Efek Ngenes Jika Filter Oli Mesin Motor Dipasang Kurang Kencang, Buruan Cek!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 21 Juni 2021 07:35
Efek Ngenes Jika Filter Oli Mesin Motor Dipasang Kurang Kencang, Buruan Cek!
Harus dipasang benar-benar kencang ya.

Dream – Perawatan kendaraan yang selama ini sering diperhatikan biasanya seputar komponen-komponen besar yang tampak di depan mata. Padahal banyak jenis perawatan lain yang harus mendapat perhatian agar sepeda motor bisa berjalan mulud.

Sahabat Dream pasti pernah mendengar tentang filter oli sepeda motor. Komponen ini harus diganti dengan komponen yang baru setiap dua kali penggantian. Pemasangannya pun harus benar-benar tepat.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 21 Juni 2021, kamu harus memastikan posisi filter ini sejajar dengan ulir di mesin. Kamu bisa memasangnya secara manual dengan tangan.

Selanjutnya, kamu baru bisa memakai kunci khusus agar filter bisa terpasang dengan kencang di mesin.

Mengapa filter oli mesin harus dipasang kencang? Apa akibatnya jika dipasang kendor?

1 dari 2 halaman

Mau Tahu Jawabannya?

Idealnya, memasang filter oli mesin motor harus menggunakan bantuan kunci khusus. Tapi, ada saja yang memasangnya dengan tangan kosong.

Padahal, tanpa kunci khusus, filter bisa saja kendur dan semakin tidak kencang seiring dengan pemakaian motor.

Ada dua efek buruk selanjutnya kalau filter oli mesin motor tidak dipasang kencang.

Pertama, ketika filter tidak terpasang dengan sempurna, oli mesin pun bisa rembes. Bahkan, kamu mungkin tidak menyadarinya.

Alhasil oli mesin tinggal sedikit. Oli mesin jadi merembes lewat celah filter karena filter tidak terpasang dengan kencang.

2 dari 2 halaman

Mesin Jebol

Kedua, mesin jadi jebol. Efek buruk selanjutnya adalah komponen mesin kekurangan pelumas, karena rembesnya oli mesin tadi. Akibatnya, selain kekurangan oli, mesin pun akhirnya bisa jebol.

Oh, ya, filter oli ini memang termasuk komponen yang tak boleh luput dari perhatian dan perawatan. Fungsinya menyaring kotoran yang berpotensi masuk ke oli mesin.

Kalau filter oli sudah “ uzur”, lebih baik menggantinya yang baru agar performa motor tidak terganggu.

Beri Komentar