Alasan Isi BBM di SPBU Pertamina Tak Bisa Lagi Bilang `Full Tank`

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 31 Januari 2020 15:28
Alasan Isi BBM di SPBU Pertamina Tak Bisa Lagi Bilang `Full Tank`
Masyarakat harus membayar dulu, baru bisa mengisi BBM.

Dream - PT Pertamina (Persero) berencana mengubah mekanisme transaksi pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik perusahaan. Dengan perubahan ini, masyarakat takkan bisa lagi memesan BBM dengan mengatakan isi penuh atau lazim disebut full tank.

Perubahan ini seiring langkah perusahaan Migas pelat merah itu yang akan mengarah transaksi pembeli BBM ke sistem non tunai. Nantinya pembeli membeli BBM lewat aplikasi MyPertamina.

“ Kenapa pakai MyPertamina karena ini jadi payung interaksi dengan pelanggan,” kata Direktur Pemasaran dan Retail Pertamina, Mas’ud Khamid, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 31 Januari 2020.

Selain alasan metode transaksi yang diubah, BUMN migas juga ingin menjaga keselamatan penggunaan smartphone yang berisiko memicu kebakaran akibat radiasi sinyal ketika melakukan transaksi non tunai di SPBU. 

“ Ya kita sudah antisipasi. Jadi kalau di luar negeri itu bayar dulu baru isi BBM, bayarnya masuk ke toko,” kata dia.

Nantinya, lanjut Mas’ud, SPBU Pertamina akan memiliki sebuah tempat khusus untuk pembeli melakukan transaksi. Dengan begitu, transaksi tak lagi dilakukan di area pengisian BBM.

Usai membeli terlebih dahulu Setelah bertransaksi, barulan kendaraan bisa diisi bensin.

“ Harus sebut angka. Saya beli BBM sekian liter. Bayar dulu baru isi,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

1 dari 5 halaman

Bosan Digoyang, Petugas SPBU Bikin Trik Aneh Isi Penuh Tangki BBM

Dream - Masih banyak pemilik kendaraan yang menganggap teknik menggoyangkan mobil akan menambah kapasitas ruang bahan bakar. Kebiasaan itu ternyata tak hanya berlaku di negara miskin atau berkembang.

Sebagai negara terkaya di Asia Tenggara, ternyata masih ada warganya yang memiliki anggapan serupa. Bahkan ini dilakukan oleh petugas SPBU sendiri.

Dikutip dari World of Buzz, Selasa 24 Desember 2019, sebuah video yang diunggah di Facebook menunjukkan seorang petugas SPBU tengah berdiri di atas bagasi mobil sedang. Dia terlihat berjingkrak-jingkrak di bagasi itu.

 

 © Dream



Pemilik mobil berdiri di samping dan menunggu dia berhenti sebelum memasukkan nozzle ke dalam tangki bensin.

Peristiwa ini terjadi di SPBU Petron, Singapura, dan direkam oleh pelanggan lain di lokasi. Banyak warganet berkomentar di video dan pertama kali melihat taktik seperti itu.

“ Oh, Tuhan! Pertama kali saya menemukan cara mengisi tangki penuh dengan cara ini. Gila!” cuit seorang netizen.

Kamu bisa lihat videonya di sini.

2 dari 5 halaman

Keluarga Kompak, Guncang Mobil Biar Tangki BBM Maksimal Terisi

Dream - Liburan bersama seluruh anggota keluarga tentu jadi pengalaman menyenangkan. Terutama jika liburan dengan naik mobil pribadi.

Selain bisa " membunuh" kebosanan selama perjalanan, liburan bersama keluarga juga menguntungkan. Jika ada masalah di perjalanan, semua anggota keluarga bisa dimintai bantuan.

Itulah yang terlihat pada video viral yang dibagikan akun Facebook HelloSia Singapore yang dilansir dari World of Buzz berikut ini.

Dalam video terlihat satu keluarga terdiri tiga orang dewasa dan seorang anak-anak yang kompak. Mereka bahu membahu mengguncang mobil di sebuah SPBU.

 

 © Dream

 

Dua orang dewasa dan satu anak itu menggoyang-goyangkan mobil. Sementara salah satu dari mereka mengisi bensin. Dengan mengguncang mobil, mereka berpikir tangki bensin bisa terisi secara maksimal.

Tidak ada keterangan lengkap terkait postingan itu. Tetapi netizen menyebut video berdurasi 18 detik ini diambil di sebuah SPBU di Johor Bahru, Malaysia.

Benarkah mengguncang atau memiringkan mobil atau motor dapat mengisi tangki BBM secara maksimal? Jawabannya adalah tidak.

Memompa BBM ke dalam tangki menciptakan buih dan uap. Mengguncang atau memiringkan mobil dan motor tidak akan membuat BBMmenyebar lebih cepat.

Justru dengan menunggu buih hilang, BBM bisa mengisi ruang penyimpanan secara maksimal.

Meski begitu, kekompakan keluarga ini patut diacungi jempol. Bukan begitu, Sahabat Dream?

3 dari 5 halaman

Lihat Videonya

Posted by Hello?sia Singapore 118,948 Views -0:18

Open in a new tab

4 dari 5 halaman

Benarkah Isi BBM di Malam Hari Lebih Banyak dari Siang Hari?

Dream – Sampai saat ini anggapan lebih baik mengisi bahan bakar minyak (BBM) di siang hari daripada malam hari masih banyak diyakini pemilik kendaraan bermotor. Alasannya, BBM lebih mudah menguap pada siang hari.

Apalagi jika bahan bakar ditempatkan di tangki berbahan logam. Efek pemuaiannya dianggap menjadi lebih cepat.

Pertanyaanya, apakah benar anggapan ini?

Dikutip dari Suzuki, Kamis 15 Agustus 2019, setiap cairan, baik itu air atau BBM, pada prinsipnya bisa terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar.

Contoh sederhananya, air jika ditaruh di dalam kulkas akan menjadi dingin dan bisa juga akhirnya jadi beku. Jika dijemur di matahari maka akan bisa menjadi hangat dan jika panas terik bisa juga memuai.

5 dari 5 halaman

Bagaimana dengan Bensin?

Begitu juga bahan bakar kendaraan, seperti bensin. Jika temperatur di lingkungan sekitar turun, maka ia akan ikut turun. Sebaliknya, jika suhu diluar tinggi, BBM akan ikut jadi hangat bahkan dalam keadaan panas terik bisa memuai.

Satu liter bensin waktu suhu dingin dan satu liter bensin waktu suhu panas beratnya tidak akan sama jika ditimbang.

Mana yang lebih berat? Sudah tentu yang bahan bakar yang suhunya lebih dingin.

Namun, apakah perbedaannya jauh atau tidak sebenarnya?

Saat kita mengisi bensin di siang hari sama malam hari, contohnya di Jakarta, suhu siang bisa mencapai 32 derajat Celcius. Saat malam, paling hanya turun sedikit menjadi 30 derajat Celcius.

Nah, perbedaan dua derajat itu sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada perubahan volume bahan bakar.

Jadi bisa disimpulkan, perbedaan berat dalam satuan ukuran isi liter bensin di siang hari dan malam hari, tidak terlalu berpengaruh kalau kamu hanya membeli beberapa liter bensin saja.

Perbedaan ini baru akan terlihat jika membeli bahan bakar dalam jumlah yang sangat banyak.

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis