Suzuki All New Ertiga Buatan Cikarang Jadi Favorit di Meksiko

Reporter :
Kamis, 24 September 2020 17:35
Suzuki All New Ertiga Buatan Cikarang Jadi Favorit di Meksiko
Hampir separuh penjualan suzuki pada bulan Agustus 2020 ke Meksiko didominasi All New Ertiga.

Dream - Sejak pertama kali diluncurkan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) 2018 silam, All New Ertiga masih menjadi produk unggulan suzuki untuk LMPV.cTidak hanya di Indonesia, mobil ini juga diminati banyak negara yang menjadi tujuan ekspor, salah satunya Meksiko.

Secara keseluruhan ekspor mobil Suzuki ke Meksiko di Agustus 2020 lalu mencapai 1.071 unit dalam bentuk completely build up (CBU). Capaian ini menjadi yang tertinggi untuk pasar ekspor Suzuki. 

Dari berbagai model yang diekspor, All New Ertiga memberikan kontribusi terbesar dengan perolehan lebih dari separuh volume ekspor atau sebanyak 591 unit (55 persen).

“ Meski pasar otomotif di beberapa negara termasuk Indonesia masih berjuang di tahun ini akibat pandemi, namun ekspor Suzuki sudah mulai pulih dan mencatatkan angka positif," kata Aris Yuliyantoro, Assistant Dept. Head Production Planning Control PT SIM, Rabu, 23 September 2020.

Selain All New Ertiga, pasar ekspor mobil Suzuki juga banyak diminta untuk model XL7 di segmen SUV. Sementara All New Ertiga menjadi favorit pembeli di luar negeri dengan angka ekspor tertinggi.

" Bahkan selama Januari – Agustus 2020, All New Ertiga menjadi model dengan kontribusi ekspor tertinggi yaitu 49%,” tambahnya menjelaskan.

1 dari 5 halaman

Terjual ratusan unit dalam sebulan

Ilustrasi© Shutterstock

Selama Agustus 2020, PT SIM mengapalkan 5.132 unit mobil, baik untuk CBU maupun Completely Knock Down (CKD). Dari total ekspor tersebut All New Ertiga menyumbang kontribusi kedua setelah XL7 dengan jumlah ekspor debanuak 1.007 unit CBU dan 780 unit CKD.

Penjualan All New Ertiga di Mexico juga memperlihatkan hasil positif. Meksiko menjadi pengimpor terbanyak mobil ini selama Agustus 2020 dengan total 591 unit dan berhasil terjual 452 unit.

Angka ini berhasil membawa All New Ertiga meraih 22% persen pangsa pasar penjualan ritel MPV di Meksiko pada Agustus 2020.

 

2 dari 5 halaman

Diterima baik dunia internasional

Ilustrasi© Shutterstock

Sebagai kendaraan LMPV yang ditunjukan untuk keluarga, All New Ertiga memiliki beberapa keunggulan seperti, kabin luas dan nyaman, performa mesin irit dengan teknologi HearTech, serta proteksi maksimal hingga berhasil meraih rating lima bintang dalam kategori Child Occupation Protection melalui uji tabrak New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries 2019 (ASEAN NCAP).

“ Positifnya angka ekspor Suzuki All New Ertiga dan model Suzuki lainnya membuktikan bahwa produk-produk buatan Indonesia diterima dengan baik dunia internasional," ungkap Aris.

" Hal ini memotivasi kami untuk selalu berinovasi menghadirkan produk dengan kualitas berstandar internasional serta terus meningkatkan volume dan pasar ekspor sebagai upaya membantu pemerintah untuk memulihkan kembali ekonomi dan pasar otomotif Indonesia,” tutupnya.

3 dari 5 halaman

71 Karyawan Positif Covid, Presdir Suzuki Angkat Bicara

Dream - Suzuki Indonesia turut berupaya menekan angka penyebaran Covid-19 di kawasan industri. Upaya itu diwujudkan salah satunya dengan mengurangi kapasitas produksi di pabrik Tambun I, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik Tambun I merupakan fasilitas produksi Suzuki untuk perakitan sepeda motor. Di pabrik itu, kapasitas produksi menjadi 50 persen dibandingkan kondisi normal diberlakukan mulai 24 Agustus 2020, menyusul adanya 71 karyawan yang ditetapkan positif Covid-19.

" Seperti disampaikan Pemerintah Jawa Barat kemarin, saat ini di pabrik Tambun I ada 71 orang karyawan yang terpapar Covid-19. Kami sangat concern mengenai kesehatan karyawan," ujar President Director PT Suzuki Indomobil Motors/Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama.

Itayama mengatakan telah menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid19 dengan ketat. Meski begitu, penularan tidak bisa dihindari.

" Untuk itu, pengurangan kapasitas produksi harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut," ucap dia.

71 karyawan tersebut saat ini menjalani isolasi mandiri. Sebagian dari mereka mendapatkan perawatan di rumah sakit.

4 dari 5 halaman

Upaya Pencegahan

Itayama menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dan menyampaikan perkembangan situasi terkini dan penanganannya kepada tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi.

Juga melakukan berbagai upaya pencegahan dan tindakan yang direkomendasikan tim Gugus Tugas Covid-19, Di antaranya adalah melakukan PCR (Polymerase Chain Reaction) test pada karyawan yang memiliki riwayat interaksi dengan karyawan yang terpapar dan rapid test kepada seluruh karyawan Suzuki lainnya.

Rapid Test Suzuki© Istimewa

Suzuki juga membersihkan area pabrik dan kantor dan disemprot cairan disinfektan secara berkala. Kendaraan-kendaraan yang selesai dirakit dibersihkan dan didisinfeksi sebelum dikirim ke pelanggan.

Selain itu, pemantauan kegiatan karyawan juga diperketat. Bukan hanya penerapan jaga jarak di tempat kerja, setiap karyawan juga diwajibkan memberikan laporan harian mengenai kondisi kesehatan dan kegiatan yang dilakukan saat libur kerja.

5 dari 5 halaman

Gelar Rapid Test Rutin

" Kami melakukan penanganan yang cepat baik untuk karyawan terpapar maupun karyawan lainnya. Rekomendasi dari tim Gugus Tugas Covid-19 sudah kami lakukan, termasuk rapid test kepada semua karyawan tanpa terkecuali," kata Itayama.

Lebih lanjut, Itayama mengatakan berdasarkan informasi dari Gugus Tugas Covid-19, penularan yang terjadi di Suzuki kemungkinan besar berasal dari transmisi dari luar.

Pihaknya berencana menggelar tes cepat (rapid test) rutin setiap 2 pekan sekali untuk mendeteksi gejala lebih dini.

" Karena buat Suzuki kesehatan karyawan adalah prioritas. Kami harap semoga 71 karyawan kami yang positif Covid-19 cepat sembuh dan tidak ada lagi yang terpapar agar Suzuki bisa kembali memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen,” ucap Itayama.

Beri Komentar