Toyoto Ekspor 1 Juta Mobil, Jokowi: Semoga Rupiah Menguat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 5 September 2018 19:15
Toyoto Ekspor 1 Juta Mobil, Jokowi: Semoga Rupiah Menguat
Dia menyebut ekspor dan investasi menjadi alat untuk meningkatkan devisa.

Dream – Presiden Joko Widodo berharap ekspor mobil Indonesia bisa membantu memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Seperti diketahui, mata uang Nusantara ini tengah terpukul setelah nyaris menyentuh level Rp15 ribu.

“ Tanpa itu (ekspor dan investasi), jangan harap kita bisa menyelesaikan masalah fundamental ekonomi yang kuat seperti yang kita inginkan,” kata Jokowi saat menghadiri upacara ekspor 1 juta unit mobil Toyota di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu 5 September 2018, dilansir dari Liputan6.com.

Jokowi menjelaskan dengan peningkatan ekspor masalah defisit neraca berjalan dan perdagangan sebetulnya bisa diselesaikan.

Tak ingin berlama-lama, Mantan gubernur DKI Jakarta langsung menginstruksikan jajaran menteri untuk menyelesaikan masalah terkait anggaran pemerintah ini dalam setahun.

“ Dengan ekspor, devisa meningkat dan neraca perdagangan semakin membaik dan berpengaruh terhadap penguatan rupiah terhadap dolar,” kata Jokowi.

Pemerintah, lanjut dia, mengapresiasi ekspor mobil Toyota yang diproduksi Indonesia. Jokowi mengatakan merek mobil asal Jepang ini akan dikirim ke pasar Asia, Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, serta beberapa pasar Eropa dan Australia.

“ Targetnya yang sudah saya sampaikan tadi. Sebanyak 217 ribu unit. Untuk produk completely built up (CBU), tingkat local content-nya 75—94 persen. Itu sangat tinggi dan diharapkan industri lokal juga bergerak naik,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
DEBAT CAPRES: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, serta Industri Sesi 2