Honda Air Blade Meluncur, Siap Tantang Yamaha Aerox

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 16 Desember 2019 16:48
Honda Air Blade Meluncur, Siap Tantang Yamaha Aerox
Harga mulai Rp33 juta.

Dream - Honda Vietnam merilis resmi Honda Air Blade 150 cc generasi 2020 dan Air Blade 125 cc. Dua motor yang menggunakan sistem pengereman CBS dan ABS ini akan bersaing dengan Yamaha Aeroz.

Dikutip dari Otosia, Senin 16 Desember 2019, selama 12 tahun mengaspal, penjualan Air Blade di Vietnam mencapai 4,2 juta unit. Di generasi ke lima, produsen otomotif asal Jepang menyematkan semua komponen baru dengan harapan bisa tetap jadi yang terbaik di kelasnya.

Air Blade generasi baru dibekali dengan mesin 1 silinder berkapasitas 150 cc. Mesin tersebut bisa menyemburkan tenaga 12,8 hp dan torsni 13,3 Nm. Motor ini bisa melaju hingga 100 jm dalam 6,2 detik.

Fitur-fitur kekinian yang ditanam Honda seperti sistem keyless, bagasi luas berkapasitas 22,7 liter, dan power socket 12 volt. Motor ini juga menggunakan lampu LED DRL dan LED headlight mirip dengan ADV 150.

Pabrikan asal Jepang itu juga menyematkan beragam fitur kekinian pada Honda Air Blade 150. Salah satu yang mencolok ialah instrumen panel full-digital negative-display.

Honda Air Blade ditawarkan dalam dua varian, yaitu special version dan standard version. Varian spesial menawarkan 1 warna, yaitu blue gray black. Sedangkan yang standar ada 4 warna, yaitu black-silver, blue-silver, red-silver, dan silver-black.

Honda Air Blade special version dijual seharga 56,39 juta dong (Rp34,03 juta) dan yang standar dijual 55,19 juta dong (Rp33,01 juta).

1 dari 6 halaman

Honda Monkey Edisi Dragon Ball Dirilis, Punya Uang Rp93 Juta?

Dream - Honda tak mau kalah dari Yamaha jika bicara tentang motor bernuansa kartun. Produsen otomotif asal Jepang, melalui Cub House of Honda, menggandeng rumah produksi animasi Toei Animation, untuk merilis Honda Monkey Dragon Ball.

Dikutip dari Nation Thailand, Kamis 28 November 2019, edisi spesial Song Goku, salah satu karakter film Dragon Ball, ini mejeng di Bangkok Motor Expo 2019. Motor Honda Monkey edisi spesial ini hanya tersedia 100 unit.

 Honda Monkey Edisi Dragon Ball.© Nation Thailand

Motor edisi terbatas ini mengusung dua legenda, yaitu Honda Monkey dan anime Dragon Ball. Roda dua itu didesain oleh tim dari AP Honda. Kabarnya, sih, motor ini akan tersedia di seluruh dunia.

“ Model asli Monkey menggunakan desain motor Honda pada 1961. Desain yang unik ini membuat motor itu mendunia, termasuk di kalangan kolektor,” kata President AP Honda, Shigero Kimura. 

 Ada logo naga legendarisnya.© Nation Thailand

Untuk harganya, Shigeto mengatakan motor ini dijual seharga 119.900 baht atau sekitar Rp93,23 juta selama masa promosi. Sekadar informasi, pameran Bangkok Motor Expo akan berakhir pada 10 Desember 2019.

2 dari 6 halaman

Honda Monkey Kembali Mengaspal di Indonesia

Dream - Bagi pecinta klasik, tentu tak asing lagi dengan motor Honda Monkey. Motor ini pertama kali hadir di Indonesia 1961 atau 58 tahun yang lalu.

Dengan usia yang lebih dari setengah abad, tentu Honda Monkey sudah melekat di hati masyarakat Indonesia. Untuk itu, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meluncurkan motor legend tersebut mengobati rasa rindu pecinta motor di Tanah Air.

" Kami menghadirkan sepeda motor ikonik Honda Monkey dengan aura gagah pada keseluruhan tampilannya didukung berbagai teknologi dan fitur modern," ujar President Director AHM, Toshiyuki Inuma di pameran GIIAS 2019 di Ice BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

Toshiyuki mengatakan, Honda Monkey keluaran 2019 ini mengusung konsep Iconic-Fun Bike. Honda masih mempertahankan garis desain generasi pertama.

 

 © Dream

 

Honda Monkey ini juga memiliki bodi yang lebih berisi dibandingkan seniornya pada 1961. Honda monkey teranyar ini memiliki permukaan bodi yang compact.

" Kami optimis Honda Monkey dapat memberikan daya pikat tersendiri sekaligus menghadirkan kesenangan berkendara di segmen sepeda motor hobi di Indonesia," ucap dia.

3 dari 6 halaman

Mesin dan Fiturnya

 Honda Monkey© Istimewa

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman menuturkan, untuk menonjolkan sisi modern, Honda Monkey memiliki panel meter digital full LCD berbentuk bulat. Kemudian, lampu yang ada di Honda Monkey ini juga sudah mengalokasikan teknologi LED.

Bagi Sahabat Dream yang sering lupa posisi motor ketika parkir, Honda Monkey punya jawabannya yakni menggunakan teknologi answer back system, teknologi ini berfungsi memudahkan mencari sepeda motor bagi pengendaranya.

Honda Monkey ini memiliki mesin silinder tunggal horizontal 4 percepatan SOHC 125cc, serta dilengkapi pendingin udara dengan diameter dan panjang langkah sebesar 52,4 x 57,9 dan perbandingan kompresi 9,3:1, ditunjang dengan teknologi PGM-FI Honda.

Dengan kapasitas terbatas, mesin motor paduan modern klasik ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 6,9kW @7.000rpm dan torsi sebesar 11Nm @5.250rpm.

 

4 dari 6 halaman

Harganya

 Honda Monkey© Istimewa

Untuk mendukung daya jelajah, Honda Monkey memiliki tangki bensin sebesar 5,6 liter yang terletak di atas mesin. Selain itu, Honda Monkey ini memiliki bobot 107 kilogram dengan ketinggian jok 776 milimeter dari permukaan tanah.

Untuk pengereman, motor ini telah menggunakan sistem ABS satu channel dengan mengaplikasikan teknologi Inertial Measurement Unit (IMU), berfungsi sebagai pencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak.

Johannes mengatakan, ban Honda Monkey ini memiliki diameter 12 inch dengan ban depan berukuran 120/80 dan ban belakang berukuran 130/80. Ban tersebut memiliki pola block untuk keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Dengan berbagai fitur modern klasik, Honda Monkey memiliki tiga warna yakni Banana Yellow, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black. Sahabat Dream dapat membawa pulang motor ini dengan membayar Rp65 juta on the road DKI Jakarta.

5 dari 6 halaman

Honda Monkey Didatangkan dari Thailand, Berapa Lama Indennya?

Dream – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menjual motor ikonik, Honda Monkey. Perusahan otomotif ini membanderol motor ikonik ini senilai Rp65 juta per unit.

Dikutip dari OTO.com, Senin 29 Juli 2019, harga motor yang berstatus completely buit up (CBU) Thailand ini lebih murah daripada yang dijual di importir umum. Harganya bisa tembus Rp100 juta.

 

 © Dream

 

Direktur Pemasaran AHM mengatakan perusahaan memberikan pilihan produk yang diinginkan oleh konsumen.

" Kami tidak memotong, kami resmi, berharap semua bisa bertumbuh, jadi kami masukkan Monkey berharap semua teman-teman termasuk konsumen punya pilihan lebih," kata Thomas di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE BSD, Tangerang, Banten.

6 dari 6 halaman

Inden Sampai 2020

Jika ingin memilikinya, kamu harus bersabar. Motor mini Honda berperawakan imut itu harus ikut daftar tunggu (inden) pemesanan sampai 2020. Saat ini, inden si Monkey sudah ada di atas 50 unit. Untuk itu pengiriman ke konsumen dilakukan secara bertahap.

" Lima puluh unit pertama bisa di kuartal tiga. Pemesanan selanjutnya di akhir tahun ini atau awal tahun depan. Karena ini masih CBU tentunya ada beberapa faktor, salah satunya kapasitas dari negara pengekspor," kata dia.

Selain kapasitas negara pengekspor, Thomas juga menjelaskan faktor lain yang mengakibatkan inden Honda Monkey mengular. " Tentunya kami mengikuti regulasi pemerintah, terkait dengan kuota impor dan sebagainya," kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak