Cara Aman Saat Melintasi Jalan Rusak

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 30 September 2019 06:36
Cara Aman Saat Melintasi Jalan Rusak
Melewati jalan yang bolong-bolong tak kalah menantang.

Dream – Tak semua jalan yang dilalui mulus. Ada juga kontur jalan yang bergelombang, berlubang, atau rusak parah.

Saat berkendara di jalan yang rusak seperti itu, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan kita jika sedang menyetir motor.

Selain akan membuat kita cepat letih, melintasi jalan yang rusak juga sangat berbahaya karena rentan kecelakaan, bahkan bisa menyebabkan velg kita cepat rusak.

Dikutip dari Federal Oil, Senin 30 September 2019, agar bisa melintasi jalan rusak, ada tips dan trik naik motor supaya aman di jalan yang rusak.

Pertama, pandangan harus jauh ke depan saat berkendara. Tujuannya agar bisa mengetahui kondisi jalan dan lalu lintas yang hendak kita lalui.

Jangan lupa jaga jarak dengan kendaraan lain jika melintasi jalan rusak dan lalu lintas padat. Usahakan jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang lebih besar.

Kalau terlalu dekat alias mepet dengan kendaraan lain, bisa bahaya. Apalagi saat mobil goyang ketika melewati lubang, yang ada motor bisa tersenggol.

1 dari 6 halaman

Kalau Lihat Lubang?

Jika mendadak melihat lubang, usahakan turunkan gas motor dan rem depan belakang supaya tidak oleng atau slip. Jika memungkinkan, lihatlah spion agar bisa menghindar dengan aman.

Apabila jarak pengereman sangat pendek dan harus melintasi lubang, tetap turunkan gas dan angkat pinggul kamu diikuti lutut dan siku agak sedikit ditekut dan genggam stang kemudi dengan kuat.

Kenapa siku dan lutut harus sedikit ditekut ? Supaya saat menerobos lubang kaki dan tangan kamu tidak terlalu kaku sehingga kamu tidak terpental.

Bila mengetahui pengendara di depan akan menghadapi lubang, cobalah mengurangi kecepatan dan memberi kesempatan menghindar. Langkah ini lebih baik daripada pengendara tersebut menghindar saat kita sedang di sebelahnya.

Terlepas dari siapa yang benar dan yang salah, tetap saja kita terlibat dalam kecelakaan jika memang bersenggolan. (ism)

2 dari 6 halaman

Hati-Hati, Bensin Jenis Ini Cepat Rusak Injektor Motor

Dream – Salah satu komponen yang penting dalam mesin sepeda motor berteknologi injeksi adalah injektor. Komponen ini bertugas menyemprotkab bensin ke ruang bakar dengan cara pengabutan.

Performa maupun daya tahan injektor sangat bergantung pada pemakaian jenis bahan bakar.

Sayangnya, banyak pemilik motor injeksi hanya mengandalkan bensin murah bersubsidi dengan oktan rendah. Padahal, sebenarnya bensin beroktan tinggi lebih disarankan untuk sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi.

 

© Dream

 

 

Dikutip dari Suzuki, Sabtu 21 September 2019, satu hal yang pasti, pengaruh memakai bensin beroktan rendah pasti ada, terutama karena tingkat ’kebersihan’ bensin yang menjadi kurang baik bisa menyebabkan komponen fuel injection (FI) yang sensitif menjadi lebih mudah tersumbat.

Mesin berteknologi injeksi rata-rata rasio kompresinya tinggi, di atas 9 :1. Tujuannya untuk membuat sepeda motor berteknologi injeksi menjadi lebih irit.

Namun, hal ini baru bisa tercapai jika diisi oleh bensin yang sesuai spesifikasi alias beroktan tinggi.

3 dari 6 halaman

Gejala Detonasi Akan Muncul

Semakin besar kompresi mesin, maka akan semakin butuh bahan bakar berkualitas. Dengan memakai bensin beroktan rendah, gejala detonasi (ngelitik) cepat atau lambat akan muncul.

Pada dasarnya mesin injeksi memang minim perawatan, asal dibarengi dengan selalu memakai bahan bakar beroktan tinggi, sesuai spesifikasi.

Sering dijumpai pompa bensin sepeda motor sport injeksi macet karena selalu diisi dengan bensin beroktan rendah.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Motor yang Selalu Minum Bensin Oktan Rendah

Ciri-ciri sepeda motor injeksi yang selalu ‘minum’ bensin beroktan rendah gampang dikenali dan salah satunya adalah aki tekor terus karena pompa bekerja lebih keras akibat kotoran menyumbat filter bensin. Lama-kelamaan injektornya yang akan mampet.

Ketika sepeda motor injeksi, isilah bensin beroktan tinggi, sesuai spesifikasi agar sepeda motor tidak mengalami masalah.

5 dari 6 halaman

Bahaya Keseringan Membiarkan Bensin Motor Skutik Habis

Dream – Sebagian besar sepeda motor saat ini sudah menggunakan teknologi injeksi. Motor dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi diklaim lebih irit dan bertenaga dibaindingkan karburator.

Meskipun motor injeksi mudah dirawat, bukan berarti kuda besi tidak cepat rusak.

Dikutip dari Federal Oil, Rabu 18 September 2019, jika kamu malas merawat, apalagi ganti oli, motor jenis apa pun akan lebih cepat rusak. Aturan yang sama berlaku jika motor kamu sering kehabisan bensin.

 

© Dream

 

Tangki bensin yang minim apalagi sampai kering bisa merusak fuel pump. Pasokan bahan bakar dilakukan dengan sistem injeksi dengan pompa yang berbentuk dinamo.

Nah, komponen ini memerlukan pendinginan melalui bahan bakar pada kendaraan. Kalau sampai habis, pompa akan bekerja lebih berat karena tak ada pendinginannya.

6 dari 6 halaman

Jangan Tertipu! Ini Cara Sederhana Bedakan Bensin Oplosan dan Asli

Dream - Bensin oplosan sangat berbahaya bagi kendaraan bermotor, terutama motor-motor tua. Bensin hasil campuran dari minima dua jenis bahan bakar ini bisa membuat motor pensiun sebelum waktunya. 

Dikutip dari Wahana Honda, Jumat 2 Agustus 2019, bensin oplosan bisa merusak komponen-komponen dalam mesin. Bisa-bisa motormu turun mesin. Berkaca dari hal tersebut, kamu harus waspada ketika membeli bensin, terutama di warung-warung teori jalan.

© Dream

Jangan sampai niat mengisi bahan bakar karena lebih irit, motormu malah masuk bengkel. Apalagi kalau harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk memperbaikinya.

Agar kamu tak tertipu antara bensin murni dan oplosan, berikut adalah tiga cara yang bisa kamu lakukan:

Beri Komentar