Balik ke Indonesia, KIA Boyong Penantang HR-V

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 21 Januari 2020 10:12
Balik ke Indonesia, KIA Boyong Penantang HR-V
Mobil ini siap meramaikan pasar SUV.

Dream - KIA kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia. Ini ditandai dengan mobil All New Seltos yang diboyong oleh PT Kreta Indo Artha (KIA).

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 20 Januari 2020, pilihan untuk menjual mobil sport utility vehicle (SUV) memang bukan alasan. Presiden Direktur KIA, Andrew Nasuri, mengatakan SUV cocok digunakan di Indonesia. Dengan dimensi yang tinggi, pengendara bisa menyetir mobil dengan percaya diri.

" Dari segi kompetitor, memang di Indonesia ini sudah banyak ya atau ramai di pasar, seperti Honda HR-V, dan Toyota juga akan keluar tipe baru. Dan pasar ini memang sudah besar sekali di Indonesia, dan itu target kami," kata Andrew di sela-sela peluncuran All New Seltos di Jakarta.

1 dari 5 halaman

Pasar Mobil Terbesar Kedua

Presiden Direktur PT Indomobil Sukses International (Tbk), Jusak Kertowidjojo, mengatakan pasar mobil terbesar pertama adalah MPV. Kemudian, yang kedua adalah SUV.

" Itu nomor dua terbesar di Indonesia, dan perkembangannya sangat cepat karena memang paling cocok dikendarai di Indonesia," kata Jusak.

Dengan modal yang dibawa All New Seltos, seperti desain yang agresif, interior mewah, performa mesin, dan fitur, All New Kia Seltos menjadi model yang paling baru dan cocok untuk menjadi strategi KIA masuk ke dalam pasar yang paling berkembang.

Sementara itu, berbicara strategi, pastinya berhubungan dengan pelayanan dan purnajual mobil asal Korea Selatan ini di Indonesia. Saat ini, PT KIA sendiri sudah memiliki 24 diler 2S dan 3S, yang tersebar di wilayah Jawa, Sumatera, dan Bali.

Untuk tahun ini, akan bertambah menjadi 38 dealer yang juga tersebar di seluruh Nusantara.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

2 dari 5 halaman

KIA Indonesia Remi Gabung Jadi Keluarga Indomobil

Dream – PT Indomobil Sukses International Tbk tak main-main dengan rencana akuisisi bisnis KIA di Indonesia. Perusahaan ini menggandeng PT Sarimitra Kusuma Ekajaya untuk membentuk perusahaan joint venture (JV), yaitu PT Kreta Indo Artha.

Dikutip dari keterbukaan di Bursa Efek Indonesia, Jumat 28 Juni 2019, perusahaan JV ini bergerak di bidang perdagangan dan industri kendaraan bermotor sejak 17 Mei 2019.

 

 © Dream

 

“ (Tujuannya untuk) menjalankan usaha perdagangan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan menggunakan merek KIA,” kata Direktur Utama Indomobil, Jusak Kertowidjojo, di Jakarta.

Dengan pembentukan ini, Jusak optimistis bisa meningkatkan kinerja usaha di Indomobil Group dengan menambahkan variasi merek kendaraan bermotor yang ditawarkan kepada konsumen.

3 dari 5 halaman

Segini Porsi Investasi

Jusak mengatakan Indomobil dan Sarimitra Kusuma Ekajaya merogoh uang Rp100 miliar untuk modal dasar usaha patungan yang ditempatkan. Modal yang ditempatkan sebesar Rp25 miliar untuk disetor.

Indomobil memegang 60 persen saham di perusahaan patungan. Nilai modal yang disetor sebesar Rp15 miliar.

Sebaliknya, Sarimitra Kusuma Ekajaya menyetor modal Rp10 miliar dan saham yang dipegang sebesar 40 persen. (Sah)

4 dari 5 halaman

Kabar Sebenarnya Heboh KIA Indonesia Tutup

Dream – Beredar kabar PT KIA Mobil Indonesia (KMI) memutuskan berhenti berjualan produk dan menutup beberapa dieler mereka. Lalu apakah mereka bangkrut? 

Public Relation KMI, Dina Andridiana, membantah kabar tersebut. Dina menegaskan pihaknya masih eksis di Indonesia. Bahkan tetap menjadi Agen Pemegang Merek (APM) KIA di Indonesia.

“ KIA masih eksis dan KIA Mobil Indonesia tetap menjadi APM KIA di Indonesia,” kata Dina ketika dihubungi Dream, di Jakarta, Senin 4 Maret 2019.

Namun, Dina enggan menjelaskan kondisi perusahaan lebih lanjut. “ Saat ini, kami belum bisa menyampaikan lebih lanjut selama proses konsolidasi berlangsung pihaknya memperluas jaringan after sales service di Jakarta,” kata dia.

Sekadar informasi, penjualan KIA sepanjang 2018 turun. Penjualan wholesales pada Januari—Mei 2017 sebanyak 421 unit. Pada Januari—Mei 2018, penjualannya hanya 122 unit.

5 dari 5 halaman

Tunjuk Indomobil Group, Menerka Nasibnya

Dina menegaskan KIA justru kini memperluas jaringan after sales service di Jakarta. Pihaknya menunjuk Indomobil untuk memberikan layanan after sales.

“ Yang terjadi sebenarnya adalah KIA memperluas jaringan after sales service-nya di Jakarta dengan menunjuk Indomobil Group sebagai jaringan authorized workshop KIA di Jakarta,” kata dia.

Sekadar informasi, perluasan layanan after sales KIA berada di wilayah Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Halim, TB Simatupang, Puri Indah, dan BSD City.

Berikut ini rinciannya dikutip dari Facebook KIA Motors Indonesia.

1. Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Selatan 1, ST/A, Pantai Indah Kapuk, Jakarta

2. Halim Perdana Kusuma

Jalan Halim Perdana Kusuma 1A, Jakarta

3. TB Simatupang

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup