Harianto, Mekanik Mitsubishi Paling Jago di Dunia

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 23 Juli 2019 16:33
Harianto, Mekanik Mitsubishi Paling Jago di Dunia
Lulusan SMKN 1 Kediri itu mengalahkan 22 pesaing dengan melewati tiga tantangan berat.

Dream – Prestasi Mitsubishi Motors di Indonesia bukan cuma meraih penjualan tertinggi secara global, tapi juga memiliki sumberdaya manusia (SDM) yang terampil. Ini dibuktikan pada ajang Mitsubishi Motors Global Service Skills Contest 2019 di Tokyo, Jepang.

Perwakilan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) Harianto, mendapatkan gelar “ Best Mechanic” dalam lomba kelas dunia pada 13-14 Februari lalu.

Harianto merupakan perwakilan teknisi mekanik MMKSI. Ia selama ini bekerja di salah satu diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors, PT Srikandi Diamond Indah Motors Mojokerto (Jawa Timur) dan sudah menjadi mekanik Mitsubishi Motors selama 13 tahun.

" Lawan terkuat saya waktu itu adalah Taiwan (juara pada periode sebelumnya). Tapi akhirnya saya bisa mengalahkannya," komentar Harianto saat berbincangan dengan Dream.co.id usai peresmian diler Srikandi Diamond Indah Motors Mojokerto (Jawa Timur), Senin kemarin, 23 Juli 2019.

 Penghargaan montir Mitsubishi.

Pengalaman dan ketrampilan yang dimiliki pria lulusan SMK 1 Kediri itu mengantarkannya membawa gelar tersebut dan hadiah senilai 100 ribu yen (Rp12,94 juta). Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati mekanik dari Thailand dan Belanda.

“ Dengan kemenangan saya di Jepang membuat saya ditarik untuk melatih di trainning center ini. Sebelumnya saya hanya mekanik biasa di Mitsubishi Mojokerto,” tutur pria kelahiran 22 Februari 1984.

1 dari 5 halaman

Dua Sesi Kompetisi

Global Service Skills Contest untuk service technician terbagi menjadi dua sesi kompetisi yaitu kecakapan tenis (practical performance) dan kecakapan menulis (writing examination).

Pada sesi practical performance peserta harus menyelesaikan tiga tantangan dalam waktu kurang dari 30 menit. Tantangan pertama ialah mesin yang tak menyala.

 Harianto, Mekanik Mitsubishi Paling Jago di Dunia

Sebagai kondisi awal, peserta diinformasikan bahwa baterai, kompresi, Controller Area Network (CAN)-Bus line, dan ignition system dalam keadaan baik. Hal ini akan membantu peserta untuk menemukan akar permasalahan pada mesin.

Tantangan kedua adalah melakukan coding method. Setiap penggantian engine control unit (ECU), perlu dilakukan prosedur tertentu untuk membuat ECU sesuai dengan mesin.

2 dari 5 halaman

Tantangan Terberat

Salah satu prosedurnya dinamakan “ Coding” yang merupakan metode yang sangat sulit.

" Prosedur ini menjadi salah satu tantangan terberat. Kami harus memperlihatkan prosedur yang tepat," kata dia.

Tantangan ketiga ialah customization method. Kebanyakan pelanggan tidak tahu bahwa kendaraan mereka dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan mereka.

Tantangan ini merupakan salah satu cara untuk menyampaikan, mekanik dapat menawarkan pilihan kustomisasi yang dapat dipilih oleh konsumen dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.

3 dari 5 halaman

Ungguli 22 Peserta Lainnya

Setelah melalui tiga tantangan tersebut, Harianto berhasil mengungguli 22 peserta lainnya dari 22 negara distributor Mitsubishi Motors di dunia.

" Kami bangga punya Harianto. Presetasi ini membuktikan tenaga mekanik Mitsubishi Motors di Indonesia memiliki kemampuan dan pengetahuan yang unggul," kata President Director MMKSI, Naoya Nakamura.

Global Service Skills Contest kategori service technician berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh 23 distributor Mitsubishi Motors dari 23 negara di dunia. Sebelumnya, kompetisi terakhir dilaksanakan pada tahun 2016 dan diikuti oleh 26 kontestan dari 26 negara.

4 dari 5 halaman

Popularitas Mitsubishi Xpander Bidik Kota Kecil

Dream – Xpander membawa keberuntungan besar buat penjualan Mitsubishi di Indonesia. Tahun ini, " Si Tiga Berlian" masih mengandalkan Xpander sebagai kontributor volume penjualannya.

Untuk terus mengoptimalkan itu, Mitsubishi memperbanyak jaringan diler di seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya kota besar, kota kecil seperti Mojokerto juga jadi sasaran.

 Mitsubishi Xpander

Tujuannya adalah menjual sebanyak-banyaknya model yang tengah laris, Mitsubishi Xpander.

" Kami ingin semua orang bisa merasakan langsung produk kami. Sehingga konsumen tahu kita punya produk kompetitif yang unggul di bandingkan brand lain, salah satunya Xpander," ujar President Director MMKSI, Naoya Nakamura, di diler Mitsubishi Srikandi Diamond Indah Motor, Mojokerto, Jawa Timur, Senin kemarin, 22 Juli 2019.

5 dari 5 halaman

Digempur Kompetitor

Penjualan Xpander tahun ini ditargetkan mencapai 150 ribu unit, naik sedikit dari 146.805 unit (penjualan ritel). Penjualan mobil Mitsubishi diproyeksikan akan tumbuh sekitar dua persen pada 2019.

“ Pasar mobil tetap stabil. Kami tidak pesimis, juga tidak terlalu optimis,” kata dia.

 Mitsubishi buka diler di Mojokerto (2)

Tantangan Mitusbishi mempertahankan pangsa pasar Xpander tahun ini tidaklah mudah. Mereka kedatangan sepupu baru, New Nissan Livina. Menggunakan platform yang sama seperti Xpander, New Livina memiliki potensi menggoyang penjualan Xpander.

 Aktivitas di diler Mitsubishi Mojokerto, Jawa Timur.

Selain itu, para kompetitor pun tak kalah gesit untuk melawan Xpander. Salah satunya dengan memberikan diskon besar-besaran.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya