Jangan Sembarang Semprotkan Disinfektan ke Mobil, Bahaya!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 10 September 2021 10:44
Jangan Sembarang Semprotkan Disinfektan ke Mobil, Bahaya!
Amankah disinfektan disemprot ke kabin kendaraan? Mengingat, cairan itu mengandung bahan kimia yang mungkin membuat kabin rusak.

Dream - Pemilik kendaraan melakukan pencegahan penularan virus corona dengan menggunakan cairan disinfektan. Gunanya, membuat kabin kendaraan lebih bersih dan mencegah pengguna kendaraan dari terpapar Covid-19.

Namun muncul pertanyaan, amankah disinfektan disemprot ke kabin kendaraan? Mengingat, cairan itu mengandung bahan kimia yang mungkin membuat kabin rusak.

Menurut Head of After Sales Marketing & Development Department Mitsubishi Indonesia, Ronald Reagan, tak semua cairan disinfektan aman disemprotkan ke kabin kendaraan.

Semprotkan Disinfektan© shutterstock.com

Sebab, selain tak baik untuk pengemudi, cairan disinfektan yang tak melalui uji kelayakan diyakini juga bisa merusak interior kendaraan.

" Disinfektan yang aman itu mengandung cairan yang telah direkomendasi Environmental Protection Agency dari Amerika Serikat. Itu bisa untuk melawan bakteri dan virus di kendaraan tanpa merusak interior,” kata Ronald dalam interview secara daring, Kamis 9 September 2021.

 

1 dari 1 halaman

Mitsubishi menggunakan cairan disinfektan jenis tersebut di diler dan jaringan resmi mereka di Indonesia. Dan terbukti cairan itu memang aman.

Hal senada juga diungkapkan pembalap dan pakar otomotif nasional, Rifat Sungkar. Kata Rifat, tidak semua disinfektan boleh disemprotkan ke kabin kendaraan. Pemilik kendaraan harus mengetahui bahan dasar yang ada pada disinfektan tersebut, seperti chemical base, dan water base.

Semprotkan Disinfektan© Istimewa

" Bahan dasar disinfektan yang digunakan harus water base jangan chemical base. Kabin kendaraan itukan menyerap panas luar biasa dari luar. Untuk kelembaban ruangan kabin mobil juga bisa dikontrol dari water base. Jadi bahannya seimbang dari air dan kimiawinya," ujar Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar