Honda Stop Produksi Mobil di Indonesia Selama 14 Hari

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 2 April 2020 16:36
Honda Stop Produksi Mobil di Indonesia Selama 14 Hari
Penghentian sementara produksi mobil akan dilakukan pertengahan bulan ini.

Dream – Pandemi virus corona Covid-19 “ menggoyang” industri otomotif di Indonesia. Setelah Astra Daihatsu Motor mengurangi jam kerja pegawai, kini langkah lebih berat mesti dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM).

Produsen mobil Honda ini memutuskan menghentikan produksi mobil di Karawang, Jawa Barat, selama 14 hari mulai 13 April 2020.

“ Berdasarkan kondisi dan peritimbangan terkini, kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan produksi kami selama 14 hari mas, mulai tanggal 13 April 2020,” kata Business Innovation and Marketing and Sales Director HPM Yusak Billy kepada Liputan6.com, dikutip Kamis 2 April 2020.

Yusak mengatakan keputusan ini diambil setelah melihat tingkat produksi pabrik dengan permintaan pasar. Hasilnya, penghentian sementara produksi mobil Honda di Indonesia harus dilakukan.

“ Kami telah menyesuaikan tingkat produksi kami dengan permintaan pasar. Karena situasi pasar yang berubah dengan cepat, kami terus menyesuaikan strategi kami untuk memenuhi permintaan pelanggan sambil tetap menjaga kondisi stok level yang sehat," kata dia.

1 dari 5 halaman

Produksi Masih Normal Saat Ini

Saat ini produksi mobil Honda masih normal. Pabrikan otomotif ini juga telah melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Misalnya, memeriksa suhu tubuh karyawan yang hendak bekerja. Perusahaan ini juga memberlakukan sistem kerja work from home secara bergantian.

“ Mengenai anjuran pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19, sebelum keputusan ini, kami juga telah melakukan banyak prosedur seperti pengecekan kesehatan, melakukan WFH secara bergilir untuk mengurangi jumlah karyawan di kantor, hingga pembatasan tamu dan perjalanan dinas,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

2 dari 5 halaman

Honda Jazz Crossover Facelift Meluncur Bulan Depan

Dream - Honda akan mulai memperkenalkan Jazz crossover facelift bulan depan. Mobil bergaya sporty ini pertama kali akan mengaspal di jalanan India.

Mengutip laman Autocar India, Jumat 6 Maret 2020, Honda akan memperkenalkan WR-V (Jazz Crossover) pada April 2020.

Mobil ini sudah menggendong mesin sesuai standar BS-6 untuk bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 1,2 liter dan berkekuatan 90 hp dan diesel 1,5 liter dengan 110 hp.

Honda WR-V facelift.© Autocar India

Honda WR-V tetap menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Tak ada kabar mobil ini akan menggunakan transmisi otomatis.

Jika melihat dari tampilannya, WR-V facelift memiliki bumper depan baru dan lampu kabut baru. Komponen-komponen ini membuat mobil berwajah sporty dan lebih gagah. Di samping, mobil tersebut masih identik dengan pra facelift.

Sementara itu, di kabin, tak ada perubahan. Hanya ada ubahan di pelapis jok dan beberapa fitur tambahan.

3 dari 5 halaman

Kembaran Honda Jazz Meluncur, Harga Mulai Rp193 Juta

Dream - Mobil Honda Jazz (atau Honda Fit) baru saja meluncur di Jepang. Mobil ini tersedia dalam versi bensin dan hybrid. 

Berapa harganya?

Dikutip dari Carscoops, Senin 17 Februari 2020, harga mobil All New Fit 2020 dijual seharga mulai 1,58 juta yen (Rp193,92 juta) untuk model Basic dengan mesin bensin berkapasitas 1,3 liter dan FWD.

Ada juga model hybrid eHEV basic dengan konfigurasi empat roda yang dijual mulai 1,98 juta yen (Rp248,71 juta). Honda Fit ini tersedia dalam lima varian, yaitu Basic, Home, Ness, Crosstar, dan Luxe.

 

© Dream



Untuk mobil eHEV, disematkan sistem dual motor Honda Intelligent Multi Mode Drive (i-MMD) yang menggantikan pengaturan Intelligent Dual Clutch Drive (i-DCD) yang merupakan versi perampingan dari Sport Hybrid i-MMD. Untuk konvensional, mobil ini menggunakan mesin bensin i-VTEC berkapasitas 1,5 liter.

Mobil ini menawarkan kabin yang lebih luas dan nyaman. Produsen otomotif asal Jepang ini mendesain ulang tempat duduk menjadi lebih nyaman daripada sebelumnya berkat soft padding.

4 dari 5 halaman

HR-V Mau `Disenggol` KIA Seltos, Ini Reaksi Honda

Dream - KIA lewat agen pemegang merek (APM) barunya, PT Kreta Indo Artha (KIA) menandai comebacknya ke persaingan pasar otomotif dengan meluncurkan mobil KIA Seltos. Mobil jenis SUV ini dibanderol dengan harga Rp295 juta-Rp355 juta.

Keberadaan Seltos bisa menjadi pesaing anyar bagi Honda HR-V. Harga jual mobil ini tak kalah beda dari Selios di kisaran Rp297 juta-Rp415 juta.

Menanggapi kehadiran Seltos, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, menyatakan akan terus memantau setiap pesaing bisnisnya.

 

© Dream



“ Kami tetap monitor, tantangan pasti ada. Kalau ada masalah impact, pasti ada impact,” kata dia di Bandung, Jawa Barat, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 23 Januari 2020.1.23

Yusak mengatakan pelanggan sudah cerdas. Mereka kini tak hanya melihat harga mobil yang murah, tetapi juga nilai-nilainya.

“ Tidak hanya melihat kebaruan model, harga murah, tapi dia lihat nilai-nilai, aftersales bagaimana. Kalau mau jual, tentu lihat resale value,” kata dia.

Meskipun demikian, keberadaan Kia Seltos tetap harus ditanggapi serius oleh Honda. “ Ya tetap tidak boleh dianggap remeh, harus kita monitor terus,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Amal Abdurrochim)

5 dari 5 halaman

Honda Jazz Terbaru Akan Debut Perdana di Tokyo Motor Show 2019

Dream – Honda Jazz akan menghadirkan seri terbaurnya di ajang Tokyo Motor Show 2019. Mobil andalan pabrikan asal Jepang itu akan tampil dengan mengusung teknologi hybrid.

Rencananya, mobil yang memiliki nama lain, Honda Fit itu akan “ menyapa” publik bulan depan.

“ Pameran otomotif ini akan memperkenalkan kepada dunia tentang All New Fit,” ujar Honda, dikutip dari Motor1.com, Jumat 27 September 2019.

Pabrikan Honda akan memperlihatkan Honda Fit hybrid dengan kabin yang lebih luas. Sementara untuk dapur pacu, mobil ini siap menggendong sistem powertrain hybrid.

 

© Dream

 

“ All New Fit akan hadir ke pasar sebagai kendaraan yang memastikan kenyamanan penghuni dan membuat kehidupan sehari-hari lebih menyenangkan,” kata produsen otomitif asal Jepang itu.

Sekadar tambahan Honda juga akan menampilkan All New Accord—di pasar Jepang, namanya Honda Tokyo. Peluncuran ini akan dilakukan berbarengan dengan Honda E, NSX, Freed, dan N-Box mini car.

Beri Komentar