AHM Ekspor Motor 30 Ribu Unit, Trail CRF150 Jadi Idola Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 19 September 2019 15:36
AHM Ekspor Motor 30 Ribu Unit, Trail CRF150 Jadi Idola Baru
Mayoritas ekspor ini didorong oleh motor motor skutik.

Dream – Astra Honda Motor (AHM) melaporkan telah mengekspor sepeda motor sebanyak 30.342 unit hingga Agustus 2019. Produsen otomotif ini memberikan kontribusi 37 persen terhadap ekspor motor nasional yang sebanyak total 81.497 unit.

Dikutip dari data AHM, Kamis 19 September 2019, kontribisi motor completely built up (CBU) berasal dari skutik yang sebanyak 28.893 unit, sport 1.329 unit, dan bebek 120 unit. Dari tipe, kontribusi ekspor terbanyak berasal dari Vario series sebanyak 15.792 unit.

Untuk completey knocked down (CKD), AHM mengekspor motor 33.080 set.

General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet, memastikan perusahaan terus berkomiten meningkatkan volume ekspor sepeda motor Honda setiap bulannya. Hal ini sejalan dengan tingginya minat konsumen di luar negeri yang didukung oleh kemampuan anak bangsa memproduksi produk sepeda motor berkualitas global.

“ Kami senantiasa berupaya untuk menghasilkan produk sepeda motor yang memiliki kualitas terbaik berstandar global. Kami optimis hingga akhir tahun ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda akan meningkat,” kata dia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

Sepanjang periode Januari-Agustus 2019, AHM telah mengirimkan 180.422 unit sepeda motor Honda dalam bentuk CBU dan 189.500 set dalam bentuk CKD.

Ekspor unit motor dalam bentuk CBU tersebut didistribusikan ke beberapa negara seperti Filipina dan Bangladesh.

Sementara itu, ekspor motor Honda secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) memiliki beberapa negara tujuan yaitu Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Kamboja.

1 dari 6 halaman

Ekspor Honda CRF150 Melesat

Kurniawati mencatat motor sport Honda, CRF150, kembali membukukan kinerja positif di pasar ekspor pada Agustus 2019. Ekspor motor adventure ini tercatat sebanyak 1.160 unit.

“ Melonjak 71 persen dibandingkan dengan ekspor pada bulan yang sama pada 2018 yang sebanyak 680 unit,” kata dia.

Sekadar informasi, Honda CRF150 merupakan sepeda motor sport Honda hasil karya anak bangsa yang memiliki tampilan fungsional tajam dan tangguh melalui penyematan desain dan fitur yang nyaman digunakan untuk berkendara di jalan raya dan menaklukan berbagai rintangan.

Motor ini dilengkapi dengan penyematan mesin 150cc SOHC yang handal dan bertenaga, serta beragam fitur terbaik.

 

2 dari 6 halaman

Teknologi Inilah yang Bikin Honda Genio Lincah

Dream – Setelah melepas Honda Genio ke pasar skutik Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis produksi teknologi rangka terbaru. Namanya, enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Dikutip dari keterangan tertulis AHM yang diterima Dream, Rabu 11 September 2019, General Manager Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi, mengatakan, teknologi eSAF diterapkan perdana di Genio. Teknologi ini membuat motor matik itu menjadi lebih ringan, lincah, dan nyaman.

Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas luas bagasi yang mencapai 14 L dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L dari Honda Genio.

 

 

Menurut Dodi, proses produksi ini bertujuan untuk menghasilkan rangka berkualitas baik. Rangka ini bisa mempermudah pengendara bermanuver di jalan.

“ Proses produksi sepeda motor Honda selalu mengedepankan kualitas sehingga rangka eSAF yang dihasilkan mampu menyuguhkan stabilitas handling dan kenyamanan yang maksimal bagi pengendara Honda Genio,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Fitur Canggih Lainnya

Selain rangka eSAF, Genio dibekali dengan generasi terbaru mesin enhanced Smart Power (eSP) 110 cc SOHC PGMFI yang hemat bahan bakar. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 6,6 kW dan torsi 9,3 Nm.

Motor skutik bisa menempuh jarak 0-200 meter dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya menyentuh 94 km per jam.

Selain memproduksi Honda Genio, pabrik perakitan sepeda motor Honda yang berlokasi di Cikarang dengan luas 300 ribu meter persegi ini juga memproduksi beragam produk skutik Honda lain, di antaranya Honda BeAT series, Honda Scoopy, dan Honda Vario.

4 dari 6 halaman

Honda Luncurkan Genio, Skutik Casual Baru

Dream - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meluncurkan koleksi terbarunya, Honda Genio. Lewat skutik bergaya ini, Honda menyasar generasi muda.

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, menjelaskan Genio dikembangkan sebagai produk skutik yang memiliki best value menyeluruh mulai desain, performa, fitur, hingga konsumsi bahan bakar yang irit.

" Cocok untuk pria dan wanita serta ragam fiturnya lengkap sesuai dengan yang diharapkan konsumen," kata Inuma dalam peluncuran Honda Genio di Jakarta, Jumat 21 Juni 2019.

 Honda Genio

Inuma mengatakan Genio dibekali mesin eSP 110 cc yang hemat bahan bakar sekaligus memberikan performa optimal. Didukung dengan penggunaan teknologi Enhanced Smart Architecture Frame (ESAF) membuat skutik ini lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

 Honda Genio

Executive Vice President AHM, Johannes Loman, mengatakan tren penggunaan skutik berkembang semakin beragam. Salah satu tren yang muncul yaitu pemakaian motor matik sebagai bagian dari gaya hidup.

" Honda Genio diharapkan bisa menjadi pilihan generasi muda yang ingin tampil muda," kata Johannes.

 Honda Genio

Sedangkan Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, menargetkan 500 ribu unit terjual. " Targetnya 500 ribu setahun," kata dia

 Honda Genio

Skutik terbaru ini dipasarkan dalam dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS dengan 11 varian warna yang menarik. Tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp17,2 juta dan CBS-ISS Rp17,7 juta On The Road (OTR) Jakarta.

 Honda Genio

Tipe CBS memiliki lima varian warna yaitu smart white blue, smart red, smart black, smart black red, dan smart silver. Sedangkan tipe CBS-ISS ada enam ragam warna menarik yaitu trendy black red, trendy white blue, trendy white red, trendy white, trendy black, dan fabulous black matte.

[crosslink_1]

5 dari 6 halaman

Skutik Zoomer Terdaftar di Samsat DKI, Ini Kata Bos Honda

Dream – Isu Honda Zoomer akan hadir di Indonesia sudah lama terdengar. Kini, kabar burung itu kembali terdengar.

Motor ini pun kedapatan telah terdaftar di Samsat DKI Jakarta. Sementara, model terbarunya meluncur di Thailand.

Dikutip dari laman Otosia, Selasa 17 September 2019, pimpinan PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut akan mendatangkan motor-motor anyar untuk masyarakat Indonesia.

 

 

" Kami memang akan menghadirkan motor-motor baru untuk Indonesia. Zoomer? Kami belum bisa bilang," kata President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Toshiyuki Inuma, di Jakarta.

6 dari 6 halaman

Apakah Hadir Tahun Ini?

Inuma hanya tersenyum ketika ditanya tentang kabar kehadirannya Zoomer tahun ini. Sebab, motor ini sudah terdaftar di Samsat DKI Jakarta.

“ Apakah tahun ini atau tahun depan, saya tidak bisa bilang. (Soal sudah teregistrasi?), kalau itu saya tidak tahu,” kata dia sembari tertawa.

Zoomer sudah beredar di Jepang dan AS sejak awal 2000. Kendaraan ini hadir sebagai skutik kecil yang fun dan serba naked.

Konsep di versi barunya membuat skutik ini cocok untuk penyuka olahraga ekstrem skateboard, karena bagasinya berongga di depan untuk memuat papan seluncur.

Adapun Zoomer yang sudah meluncur di Thailand terlihat memakai spidometer digital layaknya Honda Beat.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik