Wacana DP 0 Persen untuk Kendaraan Bermotor, Percuma?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 31 Agustus 2018 07:13
Wacana DP 0 Persen untuk Kendaraan Bermotor, Percuma?
Mengapa?

Dream Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melempar wacana tentang aturan uang muka (down payment/DP) 0 persen kendaraan bermotor. OJK optimistis bisa mendorong penjualan sepeda motor dan mobil di Tanah Air.

Dilansir dari Liputan6.com, Jumat 31 Agustus 2018, aturan tersebut belum jelas. Sebab, masih ada syarat lain yang harus diikuti, seperti lembaga pembiayaan yang memiliki pembiayaan macet di bawah 1 persen.

“ Seberapa sih bank punya NPL (non performing loan) di bawah 1 persen? Kami juga tidak tahu. Sementara itu, untuk DP turun ke 15 perseb itu boleh dibilang membantu, tapi tak menciptakan pasar yang besar,” kata Marketing and After Sales Service PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, di Alam Sutera, Tangerang.

Jonfis mengatakan, peraturan DP 0 persen untuk segmen medium ke atas tak mungkin berpengaruh. Tapi, untuk segmen menengah ke bawah, bisa saja memiliki dampak. Namun, tetap ada penyaringan calon konsumen yang ketat.

“ DP 0 persen itu berarti Anda membeli mobil, tidak usah membayar apa-apa. Setahu saya, leasing belum mengizinkan sampai saat ini. Bahkan, aturan semakin ketat harus screening. Ada gaji dan sebagainya,” kata dia.

 

1 dari 1 halaman

Berpotensi Pembiayaan Macet?

Dream - Jonfis mengatakan aturan ini justru meningkatkan potensi kredit macet di kemudian hari.

Dikatakan bahwa orang yang membeli mobil, baru mempertimbangkan pembayaran cicilan sebulan setelanya.

“ Orang bisa membeli kendaraan. Setelah sebulan, baru pikir-pikir bisa bayar atau tidak. Perusahaan pembiayaan tidak ada yang bisa begitu,” kata dia. 

(ism, Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan