Hindari Bersihkan Lampu Mobil Pakai Racun Serangga, Jangan Asal Ikut Lifehack!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 29 Juli 2021 09:12
Hindari Bersihkan Lampu Mobil Pakai Racun Serangga, Jangan Asal Ikut Lifehack!
Ini, lho, akibatnya kalau membersihkan kaca lampu mobil dengan cairan ini.

Dream – Kaca lampu mobil yang sudah tua biasanya akan terlihat keruh dan menguning. Hal ini tentunya berbahaya saat mengemudi di malam hari karena cahaya yang dihasilkan tidak maksimal.

Selain menggunakan pasta gigi, ada cara lain untuk bisa membuat kaca lampu mobil jadi lebih terang. Salah satunya adalah semprotan pengusir serangga.

Dikutip dari Jalopnik, Kamis 29 Juli 2021, Jason Torchinsky menggunakan pengusir serangga untuk membersihkan lampu mobil bagian depan yang keruh. Torchinsky melakukan tindakan ekstrem ini, karena beberapa waktu lalu ia melihat video menarik di aplikasi Tiktok.

Video yang diunggah @victoria650 di Tiktok, telah mengikuti tren membersihkan lampu menggunakan semprotan serangga. Terlihat jelas bahwa lampu yang keruh dapat berubah menjadi bening seperti kristal. Hal ini tentunya mendorong Torchinsky dan istri untuk langsung mengikuti eksperimen tersebut.

“ Itu menyenangkan dan kami melakukannya dengan gembira. Jadi saya tidak berhenti untuk berpikir mengapa hal ini bekerja begitu cepat dan sangat efektif,” ujar Torchinsky.

1 dari 2 halaman

Ternyata Hasilnya

Torchinsky kaget setelah melihat hasil dari eksperimen yang hanya dilihatnya lewat sosial media itu.

“ Faktanya, saya sangat terkejut dengan reaksinya. Saya mencobanya pada lampu belakang yang masih bening dan terkesan dengan hasilnya,” kata dia.

Sayangnya plastik sebagai pembalut paling luar lampu, sedikit meleleh akibat semprotan pengusir serangga. Namun, hasilnya masih masuk dalam kategori sangat baik.

Hal ini disebabkan oleh semprotan pengusir serangga mengandung bahan kimia yang disebut DEET (N-Diethyl-meta-toluamide).

2 dari 2 halaman

Kok Bisa?

DEET merupakan pelarut yang cukup baik dalam melunakkan plastik keras, seperti yang kita lihat dengan lampu. Ketika kamu menyemprotkan DEET pada kain lap dan menyekanya pada lampu, lapisan luar plastik akan hilang secara efektif. DEET juga dapat menghilangkan kotoran dan bahan yang teroksidasi.

Sayangnya plastik akan menjadi lengket dan mudah dibentuk, berujung pada adanya kemungkinan untuk menjadi kembali keruh.

“ Dalam kasus lampu mobil, kami sepertinya beruntung karena masih terlihat cukup bagus. Lampu belakang saya, kemungkinan karena mereka adalah jenis plastik yang lebih tua dan lebih berpori, tidak berjalan dengan baik dan kembali keruh,” kata dia. (Laporan: Angela Irena Mihardja)

Beri Komentar