Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bus Mobile Lab BSL-2, `Alat Tempur` Baru Hadapi Covid-19

Bus Mobile Lab BSL-2, `Alat Tempur` Baru Hadapi Covid-19 BPPT Dan Satgas Covid-19 Mengeluarkan Bus Lab Untuk Melacak Kasus Covid-19 (Foto: Instagram BPPT)

Dream - Berbagai inovasi dilakukan banyak pihak untuk mempercepat proses penelusuran wabah Covid-19. Salah satunya dilahirkan Badan Nasional Pengendalian Bencana (BNPB) yang meluncurkan bus laboratorium berjalan. 

Diberi nama Mobile Laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) kendaraan bertipe bus ini akan menjadi pendukung dalam upaya menerapkan strategi tracing, testing, dan treatment (3T).

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan Mobile Lab BSL-2 versi bus diharapkan dapat mengurangi permasalahan yang ada di daerah. BNPB menargetkan bus tersebut dapat mengatasi permasalahan pemenuhan kapasitas uji sampel sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Selain itu, [bus tersebut diharapkan] dapat mempercepat upaya pemeriksaan spesimen sehingga penanganan Covid-19 dapat lebih baik,” katanya dalam keterangan resmi Satgas Covid-19.

 

 

Bantu Proses 3T

Mobile Lab BSL-2 telah diluncurkan pada Rabu, 16 Desember 2020. Fasilitas itu merupakan hasil inovasi dari para peneliti dan perekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Bus Mobile Lab BSL-2 telah diverifikasi Asosiasi Biorisiko Indonesia sehingga dipastikan sudah mengikuti standar Kemenkes dan WHO untuk melakukan pengujian polymerase chain reaction (PCR) Covid-19.

Alat perang baru menghadapi Covid-19 ini akan membantu proses 3T para tenaga kesehatan di beberapa daerah. Alhasil, kapasitas uji sampel spesimen Covid-19.

Sebelumnya, Mobile Lab BSL-2 hanya tersedia dalam versi kontainer maupun trailer. Kali ini, BNPB memberikan konsep mobile, aman, dan akurat terkait penggunaan bus Mobile Lab BSL-2.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Kepala BNPB Doni Monardo Susul Ridwan Kamil Daftar Relawan Uji Klinis Vaksin

Dream - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, tercatat sebagai relawan uji klinis vaksin buatan Sinovac Biotech. Proses pendaftaran dilakukan oleh tim Satgas atas permintaan Doni.

Sebelumnya pejabat negara yang memastikan mendaftar sebagai relawan uji vaksin Covid-19 adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.  

" Ini adalah bentuk komitmen pemerintah, mendukung, bahwa kita berupaya keras memberikan perlindungan, mendukung perlindungan maksimal kepada seluruh rakyat Indonesia melalui program vaksinasi," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dikutip dari Setkab.go.id.

Wiku mengatakan Presiden Joko Widodo telah meninjau langsung fasilitas produksi vaksin milik PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 11 Agustus 2020.

" Pemerintah sangat optimis mendukung pengembangan produksi vaksin," kata dia. 

 

 

Kehadiran vaksin Covid-19, kata Wiku, saat ini sedang dinantikan oleh masyarakat dunia. Pemerintah juga telah berupaya melakukan terobosan dalam penelitian vaksin.

Saat ini, seluruh calon vaksin yang ada di dunia sudah memasuki fase uji klinis tahap 3.

" Kita semua berharap dengan penemuan vaksin dapat melindungi seluruh masyarakat," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bus Besar Bakal Dilarang Pakai Klakson Telolet, Jika Mangkir Didenda Rp500 Ribu

Bus Besar Bakal Dilarang Pakai Klakson Telolet, Jika Mangkir Didenda Rp500 Ribu

Semua operator bus agar tidak menuruti keinginan masyarakat untuk memasang dan membunyikan klakson telolet

Baca Selengkapnya
Viral Curhat Pilu Wanita Pengendara Pajero Ditabrak Bus PO Haryanto di Tol Batang, Ga Bisa Jalan karena Patah Tulang Pinggul dan Kaki

Viral Curhat Pilu Wanita Pengendara Pajero Ditabrak Bus PO Haryanto di Tol Batang, Ga Bisa Jalan karena Patah Tulang Pinggul dan Kaki

Viral Curhat Pilu Pengendara Pajero Ditabrak Bus PO Hryanto, begini penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Demo Buruh Blokade Tol Cipularang hingga Malam, Kasihan Penumpang Bus Berisi Anak Kecil Terjebak Macet

Demo Buruh Blokade Tol Cipularang hingga Malam, Kasihan Penumpang Bus Berisi Anak Kecil Terjebak Macet

Diantara mereka yang terjebak, ada anak kecil yang mulai rewel, mereka yang tengah sakit.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Open Minded

NOTED KAK! Open Minded

Sahabat Dream, ada gak sih temen kalian yang se-open minded ini? Kamu seterbuka Dreamitie ini nggak sih?

Baca Selengkapnya