Turun Tajam, 111 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta pada H+2 Lebaran

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 27 Mei 2020 19:48
Turun Tajam, 111 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta pada H+2 Lebaran
Ratusan ribu kendaraan datang dari timur, barat, dan selatan.

Dream – PT Jasa Marga Tbk (Persero) melaporkan 111.022 kendaraan bergerak masuk Jakarta pada hari kedua Lebaran 1441 Hijriah. Ratusan ribu kendaraan ini masuk dari arah timur, barat, dan selatan.

Meski cukup tinggi. volume lalu lintas yang menuju ke Jakarta sebetulnya turun 66 persen dibandingkan hari kedua Lebaran setahun yang lalu.

" Untuk distibusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 30,6 persen dari arah timur, 33,4 persen dari barat, dan 36 persen selatan,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 27 Mei 2020.

1 dari 3 halaman

Ini Rinciannya

Arah Timur

Lalu lintas menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi. Berikut ini rinciannya:

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 18.058 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 65% dari Lebaran tahun 2019.
- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 15.884 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 86% dari Lebaran tahun 2019.
Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 79% dibandingkan dengan lalin Lebaran tahun 2019.

Arah Barat

Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Cikupa tercatat sebanyak 37.134 kendaraan, turun sebesar 53 persen dari Lebaran tahun 2019.

Arah Selatan

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi 2 tercatat sebesar 39.946 kendaraan, turun sebesar 53 persen dari Lebaran tahun 2019.

“ Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020. Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah,” kata Dwimawan.

2 dari 3 halaman

Polisi Perketat Ruas Jalan Tol Jakarta: 74.000 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Dream - Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, mengatakan, sudah 74.000 kendaraan diminta putar balik ke rumah masing-masing selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2020. Sebagian kendaraan tersebut akan keluar Jakarta menuju Jawa Timur dan Sumatera.

" Saya sampaikan sampai hari ke-30, kendaraan yang diputarbalikkan dalam Operasi Ketupat 2020 baik menuju Jakarta ke Jawa Timur, Sumatera, lebih kurang 74.000 sudah kita putarbalikkan," kata Irjen Istiono, Minggu 24 Mei 2020.

 

© Dream

 

Menurutnya, tak semua kendaraan yang diminta putar balik karena mudik Lebaran itu milik pribadi. Ada juga kendaraan travel.

Dia menyebut 605 kendaraan travel ditahan polisi karena nekat membawa penumpang untuk mudik Lebaran.

" Kemudian kendaraan travel gelap dan kendaraan yang disewakan sudah kita tahan ada 605 (kendaraan) yang kita kandangkan," ujar Istiono.

3 dari 3 halaman

Antisipasi Arus Balik Melalui SIKM

Istiono menuturkan, Polri telah melakukan penyekatan kendaraan yang akan masuk ke Jakarta selama arus balik mudik. Jalur-jalur yang disekat seperti di jalur Pantura maupun jalur selatan.

" Penyekatan di ruas tol, jalur Pantura tengah dan selatan kita siapkan penyekatan termasuk Jabar di daerah tol Pantura dan selatan. Untuk akses masuk Jakarta harus ada izin," ungkap Istiono.

Dia menjelaskan, kendaraan atau masyarakat yang boleh masuk kembali ke Jakarta apabila mereka mempunyai Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Apabila tidak, maka petugas akan memutar balik kendaraan tersebut.

" Surat Izin Keluar Masuk bila masyarakat yang punya izin kluar masuk kalau ada boleh masuk, kalau tidak putar balik tidak bisa ke Jakarta sebelum dia punya izin sesuai dengan pergub 47 dan SE," kata Istiono.

" Skenario ini sudah kita tata dan persiapkan. Harapan kita masyarakat paham untuk balik bisa dengan izin yang telah ditetapkan ya," tutupnya.

Sumber: Liputan6.com/Nur Habibie

Beri Komentar