxio, Daihatsu Rogoh Kocek Rp221 Miliar

Dream – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menarik kembali (recall) 36.915 unit Gran Max 1.5 L dan Luxio karena ditemukan adanya masalah di salah satu komponennya. Berapa total biaya yang dikeluarkan Daihatsu?

" Jadi biaya yang kita keluarkan sekitar 6 jutaan per unit dan itu sudah termasuk dengan jasa servicenya," kata Head of Techical Support Department Technical Service Division ADM, Bambang Supriyadi, di Jakarta, Jumat 1 November 2019.

 Tarik Gran Max dan Luxio, Daihatsu Rogoh Kocek Rp221 Miliar

Jika dihitung, total biaya yang dirogoh Daihatsu untuk memperbaiki puluhan ribu Gran Max 1.5 L dan Luxio sekitar Rp221,49 miliar. Proses penggantian komponen sekitar 14 jam untuk satu unit mobil, sebab pengerjaannya sama dengan 'turun mesin'.

Bambang melanjutkan, biaya tersebut tak dibebankan kepada konsumen yang mobilnya terkena recall. " Konsumen yang mobilnya terkena perbaikan kompomen tidak dikenakan biaya (gratis)," tutur dia.

4 dari 5 halaman

Waktu Pengerjaan Sama dengan 'Turun Mesin'.

Adapun proses penggantian komponen sekitar 14 jam untuk satu unit mobil, sebab pengerjaannya sama dengan 'turun mesin'.

Sebagai kompensasi dari perusahaan, konsumen akan mendapat bonus berupa voucher paket ganti oli mesin gratis untuk servis berikutnya.

Setiap pemilik kendaraan juga dapat melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui apakah mobilnya masuk ke program recall atau tidak dengan menghubungi 1-500-898.

Tercatat sejak peluncuran Gran Max (2008), dan Luxio (2009), keduanya sampai saat ini sudah terjual sebanyak lebih dari 300 ribu unit. 

(Laporan: Diah Tama Yanti)

5 dari 5 halaman

Penyebab Recall

Dream – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menarik kembali (recall) Gran Max 1.5 L dan Luxio produksi Maret 2018-April 2019. Ada total 36.915 unit yang di-recall pada Jumat 1 November 2019.

Head Technical Support Departement Technical Service Division, Bambang Supriyadi, mengatakan ada masalah di mesin 1.5L 3SZ, terutama di bagian connectiong rod. Ada perubahan proses tempa yang membuat komponen—penghubung piston dan crankshaft—patah.

“ Proses tekan, tekanannya lebih kuat daripada semestinya. Nggak langsung kelihatan retak,” kata Bambang di Sunter, Jakarta Utara, Jumat 1 November 2019.

  Mesin Berisiko Mati, Daihatsu Tarik 36.915 Gran Max dan Luxio

Bambang mengatakan patahnya komponen ini membuat mesin mobil berpotensi mati. Fakta ini ditemukan dari 6 mobil dari 36.914 unit mobil Gran Max 1.5 L dan Luxio yang diproduksi.

Daihatsu segera menghubungi pelanggan terdampak tentang recall melalui surat pemberitahuan, telepon, dan SMS. Pelanggan juga bisa mengecek sendiri apakah kendaraannya masuk dalam daftar penarikan melalui hotline di 1-500-898 kapan pun selama 24 jam dalam seminggu.

Mereka juga mengganti komponen pada bagian yang rusak, tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis. Tambahan lainnya, pelanggan juga diberikan sebuah apresiasi berupa voucher paket ganti oli mesin gratis untuk service berikutnya bagi yang berpartisipasi dalam program recall.

 Penghubung piston dan crankshaft

" Ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab kami dalam memastikan mobil yang sudah menjadi milik pelanggan pun tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya," ujar Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra.  

(Laporan: Diah Tama Yanti)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara