Bangkitnya Mobil Legend Daihatsu: Taft, Rocky hingga Hijet

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 20 Januari 2020 13:16
Bangkitnya Mobil Legend Daihatsu: Taft, Rocky hingga Hijet
Modelnya jadi keren nih.

Dream - Daihatsu Motors Co. Ltd, ikut memeriahkan pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2020. Produsen otomotif ini memamerkan 9 unit mobilnya, termasuk yang berkonsep Taft (Tough and Almighty Fun Tool).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 20 Januari 2020, 9 unit mobil ini adalah 1 unit mobil Taft mini crossover yang merupakan world premiere concept car, 1 compact SUV Rocky Sport Style, 1 Copen GR Sport, 3 Tanto versi Custom Premium, Cross Field, dan versi karakter Spiderman.

 Mobil Legend Daihatsu



Ada juga Hijet Truck yang dimodifikasi dengan versi DJ untuk kalangan milenial dan 2 versi lain seperti Peaks dan Hatsune Miku Marche.

 Mobil Legend Daihatsu



Sekadar informasi, Daihatsu Taft merupakan mini crossover yang berdimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Mobil yang memberikan handling kuat dalam manuver di jalan kota dan jalan sempit ini mengadopsi atap kaca. Ini memberikan kesan kabin dan visibilitas penumpang luas.

 Mobil Legend Daihatsu



Pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2000 berlangsung di Makuhari Messe, di Chiba, Jepang. Pameran yang berlangsung pada 10-12 Januari 2020 ini memamerkan beragam mobil dengan spesifikasi mini dan kompak.

1 dari 5 halaman

20 Tahun Pakai Daihatsu, Petani di Sulut Gratis ke Jepang

Dream - Djody James Rawung terpilih sebagai pemenang Daihatsu Setia 2019. Petani kopra di Likupang, Sulawesi Utara, menyabet hadiah jalan-jalan ke Jepang.

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu yang diterima Dream, Rabu 15 Januari 2020, Djody menggunakan Daihatsu Espass untuk mengangkut dan mengantar kopra sejak tahun 2000. Minibus ini dipilih karena irit, bandel, dan pas untuk aktivitasnya. Pada 2010, mobil ini tak bisa menampung hasil panennya.

Saat pergi ke outlet Daihatsu di Manado, Sulawesi Utara, pria itu ingin menggantinya dengan Espass baru. Sayangnya, produsen mobil ini tak lagi membuat mobil minibus yang dimaksud. Akhirnya, dia memilih Gran Max sebagai mobil operasional barunya.

 © Dream


Seiring majunya bisnis kopra, pada 2012, dia kembali mengganti mobil Xenia dengan All New Xenia. Hingga kini, Djody telah menggunakan Daihatsu selama 20 tahun.

“ Tak hanya untuk berbisnis, tapi dalam kehidupan sehari-hari, Djody mengunakan Daihatsu dalam aktivitasnya selama puluhan tahun,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta.

Sekadar imformasi, program Daihatsu Setia sudah berjalan sejak 2014. Pada Daihatsu Setia 2019, ada lebih dari 105 ribu pendaftar dan memberikan hadiah berupa trip ke destinasi wisata favorit, mulai dari Jepang, Labuan Bajo, dan Sabang.

“ Melalui Daihatsu Setia, kami bisa melihat bagaimana Daihatsu menjadi bagian hidup Sahabat dan masyarakat Indonesia,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Kisah Cinta Agus & Risma Bersemi di Atas Daihatsu Hijet

Dream - Manusia acapkali menemukan jodoh dengan cara yang tak disangka-sangka. Salah satu pengalaman romantis itu dimiliki seorang pria pemilik mobil lawas Daihatsu Hijet. 

Pria itu bernama Agus Fuad Ridwan. Dengan Hijet lawasnya, Agus sering kali berkeliling kota.  Setiap membawa mobil Daihatsu ini, pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat, itu mengaku banyak perempuan yang ingin berkenalan dengannya.

Salah satu yang membuat hatinya berdesir adalah saat Agus berkenaln dengan Risma. Namun kala itu Agus belum berani mengenalnya lebih lanjut.

Singkat cerita, waktu berlalu dan Agus tak pernah melihat Risma lagi hingga sempat berganti kendaraan dari Hijet ke Zebra, sampai akhirnya kembali lagi memakai Hijet. Suatu hari, dia kembali bertemu dengan Risma.

 

 © Dream

 

Tak menyiakan kesempatan, Agus langsung menemui kedua orang tua Risma untuk melamar dengan membawa Daihatsu Hijet-nya.  Risma sangat senang dan menerima lamaran Agus. Dalam candanya, Risma mengatakan, Hijet bagus sebagai mobil keluarga dan mirip dengan sifat Agus, yaitu tidak rewel alias mudah perawatannya.

Kendaraan Daihatsu Hijet ini juga yang membuatnya menjadi pelanggan setia Daihatsu. Setelah menikah dan memiliki anak, Agus dan Risma memilih menjual Hijet dan membeli Daihatsu Taruna dengan kabin yang lebih lega dan nyaman untuk keluarganya.

Kemudian, Agus membeli Daihatsu Sigra dan menjual mobil lamanya. Namun, kecintaannya pada Daihatsu Hijet tetap ada di hati dan Hijet tetap terasa spesial buat Agus dan istri.

3 dari 5 halaman

Salah Satu Pemenang Daihatsu Setia 2019

Cerita romantis Agus dan Risma ini mengantarkan keduany menjadi salah seorang pemenang “ Daihatsu Setia 2019”. Dia terpilih dari 105 ribu peserta yang mengikuti program ini.

Sebagai tambahan informasi, 3 pemenang dari masing-masing area (Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera, Kalimantan dan IBT) akan diajak berwisata mulai dari Jepang, Labuan Bajo, dan Sabang untuk masing-masing pemenang.

Selain itu, pemenang juga dibuatkan video kisah uniknya untuk ditayangkan di Youtube channel Daihatsu Sahabatku atau media promosi Daihatsu lainnya.

Program apresiasi Daihatsu Setia 2019 ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Tahun ini Daihatsu menghadirkan program ini dengan konsep baru dan tidak lagi merekondisi mobil lama pemenang, namun memberikan hadiah paket wisata bagi para pemenang dengan keunikan cerita, serta kesetiaannya dalam menggunakan Daihatsu.

“ Banyak cerita inspiratif dari mereka yang memakai Daihatsu. Kami senang Daihatsu bisa membuat hidup para sahabat menjadi lebih indah dan memberikan kisah yang sangat berkesan dalam menemani perjalanan hidup Sahabat,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Kamis 19 Desember 2019.

4 dari 5 halaman

Daihatsu Belum Pastikan Rocky Dijual di Indonesia

Dream - Menjelang akhir 2019, penjualan Daihatsu naik. Selama Januari-November 2019, penjualan ritel Daihatsu sebesar 159.431 unit dan wholesales 166.429 unit.

Khusus November 2019, penjualan ritel mobil ini tercatat 16.214 unit dengan capaian market share sebesar 17,5 persen. Penjualan whole sales sebanyak 15.911 unit (17,5 persen).

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Oktober), penjualan Daihatsu secara total volume mengalami peningkatan pada retail sales, sebesar 4,1 persen menjadi 16.214 unit.

“ Penjualan Daihatsu tetap menunjukkan tren positif,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 13 Desember 2019.

 

 © Dream



Di sektor ritel, penjualan Daihatsu pada November, dari total 16.214 unit, Sigra masih mendominasi secara volume dengan pencapaian 4.144 unit atau berkontribusi sebesar 25,6 persen. Tak mau ketinggalan, Gran Max (PU) juga menyusul dengan hasil 3.762 unit (23,2 persen), dan Terios 2.524 unit (15,6 persen).

Untuk Ayla, Xenia, dan GranMax (MB) berada di angka 1.300– 2.100-an unit (8-13 pesrsen).

Dari data di atas, model Daihatsu yang mengalami peningkatan permintaan adalah Terios, sebanyak 449 unit, Gran Max (PU) 426 unit, dan Ayla 249 unit. “ Semoga capaian dan kepercayaan yang baik ini bisa dapat terus terjaga dan terus memotivasi kami menjadi lebih baik,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Daihatsu Rocky Bakal Masuk ke Indonesia?

Dream - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penjualan sebanyak 15.578 unit pada Oktober 2019. Angka itu naik 18,8 persen dari penjualan September 2019 sebanyak 13.112 unit.

Menariknya, tak ada Daihatsu Xenia dari posisi tiga besar penyumbang penjualan terbanyak. Padahal, MPV ini termasuk mobil yang banyak diminati.

“ Penjualan Daihatsu menunjukkan tren positif dengan kenaikan hampir di semua model Daihatsu,” kata Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, melalui keterangan tertulis yang diterima Dream.

 

 © Dream



Di posisi ritel, Daihatsu Sigra mendominasi penjualan dengan jumlah 4.436 unit. Posisi berikutnya diisi GranMax sebanyak 3.336 unit dan Terios 2.075 unit.

Daihatsu Ayla terjual 1.914 unit, GranMax 1.811 unit, dan Xenia 1.635 unit. Mobil keluarga Xenia berada di posisi ke-6.

Untuk Luxio, Sirion, dan Hi-Max, mobil ini laku sebanyak 371 unit.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak