Jangan Usir Nyamuk di Mobil Pakai Obat Semprot, Ini Solusi Amannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 15 Juli 2019 07:36
Jangan Usir Nyamuk di Mobil Pakai Obat Semprot, Ini Solusi Amannya
Lebih baik gunakan cara ini.

Dream – Mobil yang ditinggal cukup lama seringkali menjadi tempat hewan berkembang biak. Tak heran banyak orang tak sengaja menemukan tikus, kecoak, atau nyamuk di kendaraannya. 

Jangan di dalam mobil, keberadaan nyamuk di mobil tentu sangat mengganggu. Apalagi jika nyamuk itu bisa menyebarkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah.

Saar menemukan nyamuk, tindakan yang pertama kali terlintas di pikiran kita adalah menyemprotkan semprotan anti nyamuk ke dalam kabin mobil. Cara ini memang efektif untuk mengusir nyamuk.

Tapi, cara ini juga mendatangkan masalah baru bagi kesehatan kamu dan keluarga yang sering menumpang mobil.

Dikutip dari Suzuki, Senin 15 Juli 2019, obat nyamuk semprot memiliki kandungan kimia yang terlalu tinggi dan hal ini sangat tidak sehat untuk kesehatan. Obat nyamuk semprot mengandung sejumlah zat kimia aktif yang berisiko terhirup langsung atau mengendap di lapisan interior mobil.

Setidaknya ada empat zat aktif berbahaya yang terkandung dalam obat nyamuk yaitu, Transfluthrin, Diethyltoluamid (DEET), Propoxur, dan Dichlorovinyl Dimethyl Phospate (DDVP).

1 dari 5 halaman

Ini Solusi Aman Tumpas Nyamuk di Mobil

Untuk mencegah ada nyamuk, pastikan jendela mobil tertutup rapat. Jendela yang rapat akan menghalangi nyamuk masuk mobil.

Pastikan juga kamu terus menjaga kebersihan mobil setiap hari. Bersihkan semua kotoran, termasuk sisa makanan.

Tidak hanya nyamuk, dengan memakai fogging khusus mobil ini, semua serangga dan kuman lain yang hidup di dalam kabin mobil akan mati.

Fogging berfungsi untuk membunuh nyamuk dan bakteri kuman di kabin mobil sehingga kamu akan mendapat dua keuntungan, bebas nyamuk dan untuk menjaga kesehatan.

Semoga bermanfaat!

2 dari 5 halaman

Mobil Canggih! Fitur Kabin Otomatis Mengikuti Mood Pengemudi

Dream – Jaguar Land Rover membuat penelitian yang unik. Produsen otomotif ini meneliti teknologi baru yang bisa mengetahui suasana hati pengemudi.

Dikutip dari Carscoops, Kamis 11 Juli 2019, Jaguar menggunakan teknologi kecerdasan buatan dengan kamera dan sensor biometrik. Fitur ini akan menangkap suasana hati pengemudi dan otomatis menyesuaikan pengaturan kendaraan untuk membuat pengemudi nyaman.

 

 

Sistem monitor ekspresi wajah juga bisa membantu untuk melacak tingkat stres pengemudi. Nantinya, sistem itu akan menyesuaikan kontrol iklim, pencahayaan sekitar, dan audio untuk membuat pengemudi merasa lebih nyaman.

Agar kadar stres menurun, perusahaan menggunakan pencahayaan ambient untuk menunjukkan warna yang menenangkan.

Kecerdasan artificial ini juga bisa menyalakan daftar putar favorit kamu dan menurunkan suhu jika mendeteksi tanda-tanda kelelahan.

3 dari 5 halaman

Tak Hanya untuk Penumpang Depan

Jaguar Land Rover tidak membatasi teknologi untuk penumpang kursi depan. Mereka juga menguji sistem pada penumpang kursi belakang dengan kamera yang dipasang di sandaran kepala.

Sistem di depan membantu pengemudi tetap terjaga dan yang di belakang bisa meredupkan lampu, membuat warna jendela berubah, dan menaikkan suhu untuk membantu penumpang di belakang tidur,

Produsen mobil ini menyebut riset dan teknologi yang dikembangkan ini sebagai bagian dari visi untuk membuat kendaraan menjadi nyaman. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah memastikan pengemudi tetap waspada dan membuat penumpang senyaman mungkin.

Jaguar Land Rover juga mengatakan sistem ini akan mempelajari preferensi pengemudi dari waktu ke waktu. Perusahaan percaya ini penting karena penelitian telah menunjukkan 74 persen orang stres atau kewalahan setiap hari. 

4 dari 5 halaman

Mau Kabin Mobil Cepat Dingin? Ini Rahasianya

Dream – Semua orang menginginkan suhu kabin mobil yang sejuk. Kalau bisa, kabinnya bisa lekas dingin setelah penumpang dan pengemudi masuk ke dalam mobil.

Sayangnya, hal itu cukup sulit untuk diwujudkan, terutama jika mobil diparkir di tempat terbuka dan matahari sedang panas-panasnya.

 

 

Untuk mendapat suhu kabin yang sejuk, biasanya, pengemudi akan menghidupkan pendingin udara atau AC segera setelah masuk ke dalam kabin mobil. Akan tetapi, hal ini tidak terlalu berpengaruh. Penghidupan AC tak mungkin bisa mempercepat proses pendinginan kabin mobil.

Lalu bagaimana solusinya?

Dikutip dari Suzuki, Rabu 6 Maret 2019, solusi yang paling tepat adalah dengan membuka semua kaca jendela mobil. Saat mobil mulai bergerak, segera hidupkan AC dan atur supaya kipas berputar dengan kencang.

5 dari 5 halaman

Mengapa Harus Hidupkan AC Saat Mobil Bergerak?

Pengemudi harus menghidupkan AC ketika mobil berjalan agar kondensor yang ada di depan radiator bisa terpapar udara segar. Dengan begitu, proses pendinginan bisa menjadi lebih maksimal.

Ketika suhu AC mulai terasa dingin, segera tutup kaca jendela depan. Biarkan kaca jendela belakang tetap terbuka selama 20-30 detik. Ini perlu dilakukan supaya sisa udara panas bisa keluar dengan cepat dari kaca jendela belakang.

Jangan lupa, pastikan juga circulation mode atau mode sirkulasi udara dimatikan atau dinonaktifkan (atur supaya AC mendinginkan udara dari luar, bukan udara kabin yang disirkulasi). Langkah ini dilakukan untuk memastikan udara dingin bisa sampai ke penumpang bagian belakang.

Kalau mode sirkulasi sudah diaktifkan, udara dingin akan tersedot kembali sebelum mencapai jok bagian belakang.

Selamat mencoba!

(ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone