Penjualan Daihatsu Meroket 41 Persen, Ini Mobil Terlarisnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 12 Oktober 2021 07:13
Penjualan Daihatsu Meroket 41 Persen, Ini Mobil Terlarisnya
Apakah Sigra masih jadi yang paling laris?

Dream – Penjualan ritel Daihatsu mencapai 103.788 unit pada Januari-September 2021 atau naik 41,2 persen secara year-on-year. Sementara itu, penjualan wholesales perusahaan otomotif ini ini naik 67,7 persen secara yoy menjadi 116.048 unit pada Januari-September 2021.

“ Penjualan Daihatsu hingga September 2021 mencapai raihan yang baik dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 12 Oktober 2021.

Sementara itu, penjualan Daihatsu naik 16,3 persen secara month-to-month menjadi 14.187 unit pada Agustus 2021. Penjualan tertinggi ada di Sigra yang laku 3.984 unit, Gran Max PU 3.889 unit, dan Ayla 2.064 unit.

Hendrayadi mengatakan, kenaikan penjualan ini berkat program relaksasi pajak pemerintah. Program ini bisa menggeliatkan kembali industri otomotif.

“ Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan perpanjangan program relaksasi pajak hingga akhir tahun 2021 untuk menggairahkan sektor industri otomotif,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Fitur Andalan Daihatsu Rocky 1.2 L `Disiksa` di Lokasi Tes Karawang, Begini Hasilnya

Dream – Varian Daihatsu Rocky 1.2L yang diperkenalkan pada Juni 2021 dan khusus dikembangkan di pasar Indonesia mulai diperlihatkan kepada awak media. Varian yang pertama di dunia ini disiksa di berbagai medan untuk melihat ketangguhannya.

Rocky 1.2L diketahui dikembangkan putra-putri bangsa melalui tim Research & Development PT Astra Daihatsu Motor bersama tim Daihatsu Motor Company Jepang. Mobil ini telah melalui serangkaian uji tes jalan dengan beragam 24 kondisi jalan di Indonesia. 

“ Sahabat dapat merasakan sensasi berkendara Daihatsu Rocky disertai beragam fitur unggulan canggih terkini yang bisa membuat perjalanan menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan,” kata R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Audi Tarantini, di Karawang, Jawa Barat, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 6 Oktober 2021.

 

© Dream

 

Dalam hal spesifikasi, Rocky 1.2L menggunakan mesin baru bertipe 1.2L WA-VE 3 silinder, memiliki performa bertenaga dan dapat melewati jalanan menanjak dan tetap irit bahan bakar. SUV ini juga dilengkapi dengan teknologi transmisi terbaru Daihatsu, yaitu dual mode CVT (continuously variable transmission/CVT). 

Dengan dimensi kompak berukuran 4.030 x 1.710 x 1.635, menjadikan Rocky 1.2L cocok dikendarai di berbagai kondisi jalan dan perkotaan dengan jalan sempit. Dengan ground clearance setinggi 200 mm, serta radius putar 4,9 meter, serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering). 

Mengutip laporan jurnalis Merdeka.com yang turut dalam tes mobil tersebut Rocky 1.2 yang dicoba di trek lurus sepanjang 800 meter bisa mencapai kecepatan maksimal sekitar 130 km per jam dengan tingkat kestabilan baik.

Setirnya bertipe EPS (Electric Power Steering) memang terkesan ringan baik di kecepatan rendah maupun tinggi. Saat dipacu, kekedapan kabin juga cukup baik. Suara mesin baru 3 silindernya tidak berisik dan banyak getaran, yang menghapus stigma mesin 3 silinder versi lawas.

2 dari 5 halaman

Mesin Bertenaga dan Fitur HSA Bekerja Optimal

SUV kompak itu dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti hill start assist (HSA) yang bisa mencegah mobil mundur ketika berhenti di jalan menanjak. Ada juga fitur vehicle stability control (VSC) untuk mencegah fitur over steer dan under steer ketika berbelok.

Fitur ini juga sempat dicoba oleh jurnalis Merdeka meski diperagakan oleh tim dari ADM. Tim menjajal tanjakan dengan kemiringan 14 derajat dari dua model tanjakan yang ada di lokasi tes. 

Saat mendakinya dengan pelan lalu berhenti di tengah, fitur hill start assist (HSA) coba dites. Hasilnya fitur bekerja dengan baik karena mobil berhenti sempurna tanpa mundur selama sekian detik. Cukup menjaga rpm mesin di 2.500, Rocky 1.2L berhasil melahap tanjakan ini.

Mobil ini juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang serta rear parking camera yang bisa membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

3 dari 5 halaman

Disematkan Fitur-fitur Kekinian

Selain itu, Rocky 1.2L juga telah menyematkan fitur ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brake Force Distribution) untuk memaksimalkan pengereman. Tujuannya agar kendaraan tetap dapat dikontrol ketika melakukan pengereman terlalu dalam saat panik atau darurat.

Fitur ABS dan EBD memberikan distribusi tekanan pengereman yang merata pada seluruh roda sesuai kondisi berkendara.

Daihatsu Rocky 1.2L juga dilengkapi dengan berbagai fitur terkini, seperti LED headlamp & rear combi lamp, start stop button, 7” TFT Metercluster dengan 4 mode tampilan, touchscreen audio 7 inci dengan smartphone connectivity, serta velg berdiameter 16 inch yang membuat tampilan Daihatsu Rocky tangguh.

4 dari 5 halaman

Daihatsu Rocky Bikin Versi Hybrid, Ini Bocorannya

Dream – Santer terdengar kabar Daihatsu akan meluncurkan Rocky versi hybrid sebelum 2021 berakhir. Kini, telah dikonfirmasi bahwa Rocky e-Smart Hybrid akan dirilis di Jepang pada November 2021.

Dikutip dari Paultan, Jumat 1 Oktober 2021, kehadiran varian anyar SUV kompak ini bocor di laman domestik. Setelah bocor, informasi itu langsung ditarik.

 

© Dream

 

Meskipun tampil hanya sebentar, kehadirannya pun menarik perhatian banyak orang. Disebutkan bahwa Rocky versi hybrid ini memiliki kisi-kisi berdesain sarang lebah dan memiliki tambahan lencana.

Tak hanya itu, mobil ini akan disokong mesin tiga silinder WA-VE berkapasitas 1,2 liter. Sayangnya, tak dijelaskan lebih rinci tentang mesin kendaraan ini. Hanya disebutkan bahwa mesin Rocky e-Smart Hybrid mengeluarkan tenaga 86 PS dan torsi 105 Nm.

5 dari 5 halaman

Nggak Berisik

Literatur juga menyebutkan e-Smart Hybrid menggunakan motor 100 persen dan menunjukkan kekuatan saat pedal gas ditekan. SUV itu juga akan mendapatkan mode berkendara satu pedal dengan sistem pintar S-PDL.

Penampakan `jeroan` Rocky versi hybrid© Paultan

Saat fitur itu aktif, pedal gas bisa digunakan untuk tancap gas, menurunkan kecepatan kendaraan, atau berhenti. Smart pedal juga bisa dipilih dalam mode berkendara dan mode Eco. Tapi, bisa juga dimatikan.

Yang menarik, mobil ini juga lebih tenang. Daihatsu menyematkan peredam suara di enam area, seperti kap mobil, lantai kendaraan, dan firewall.

Beri Komentar