Trump Bakal Pajaki Mobil Impor 25 Persen

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 21 Januari 2019 12:40
Trump Bakal Pajaki Mobil Impor 25 Persen
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, tak lama lagi akan menerapkan tarif mobil impor dari Eropa.

Dream – Harga mobil impor di Amerika Serikat tak lama lagi akan merangkak naik. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, tak lama lagi akan menerapkan tarif mobil impor dari Eropa.

Langkah ini bertujuan untuk mendorong suatu kesepakatan perdagangan baru.

Dikutip dari Carscoops, Senin 21 Januari 2019, Ketua Komite Keuangan Senat Amerika Serikat, Charles Grassley, mengatakan Trump akan memberlakukan tarif 25 persen untuk mobil dan suku cadang impor.

“ Saya pikir Presiden cenderung melakukannya dan Eropa sangat peduli dengan tarif-tarif itu. Mungkin itu instrumen yang membuat Eropa bernegosiasi,” kata Grassley.

Kementerian Perdagangan Amerika Serikat telah memberikan rekomendasi kepada Trump pada Februari 2019. Laporan ini diberikan setelah dipanggil untuk menyelidiki impor mobil dengan alasan keamanan nasional.

Sambil menunggu hasil investigasi ini, Gedung Putih menahan diri untuk mengenakan tarif pada kendaraan Eropa dan Jepang karena melanjutkan pembicaraan kesepakatan perdagangan.

Uni Eropa saat ini mengenakan tarif 10 persen untuk kendaraan yang dibangun di luar negeri, sementara AS mengenakan pajak mobil penumpang dengan tarif 2,5 persen dan truk pickup dengan 25 persen.

Alliance of Automobile Manufactures percaya bahwa tarif akan menaikkan harga mobil impor rata-rata US$6 ribu (Rp85,12 juta).

Sejumlah besar produsen mobil telah memperingatkan Trump tentang apa yang bisa terjadi jika ia menindaklanjuti dengan ancaman tarif 25 persen.

Mereka mengklaim bahwa ini kenaikan harga akan mengakibatkan ratusan ribu kehilangan pekerjaan. Aliansi produsen ini juga menyebut impor mobil tidak mengancam keamanan nasional. (ism)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik