Setara PS5, Elon Musk Bekali Fitur Video Games di Tesla Model S

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 2 Juni 2021 19:47
Setara PS5, Elon Musk Bekali Fitur Video Games di Tesla Model S
Mobil listrik ini disebut-sebut punya daya komputasi setara PS 5.

Dream – Tesla sebagai salah satu penggagas perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat terus berinovasi. Tak hanya mengeluarkan mobil-mobil anyar, Tesla juga membenamkan berbagai teknologi di produk andalannya. 

Terbaru Tesla akan menghadirkan daya komputasi hiburan setara PS5 di mobil rakitan mereka. Dengan fasilitas  baru ini, pengemudi bisa menghabiskan waktu dengan bermain video game di mobil.

Dikutip dari news18.com, Rabu 2 Juni 2021, AMD mengkonfirmasi telah memberikan daya rig gaming 10 pada sistem infotainment terintegrasi di model S dan model X Tesla. Chip ini terdiri dari prosesor AMD Ryzen yang dipasangkan dengan GPU AMD RDNA 2.

“ Ya, Model S dan X baru memilii kekuatan komputasi hiburan setara tingkat PS 5,” cuit Bos Tesla, Elon Musk, di akun Twitternya.

1 dari 3 halaman

Ngeri Diretas

Elon Musk sebelumnya juga pernah mengklaim bahwa pengguna kendaraannya dapat memainkan The Witcher 3 dan Cyberpunk 2077 pada rig gaming 10 teraflop yang dimasukkan ke dalam Tesla Model S dan X tersebut.

Inovasi baru Tesla ini ditanggapi hati-hati para pembeli. Banyak warganet mengaku khawatir dengan daya baterai Tesla jika ditambahkan fitur video game dalam kendaraannya.

“ Saya bisa membayangkan orang-orang meretas mobil-mobil ini dan menggunakan kekuatan pemrosesan mereka untuk menambang kripto. Pemilik Tesla baru mungkin akan bertanya-tanya mengapa baterai mereka lebih cepat habis sekarang,” kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Prosesor yang Dipakai

Menurut The Verge, chip Radeon 6600M hadir dengan 28CU dan 1792 unit shader, dimana jika dibandingkan dengan 36CU dan diperkirakan sekitar 2304 unit shader senilai dengan GPU RDNA 2 di Sony PlayStation 5, yang juga diklaim sebagai rig gaming 10-teraflop.

Selain itu performanya juga tergantung pada platform perangkat lunak, seperti yang telah kita lihat dengan PS5 10-teraflop dan Xbox Series X 12-teraflop — dan posting pekerjaan baru-baru ini dari Tesla yang menunjukan bahwa pengembang game mungkin sedang membangun untuk Linux jika mereka ingin menargetkan rig gaming dalam mobil Tesla yang baru.

3 dari 3 halaman

Tunda Pengiriman S Plaid

Baru-baru ini, Elon Musk juga telah mengumumkan bahwa pembuat EV menunda acara pengiriman Model S Plaid karena kendaraan listrik baru masuh membutuhkan satu minggu penyetelan lagi.

“ Pengiriman Model S Plaid didorong hingga 10 Juni. Perlu satu minggu lagi penyesuaian,” kata Elon Musk.

CEO dari Tesla tersebut mengatakan bahwa penundaan itu berkaitan untuk memastikan bahwa paket baterai baru di Model S yang diperbarui akan aman.


(Laporan: Yuni Puspita Dewi)

Beri Komentar