Apes! 3 Mobil Klasik Rp6 Miliar Mau Dilelang, Digasak Duluan Pencuri

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 19 Januari 2020 08:01
Apes! 3 Mobil Klasik Rp6 Miliar Mau Dilelang, Digasak Duluan Pencuri
Ketiga mobil ini termasuk incaran kolektor.

Dream - Selain pilihan tepat untuk mencuri perhatian publik, mobil klasik acapkali menjadi investasi yang tepat. Semakin tua usia dan kondisinya masih optimal, harganya akan semakin mahal.

Potensi inilah yang membuat mobil klasik sering menjadi sasaran Si Panjang Tangan. Apesnya, kejadian ini dialami sebuah rumah lelang.

Dikutip dari Carscoops, Minggu 19 Januari 2020, pencuri itu menggondol tiga mobil klasik sekaligus. Ketiga mobil ini adalah Cadillac 1953 El Dorado warna merah, Ford Galaxy 500 keluaran 1964, dan Buick Century 1954 berwarna biru muda dan putih.

Diperkirakan mobil-mobil ini memiliki nilai gabungan lebih dari US$500 ribu atau sekitar Rp6,83 miliar. 

Ketiga mobil ini berada di dalam truk trailer 18 roda. Detektif Ed Troyer dari Department Pierce County, yakin pencurian ini telah direncanakan. Ada dua hal yang menjadi dugaan, yaitu jarang terjadi pencurian kasus truk trailer dan isinya adalah mobil klasik incaran kolektor.

“ Ini kasus yang sangat langka. Truk dengan 18 roda dicuri. Tak banyak orang yang bisa mengemudikannya. Komplotan ini memiliki orang yang memiliki kemampuan itu, serta orang lain yang tahu muatan di belakangnya,” kata Taylor.

Polisi saat ini sedang menghimpun keterangan dari masyarakat setempat. Pihak pelelangan menawarkan imbalan senilai US$1000 (Rp13,66 juta) untuk informasi yang berharga itu.

1 dari 4 halaman

Koleksi Mobil Klasik BJ Habibie

Dream – Kesehatan Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, sempat menurun. Kondisi kesehatan Habibie mulai membaik setelah menjalani perawatan intensif tim dokter kepresidenan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

Sosok Habibie selama ini dikenal sebagai teknokrat yang cinta dengan dunia penerbangan. Namun dunia transportasi tak hanya pada pesawat terbang.

Suami mendiang Hasri Ainun Habibie ini ternyata penyuka kendaraan roda dua dan empat. Pilihannya jatuh pada koleksi kendaraan seri klasik.

 

 © Dream

 

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 11 September 2019, Habibie memiliki garasi yang cukup luas di rumahnya. Malah, rumah Habibie seperti tempat parkir di pusat kendaraan.

Garasi di kediaman Habibie diisi puluhan kendaraan klasik, baik roda dua maupun roda empat.

Untuk tunggangan roda empat, BJ Habibie sangat menyukai pabrikan ternama asal Jerman yaitu Mercedes-Benz. Dari mobil-mobil yang dimilikinya, sebagian besar adalah Mercy seri klasik.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing.

 Mercedes Benz 300SL GullwingMercedes Benz 300SL Gullwing © Foto: Shutterstock

 

Mobil yang diproduksi antara 1954 hingga 1957 memiliki pintu yang dibuka secara vertikal dan merupakan seri sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing.

(Sumber: Liputan6.com/Khema Aryaputra)

2 dari 4 halaman

3 dari 4 halaman

5 Masalah Klasik Mobil LCGC dan Cara Mengatasinya

Dream – Mobil low cost green car (LCGC) menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan dengan harga terjangkau. Tak hanya murah meriah, kendaraan ini juga terbilang ramah lingkungan.

Sebelum memutuskan memboyong kendaraan ini, ada baiknya kamu memahami lima “ penyakit” mobil LCGC, dikutip dari Auto2000, Senin 31 Desember 2019.

 

 © Dream

 

Pertama, AC mobil kurang dingin. Kalau dirasa kurang dingin, kamu bisa mengecek kembali apakah ada kebocoran freon atau bahkan extra fan yang kurang berputar dengan sempurna. Selain itu kamu bisa menghindari parkir di bawah terik matahari agar bisa mendinginkan kabin lebih cepat saat AC dihidupkan.

Kedua, suara mesin berubah jadi kasar. Suara mesin mobil yang berubah menjadi kasar sebenarnya tidak hanya terjadi di mobil LCGC saja, namun semua mobil bisa mengalami hal ini.

Penyebab utamanya adalah penggunaan bahan bakar dengan oktan di bawah standar yang ditentukan pabrik. Sebaiknya kamu bisa buka kembali buku panduan kendaraan dan cek berapa oktan yang dianjurkan oleh pabrik untuk mobil kamu.

4 dari 4 halaman

Rem Mobil Bergetar

Ketiga, rem mobil berbunyi dan bergetar. Dalam jangka waktu yang lama, terkadang rem mobil kamu berbunyi dan bergetar saat diinjak, hal ini sering terjadi di mobil LCGC.

Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakannya ke bengkel. Bisa saja kampas rem sudah habis atau ada masalah pada cakram rem mobil kamu.

Keempat, mobil sering overheat. Jika mobil kamu sering overheat, tentu akan berbahaya bagi mesinnya karena biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki akan sangat mahal. Jika sudah pernah mengalami overheat, kamu harus cek apakah fan pendingin mesin berputar normal atau tidak, serta cek juga kondisi radiator apakah airnya masih penuh atau terjadi kebocoran.

Mengganti air radiator secara berkala juga bisa kamu lakukan untuk mencegah overheat, karena air radiator yang gak pernah diganti bisa menimbulkan kerak yang menghambat saluran radiator dan mesin menjadi panas.

Kelima, mobil bergetar. Jika kamu merasakan mobil LCGC terlalu bergetar saat dipacu dalam RPM tinggi maka itu adalah hal wajar karena kebanyak LCGC menggunakan mesin 3 silinder yang akan bekerja keras jika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Selain itu kamu juga bisa mengecek engine mounting mobil kamu jika sudah terasa getaran yang terlalu keras dan mengganggu. Kamu juga bisa memasang peredam tambahan di mobil untuk mengurangi efek rasa getaran dan berisik dari luar kabin yang masuk ke dalam.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak