Honda Luncurkan Motor Astrea Terbaru Harga Rp15 Juta, Laku Apa Enggak ya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 26 Februari 2020 14:14
Honda Luncurkan Motor Astrea Terbaru Harga Rp15 Juta, Laku Apa Enggak ya?
Bagaimana spesifikasi motor `legenda` ini?

Dream - Mungkin Anda sudah tidak asing dengan motor Astrea. Kendaraan keluaran Honda ini pernah berjaya di era 80an dan 90an. Kini Anda mungkin merasa kangen dengan motor ikonik ini, karena memang motor ini sudah jarang ditemukan.

Tapi di Malaysia, motor ini telah diremajakan. Honda Malaysia baru saja meluncurkan motor bebek EX5 yang menjadi 'reinkarnasi' Honda Astrea.

Dikutip dari Boon Siew Honda, Rabu 26 Februari 2020, motor itu mengusung desain lawas. Produsen otomotif asal Jepang ini mengusung ciri khasnya, seperti batok model T dan sayap yang berkeling putih. Headlamp kotak dengan lampu sein terpisah pun “ ditanam” di EX5.

Motor ini mengusung mesin 110 cc silinder tunggal 4 tak, berpendingin udara, dan berkatup ganda. Mesin tersebut bisa menghasilkan kekuatan 6,37 kW dan torsi 8,62 Nm.

Honda Astrea juga menggunkaan mesin injeksi PGM-Fi. Motor ini juga menggunakan dua jenis starter, yaitu engkol dan elektrik.

Motor Astrea berdimensi 1.923 mm x 696 mm x 1.046 dan menggunakan ban berukuran 1.212 mm.

Roda dua itu menggunakan suspensi telescopic di depan dan ganda di belakang. Rem yang digunakan adalah tromol jenis trailing drum.

Honda EX5 tersedia dalam dua varian, cast wheel dan spoke wheel. Ini akan ditawarkan dalam dua pilihan warna, Pearl Nightfall Blue dan Pearl Magellanic Black. Harga motor untuk cast wheel senilai 5.009 ringgit (Rp16,42 juta) dan spoke wheel 4.783 ringgit (Rp15,68 juta).

1 dari 5 halaman

2 dari 5 halaman

Honda Pede Recall Tak Pengaruhi Penjualan PCX

Dream - PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan recall atau menarik 3.930 Honda PCX. Perusahaan otomotif itu beralasan ingin memperbaiki komponen sprocket cam yang bermasalah

Meski demikian, Direktur Marketing and Sales AHM, Thomas Widjaya, mengatakan bahwa penarikan tersebut tak mempengaruhi penjualan PCX.

 

 © Dream



" Sejauh ini tidak berpengaruh terhadap penjualan," kata Thomas ketika dihubungi Dream, Senin 24 Februari 2020.

Menurut dia, penarikan itu bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan PCX. " Apalagi PCX sendiri sudah dikenal masyarakat sebagai skutik besar yang nyaman, elegan, dan membanggakan," kata Thomas.

3 dari 5 halaman

Setelah PCX, Honda CRF250 Rally Kena Recall?

Dream - Usai PCX, sepeda motor Honda CRF 250 Rally dikabarkan turut terkena penarikan (recall) di Indonesia. Namun kebijakan recall ini tidak dilakukan oleh pihak PT Astra Honda Motor (AHM).

Kebijakan recall justru dilakukan oleh diler utama Honda di kawasan Jawa Barat, PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Dikutip dari Otosia, Kamis 20 Februari 2020, surat penarikan motor CRF 250 Rally sudah dilayangkan oleh DAM.

“ Kenapa info recall datangnya dari main dealer? Jadi sebenarnya kami melakukan langkah proaktif untuk berusaha menghubungi konsumen jika memang ada indikasi perlu diadakannya pengecekan lebih lanjut terhadap produk-produk kami,” kata General Manager Motorcycle Sales Marketing and Logistic DAM, Lerri Gunawan.

 

 © Dream

 

Menurut Lerri, langkah recall merupakan upaya perusahaan untuk menjalankan perannya sebagai diler utama di kawasan Jabar. DAM ingin memastikan konsumen mendapatkan produk sepeda motor terbaik.

" Inisiatif ini yang harus kami lakukan untuk bisa memastikan konsumen mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan pilihan mereka," kata dia.

Recall CRF 250 Rally dilakukan untuk mengganti komponen main shaft atau poros utama transmisi. Penggantian dilakukan untuk memastikan tak muncul suara mesin yang mengganggu serta mecegah pengendara kesulitan memindahkan transmisi.

Pada beberapa kondisi, kesalahan ini disebut dapat menyebabkan roda belakang terkunci dan mesin tidak dapat dihidupkan lagi.

4 dari 5 halaman

Gigi Sentrik Honda PCX Sering Bermasalah, Honda Lakukan `Operasi Senyap`

Dream - PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan telah menarik ribuan motor PCX untuk mendapat perbaikan di komponen sproket cam. Pengguna yang merasa mengalami keluhan dengan sepeda motornya bisa langsung mendatangi bengkel resmi Honda.

Sprocket cam adalah komponen yang menggerakkan camshaft atau noken as. Jika komponen yang lebih tenar disebut gigi sentral alias gigi sentrik mengalami kerusakan, mesin motor dipastikan akan mati karena tak ada bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

Meski kabar recall ini sudah banyak diketahui masyarakat, informasi tersebut beredar tanpa pemberitahuan.

PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang menjadi main dealer sepeda motor Honda di wilayah Jawa Barat menjelaskan penanganan PCX yang bermasalah lebih tergantung pada ada tidaknya keluhan dari pengguna. 

" Jadi terkadang ada yang merasa itu jadi keluhan, ada yang merasa itu tidak masalah," ujar kata General Manager Motorcycle Sales, Marketing, and Logistic DAM, Lerri Gunawan, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 19 Februari 2020. 

 

 © Dream

 

Menurut Lerri, pihaknya sampai saat ini masih melihat masalah sproket cam ada kaitannya dengan cara konsumen menggunakan sepeda motor PCX-nya.

" Makanya fokus orientasi kami pada penangananannya," kata dia.

Tanpa menyebutkan angka unit PCX yang terkena recall, Lerri memastikan program perbaikan ini berjalan dengan fokus orientasi khusus. Fokus yang dimaksud adalah penanganan masalah yang dialami konsumen kami.

Apabila konsumen merasakan ada yang sesuatu kekurangan yang terjadi dengan unitnya, konsumen diharapkan tidak usah ragu untuk datang ke bengkel resmi, AHASS terdekat, untuk mendapatkan penanganan maintenance motor konsumen tersebut,” katanya

5 dari 5 halaman

Motor Bisa Mati Mendadak

Masalah recall ini sendiri disebutkannya terkait dengan sproket cam. Lerri juga menyebut bahwa pengecekan ini merupakan bagian dari perawatan rutin.

" Ini bagian dari pengecekan rutin juga kan ya. Pada saat konsumen sudah melakukan pembelian produk, mereka juga harus melakukan perawatan kembali sepeda motornya," kata dia.

Menurut informasi yang beredar, permasalahan terletak pada sprocket cam atau gigi sentral alias gigi sentrik. Kerusakan ini bisa menyebabkan motor mati mendadak, dan umumnya terjadi bagi mereka yang doyan ngebut. Ada 3.930 motor yang ditarik dalam kampanye ini.

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair