Datsun Setop Produksi di Indonesia Tahun Ini!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 4 Februari 2020 14:36
Datsun Setop Produksi di Indonesia Tahun Ini!
Perusahaan otomotif ini menggunakan strategi bisnis ini.

Dream - Datsun dipastikan takkan lagi memproduksi mobil andalannya di Indonesia mulai tahun ini. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai produsen Datsun akan menggunakan fasilitas yang semula dipakai Datsun untuk menambah kapasitas produksi Nissan Livina atau Xpander.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 4 Februari 2020, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan kepastian penghentian produksi Datsun tersebut sudah diterbitkan dan terkonfirmasi ke semua pihak, baik pemerintah maupun agen pemegang merek (APM).

“ Fasilitasnya digunakan untuk Mitsubishi karena butuh tambahan fasilitas produksi mesin Livina (Xpander),” kata Putu kepada wartawan dalam acara diskusi pintar Isuzu di Jakarta.

Saat ditanya tentang kelanjutan bisnis Datsun atau penjualannya, Putu enggan menjelaskan lebih detail.

“ Kalau soal jualan saya kurang tahu, tapi yang tanggung jawab aftersales marketnya tetap berjalan. Berarti fokusnya hanya Nissan saja? Ya, seperti begitu,” kata dia.

Sebagai informasi, memang rencana produksi mesin untuk Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sudah berhembus kencang beberapa waktu lalu. Mesin yang digunakan oleh dua low MPV tersebut, memang masih diimpor langsung dari Jepang.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

1 dari 5 halaman

Datsun Siapkan Penantang Baru Agya dan Ayla, Lihat Penampakannya

Dream - Walaupun terseok-seok, Datsun telah mengujicoba mobil anyar berkapasitas lima penumpang. Diberi nama Redi-Go, mobil tersebut bakal siap bersaing dikelas yang dimainkan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. .

Dikutip Indianautosblog yang melansir Power Stroke, Senin 3 Februari 2020, model facelift ini akan dirilis di India pada Maret 2020. 

Penampakan mobil ini tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan. Untuk menyamarkan bentuknya, bodi mobil masih tertutup stiker kamuflase.

Dari tampilannya, perubahan kecil ada di sisi depan mulai dari grille sampai bumper. Struktur rangka juga diperbarui.

Datsun Redi-Go facelift© Indianautosblog

Bagian interior Redi-Go mendapatkan sentuhan yag lebih mewah. Panel instrumen dipercantik dan sistem informasi menggunakan layar sentuh.

Datsun akan menggunakan platform CMF-A Renault-Nissan. Mesinnya berkapasitas 800 cc dan 1000 cc. Mesin tersebut menghasilkan kekuatan 53 PS dan 67 PS. Transmisi yang digunakan adalah manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan.

2 dari 5 halaman

Tahun Depan, Nissan Setop Produksi Datsun di Indonesia

Dream - Pabrikan mobil berbasis di Jepang, Nissan, resmi menghentikan produksi Datsun dan Datsun Go+ di Indonesia pada pada Januari 2020. Dua mobil LCGC tidak akan lagi mewarnai pasar otomotif Indonesia.

" Datsun Go dan Datsun Go+ akan diberhentikan produksinya per Januari 2020,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto, dikutip dari Liputan6.com, Senin 25 November 2019

Haryanto mengatakan meskipun produksi Datsun disetop, Nissan akan tetap melanjutkan proses manufaktur di Indonesia. Tapi, Nissan akan menempuh strategi yang berbeda. 

 

© Dream

 

“ Perubahan strategi yang dilakukan oleh Nissan, yakni dengan melakukan lokalisasi komponen utama, mesin New Livina,” kata Harjanto.

Sekadar informasi, rencana produksi mesin Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander telah berembus kencang beberapa waktu lalu. Mesin yang digunakan oleh dua low multi purpose vehicle (LMPV) ini memang masih diimpor langsung dari Jepang.

3 dari 5 halaman

Komentar Nissan?

Terkait kabar ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) belum memberikan keterangan apapun. 

Sekadar informasi, Nissan akan mematikan merek Datsun di India pada 2022. Hal ini disebabkan oleh penjualan Datsun yang kurang memuaskan.

Di India, Nissan mengenalkan kembali merek Datsun pada 2013. Merek ini difokuskan untuk pasar negara berkembang seperti India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

4 dari 5 halaman

Nissan Ceraikan Datsun?

Dream - Kabar tak sedap tentang masa depan Datsun muncul dari India. Seorang sumber di pabrikan Nissan mengabarkan jika perusahaan akan menceraikan Datsun.

Dikutip dari Autocar India, Jumat 25 Oktober 2019, selama enam tahun, Nissan bekerja sama dengan Datsun untuk membuat mobil berharga murah. Kendaraan entry level itu menyasar pasar Rusia, Indonesia, dan India.

India menjadi pasar pertama peluncuran Nissan Datsun Go. Peluncuran ini juga diikuti oleh Go+ dan Redigo.

Sayangnya, bisnis mobil " murah" ini terganjal biaya. Terlebih penjualan Go di India dan pasar-pasar lainnya ikut jeblok. Kondisi ini diperparah dengan hatchback mungil yang tak lolos uji NCAP Global--capaian ini menjadi rapor merah bagi Datsun. Itu menjadi pertimbangan bagi Nissan untuk berpisah dengan Datsun.

 

© Dream

 

Berdasarkan seorang sumber yang tak mau disebutkan namanya menurut laman tersebut, Nissan bukannya tak mau lagi bersama Datsun, melainkan ingin melepas brand ini perlahan-lahan.

Dikatakan bahwa produksi Datsun akan berakhir pada 2022 atau awal 2023--seiring dengan munculnya platform CMF-A milik Nissan.

" Kami takkan meletakkan badge Nissan di Go atau Redigo. Itu takkan membantu," kata sumber.

5 dari 5 halaman

Kondisi Perusahaan

Selain penjualan Go yang hancur, kondisi perusahaan juga memperparah Nissan. Produsen otomotif ini mendapatkan ujian bertubi-tubi, seperti eks bos Nissan, Carlos Ghosn, yang tersandung kasus korupsi dan penjualan memburuk.

Ini memaksa Nissan merevisi kembali bisnisnya, termasuk memangkas karyawan dan produksinya mobil.

Nissan juga kalah bersaing dengan produsen lainnya, termasuk dengan aliansi bisnis, Renault. Di India, Renault Kwid " menghajar" Nissan Redigo. Penjualannya tiga kali lipat dari Nissan dan itu memalukan bagi brand mobil asal Jepang.

Beri Komentar