Negara Muslim Tajir, Orang `Kocek Tipis` Saja Bisa Beli Mobil Mewah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 6 Desember 2020 15:01
Negara Muslim Tajir, Orang `Kocek Tipis` Saja Bisa Beli Mobil Mewah
Mengapa harganya bisa murah?

Dream – Bagi sebagian orang, mobil menjadi salah satu kendaraan yang harus dimiliki. Tapi, ada juga yang menjadikan mobil sebagai impian untuk dimiliki.

Hal ini disebabkan oleh harga kendaraan yang satu ini cukup tinggi. Tapi, siapa sangka mobil mewah di Arab Saudi ternyata lebih terjangkau daripada di Indonesia.

Dikutip dari Merdeka.com, Sabtu 7 Desember 2020, perbandingannya bisa mencapai setengah harga. Tak heran, orang-orang berkocek tipis alias ekonomi kecil di Arab Saudi masih mampu untuk membeli mobil.

Bukan mobil sembarangan lho yan bisa mereka beli. Rata-rata kendaraan di Arab Saudi masuk ke dalam kategori mewah.

1 dari 2 halaman

Harga Jeep Rubicon Bisa Mencapai Rp800 Juta

Melalui akun Youtube-nya, Alman Mulyani, membeberkan rahasia mobil mewah di Saudi yang lebih murah ketimbang Indonesia. Dia bersama sang teman berkunjung ke salah satu showroom mobil di Arab Saudi. Rata-rata pemilik diler menawarkan mobil mewah, mulai dari Jeep Rubicon Wrangler hingga Dodge Charger GT.

“ Ini di belakang saya mobil Jeep Rubicon Wrangler. Luar biasa, di sini di Jeddah, Saudi Arabia kalau di kurs ke rupiah, ini mobil harganya Rp800 juta. Di Indonesia berapa miliar ini, pokoknya di Indonesia itu di atas Rp1 miliar ini," kata Alman Mulyana.

“ Ini harganya nih. Nah, ini harganya 218.588 riyal. Ini model (tahun) 2020. Lagi ada diskon 10 ribu riyal khusus yang model (tahun) 2020. Anak-anak muda sini yang senang ke padang pasir atau gurun pasir pasti beli ini,” kata dia.

Dia juga menemukan Dodge Charger GT. Mobil ini digunakan oleh polisi di Jeddah, Arab Saudi. Harga mobil ini senilai 144 ribu riyal. “ Kalau dikurs ke rupiah, (harganya) Rp600 juta. Di sini mobil harganya murah-murah,” kata Alman.

2 dari 2 halaman

Lalu, Kok Bisa Murah Banget?

Bukan tanpa alasan yang tak jelas. Rupanya perbedaan harga yang cukup besar ini berkaitan erat dengan pajak.

Di Arab Saudi, pajak yang dikenakan tidak semahal di Indonesia. Begitu pula dengan bahan bakar bensin yang digunakan. Untuk itu, mobil-mobil di sana memiliki harga yang jauh lebih murah meski dengan barang dan spesifikasi sama.

" Di sini tuh harga mobil murah karena nggak ada pajak," kata Alman menjelaskan sedikit.

“ Jadi, pajak kata bos dealer ini ya. Kata bos dealer juga di sini pajak itu nggak semahal Indonesia. Terus di sini bensin nggak semahal Indonesia,” jelas Alman menerjemahkan pernyataan dari bos dealer di Saudi Arabia.

Beri Komentar