Penantang Baru Alphard, Ini Spesifikasi MPV Futuristik Hyundai Staria & Harganya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 23 Agustus 2021 14:45
Penantang Baru Alphard, Ini Spesifikasi MPV Futuristik Hyundai Staria & Harganya
Berbekal sederet fitur canggih, mobil ini siap `berlaga` di MPV premium untuk menantang pemain lama, Toyota Alphard dan Honda Odyssey.

Dream – Pasar MPV premium di Indonesia kedatangan pemain baru. PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) memboyong Staria, mobil MPV baru yang siap menantang pesaing-pesaing yang sudah lama mengaspal di jalanan Tanah Air.

Staria akan mencoba menantang para rival di kelas MPV Premium seperti Toyota Alphard dan Honda Odyssey..

“ MPV ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan inovasi dan fitur keamanan pintar,” kata Managing Director HMID, Makmur, dalam peluncuran Hyundai Staria secara virtual baru-baru ini.

Yang menarik, kendaraan itu berdesain futuristik dan terinspirasi dari pesawat luar angkasa. Hyundai Motor optimistis desain itu bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.

“ Dari gambaran desain, saya sangat yakin Indonesia sebenarnya salah satu konsumen yang sangat open minded, terbuka untuk segala inovasi, bahkan siap untuk menrima rancang desain, terobosan yang penuh inovasi,” kata General Marketing Department HMID, Astrid A. Wijaya.

Biar makain penasaran soal harganya, yuk kupas dulu sepsifikasi MPV Premium dari Negeri Ginseng ini. 

1 dari 5 halaman

Eksterior yang Mewah nan Futuristik

Kesan futuristik terlihat dari siluet desain eksterior Hyundai Staria ini. Eksterior yang dibuat menghasilkan kesan bersih, ramping, dan mirip dengan pesawat luar angkasa.

Bagian grille Staria dilengkapi dengan LED daytime running lights (DRL) horizontal yang memanjang di sepanjang sisi depan kendaraan.Tampilan canggih juga direpresentasikan oleh lampu depan LED projector yang ditempatkan di setiap sisi grille.

Untuk menopang body yang cukup besar, mobil ini dibekali roda berukuran 18 inci dan bernuansa dark chrome dan tinted brass chrome di grill depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan gagang pintu.

Kendaraan ini disebut yang terbesar di kelasnya dengan lebar 1.997 mm, jarak tapak roda depan 1.721 mm, panjan 5.253 mm, jarak antar sumbu roda 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang 1.732 mm.

2 dari 5 halaman

Interior Bak Pesawat Luar Angkasa

Jendela mobil yang lebar dan posisi sabuk yang rendah menampilkan kesan pesawat luar angkasa. Di bagian belakang, ada jendela lebar yang dikeliling oleh lampu belakang vertikal yang memanjang.

Untuk sarana hibura, Staria melengkapi kursi pengemud dengan berbagai fitur sentuhan jari tangan seperti TFT LCD instrument cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, serta tombol transisi shift by wire.

Kendaraan ini juga menawarkan ambient mood light yang bisa menerangi secara selektif kokpit, konsol, pintu, dan area penyimpanan bagasi.

Staria juga punya dual sunroof dengan fitur tilting dan slide yang bisa diatur. Ditambah lagi ventilasi yang disesuaikan dengan jumlah kursi, yaitu 7-seater yang punya 4 ventilasi dan 9-seater 6 ventilasi. 

Interior Hyundai Staria.© HMID

Ada juga fitur BOSE Premium Sound System yang menghasilkan suara jernih, dilengkapi dengan Dynamic Speed Compensation, yang secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil. Kendaraan tersebut juga memiliki wireless smartphone charging dan port USB charge untuk semua baris kursi.

Fitur canggih lainnya seperti mode relaxation seats di baris kedua sehingga kursi bisa direbahkan otomatis dan digeser. Mode ini bertujuan untuk mempermudah akses atau memaksimalkan ruang penyimpanan. Kapasitas bagasi mobil ini sebanyak hingga 117 liter, tapi bisa diperluas jadi 431 liter.

3 dari 5 halaman

Intip Mesin dan Spesifikasi Keamanan

Hyundai membekali Staria dengan mesin diesel R2.2 VGT bertransmisi otomatis 8 percepatan. Tipe powertrain yang disematkan ini memungkinkan STARIA memperoleh performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Mobil itu juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) untuk memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan, Serta Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW). Fitur ini membantu mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang agar bisa menghindari tabrakan dengan memberikan peringatan dan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan.

Fitur keamanan lainnya adalah Blind-Spot View Monitor (BVM) yang berfungsi menampilkan area blind spot di belakang kendaraan, dan Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW) yang dapat membantu menghindari tabrakan atau kecelakaan jika penumpang di baris kedua turun dari mobil jika kendaraan datang dari belakang.

Terakhir adalah fitur Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW) yang membantu mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang kanan atau kiri.

4 dari 5 halaman

Fitur Canggih Lainnya

Yang terdengar cukup canggih dari kendaraan ini adalah Lane Following Assist (LFA). Fitur ini dibuat untuk membantu membantu mengendalikan kemudi mobil secara otomatis agar tetap berada di tengah jalur.

Ada juga Lane Keeping Assist (LKA) yang memudahkan pengendara mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu.

Interior Hyundai Staria (2)© HMID

Pengendara juga dimanjakan dengan pemandangan di luar kendaraan yang lebih lapang lewat fasilitas Surround View Monitor (SVM). Fitur ini memberikan pandangan 360 derajat ke seluruh kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan, terutama di area yang relatif sempit.

Seperti pada MPV Premium pada umumnya, Staria juga sudah menyediakan fitur buka tutup bagasi secara otomatis melalui Smart Power Tailgate. Dan tentunya Smart Power Sliding Door yang membuat sopir tak perlu berusaha payah membuka pintu geser baris kedua saat sang majikan hendak masuk kendaraan. Pintu ini akan terbuka begitu penumpang mendekat.

5 dari 5 halaman

Harga Hyundai Staria

MPV Premium Hyundai Staria ini diboyong ke pasar Indonesia dengan dua tipe yaitu Signature 7 seater dan Signature 9-seater.

Kendaraan itu tersedia dalam berbagai warna eksterior, seprti creamy white, abyss black pearl, dan shimmering silver metallic. Untuk interior, HMID memberikan dua pilihan warna, yaitu black one tone embroidered leather dan brown two tone embroidered leather.

Dengan beragam kemewahan yang ditawarkan kepada pembelinya, Hyundai Motor Indonesia membandel harga Hyundai Staria 7-seater di angka Rp1,02 miliar untuk OTR Jakarta. Harga lebih murah disediakan untuk Staria 9-seater yang dibanderol Rp888 juta (OTR) Jakarta.

Kamu yang berdompet tebal, siap mencicipi kemewahan MPV Premium baru?

 

Beri Komentar