Bau Tak Sedap Helm Susah Hilang? Bersihkan Lewat 5 Cara Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 29 Maret 2019 11:44
Bau Tak Sedap Helm Susah Hilang? Bersihkan Lewat 5 Cara Ini
Cara nomor 5 paling mudah.

Dream – Para bikers, sebutan untuk pecinta motor, takkan segan mengeluarkan uang untuk mempercantik wajah tunggangannya. Selain membuat motor lebih tangguh, biker kerap memodifikasi kuda besinya akan memancing perhatian orang yang melihatnya.

Setelah tampilan kinclong, bikers rajin merawat motor tunggangannya. Saking cintanya, si kuda besi bisa jadi dicuci pagi dan siang hari. Namun ada bagian yang sering dilupakan mereka. 

Tampilan kece motor kamu takkan berarti jika helm yang sehari-hari dikenakan malah menebarkan aroma tak sedap. Tak mau dong, rambut menjadi bau karena aroma helm yang tak enak

Dikutip dari Wahana Honda, Jumat 29 Maret 2019, helm yang bau masih bisa dicuci. Bahkan, tanpa dicuci juga baunya bisa hilang sendiri. Berikut ini adalah lima langkah untuk mengusir bau helm.

Pertama, kamu bisa memberikan parfum di helm yang baunya masih belum parah. Kamu bisa menyemprotkan cairan pewangi beralkohol rendah. Atau kamu juga bisa menyemprotkan parfum helm ke dalam pelengkap berkendara itu,.

Perlu diingat, kadar alkoholnya tidak boleh terlalu tinggi. Pasalnya, helm akan bersentuhan dengan rambutmu. Ada kemungkinan rambutmu rusak terkena alkohol.

Kedua, cuci dengan air sabun. Langkah ini manjur untuk helm yang aromanya sudah tidak tertahankan. Mengapa harus air sabun? Tujuannya agar sisa alkohol tercampur dengan air dan bisa ikut mengalir bersama bakteri-bakteri yang membuat helm jadi bau.

Jangan lupa untuk menyikat lembut helm. Biasanya helm yang bau itu juga sedikit kotor. Keringat penggunanya akan membuat cover dari spons berubah. Pastikan helm bisa kinclong setelah disikat.

Ketiga, pakai kopi. Cara ini bisa digunakan jika belum sempat mencuci helm. Tapi, cara ini hanya bisa menghilangkan bau selama beberapa hari.

Kamu bisa menggunakan bubuk kopi hitam untuk menghilangkan bau tidak sedap di helm. Bungkus bubuk kopi dengan kain kecil. Lalu, taruh kain semalaman di helm. Setelah itu, kamu takkan mencium bau apek, tetapi bau kopi.

1 dari 1 halaman

Jangan Lupa Dijemur

Keempat, kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini mencegah bakteri dan kuman jahat berkembang biak di helm. Biasanya orang-orang melakukan hal ini.

Selain menghilangkan bau pada helm, menjemurnya di bawah sinar matahari akan membuat spons helm kembali mengembang. Ini juga akan membuatmu nyaman mengenakan helm.

Kelima, bawa ke jasa cuci helm. Nah, cara ini paling mudah. Bawa saja ke cuci helm. Banyak jasa cuci helm bertebaran di mana-mana, termasuk di parkiran mal-mal besar. Ya, kamu harus merogoh duit untuk membuat helm bersih dan wangi. (Sah)

Beri Komentar