Kapok Pernah Tersungkur, Pria Insinyur Ciptakan Sepeda Anti-Jatuh

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 24 Juni 2021 15:45
Kapok Pernah Tersungkur, Pria Insinyur Ciptakan Sepeda Anti-Jatuh
Sepedanya nggak bisa oleng, loh.

Dream – Seperti yang kita tahu tak semua orang yang lahir dengan langsung memiliki kemampuan bersepeda. Mereka biasanya baru menggowes sepeda setelah berlatih meski haris beberapa kali jatuh bangun. Namun, pria Tiongkok ini tidak berpikir demikian.

Dikutip dari Oddity Central, Kamis 24 Juni 2021, insinyur asal Tiongkok ini justru mendedikasikan waktu luangnya untuk merancang dan membangun sebuah sepeda. Menariknya, sepeda ini bisa menyeimbangkan sendiri serta bisa mendeteksi dan menghindari tantangan.

Namanya, Zhi Hui Jin. Insinyur ini memiliki pengalaman tidak menyenangkan saat bersepeda. Dia pernah jatuh dari sepeda dan mengalami luka-luka ringan di wajah.

Biar tidak terulang, dia merancang sepeda buatannya sendiri. Waktu pembuatan sepeda ini selama empat bulan.

 

1 dari 1 halaman

Sepedanya Anti Jatuh

Zhi Hui Jin merancang dan membangun sebuah sepeda yang bisa menyeimbangkan sendiri, dengan teknologi yang canggih. Sistem yang digunakan adalah akselerometer dan kemampuan giroskopis untuk memonitor pergerakan sepeda dan mengoreksinya. Jadi, tidak oleng ke satu sisi.

Selain itu, sepeda ini juga menggunakan fitur RGB depth sensing camera dan LIDAR sensor untuk menghindari tantangan di trayeknya. Sepeda ini pun juga bisa bergerak secara independen.

Sekadar informasi, Zhi Hui Jin merupakan lulusan Fakultas Teknologi dan Sains Elektronik China University pada 2018. Kini, dia sebagai bagian di Huawei Genius Program dan bekerja di bagian pengembangan program kecerdasan buatan di pengembang smartphone OPPO.

Di akun YouTube, Zhi Hui Jin juga berbagi informasi tentang proyek-proyek ilmiah, seperti powerbank dengan beragam lampu display dan robot kecil.

Beri Komentar