Tak Terasa, Mitsubishi Fuso Sudah Berusia 50 Tahun Di Indonesia.
Dream – Sudah setengah abad, Mitsubishi Fuso mencengkeramkan tajinya di Indonesia. Biarpun sudah “ berumur”, bukanlah kondisi yang gampang untuk mempertahankan bendera Mitsubishi di pasar kendaraan niaga Tanah Air.
Apalagi, di tengah pandemi Covid-19.
© Dream
Menurut data penjualan pada Januari-Oktober 2020, penjualan Mitsubishi Fuso mencapai 19.007 unit. Angka ini melorot dari penjualan Januari-Oktober 2019 yang mencapai 33.802 unit.
Meskipun penjualannya turun, penjualan Fuso terbilang lebih baik daripada pasar otomotif nasional. Tercatat penjualan nasional turun 38.600 unit dari Januari-Oktober 2019 yang sebanyak 77.362 unit menjadi 39.062 unit pada Januari-Oktober 2020.
© MEN
Agar bisa bertahan dan meningkatkan penjualan selama pandemi Covid-19, Mitsubishi Fuso mengerahkan segala upaya, mulai dari memanfaatkan teknologi digital hingga memperbaiki kualitas layanan konsumen.
Selama pandemi Covid-19, penjualan melalui online, terutama di platform e-commerce, marak dilakukan dan Distributor Mitsubishi Fuso, PT Krama Tiga Berlian Motors (KTB) tak mau ketinggalan. KTB merilis paket penjualan layanan dan suku cadang di Official Store Mitsubishi Fuso di Tokopedia.
“ Kini official store Mitsubishi Fuso di Tokopedia juga menyediakan paket penjualan untuk layanan purna jual dan Spare Parts,” kata Sales and Marketing Director KTB, Dujatmono, beberapa waktu lalu.
© MEN
Untuk semakin menarik minat pembeli, Mitsubishi Fuso menebar promo-promo. Salah satunya cicilan 0 persen hingga ekstra diskon Rp3 juta untuk pembelian seluruh varian truk Mitsubishi Fuso. Promo ini hanya berlaku di Official Store Mitsubishi Fuso di Tokopedia hingga Desember 2020.
“ Secara bertahap kami akan melengkapi produk penjualan kami di Tokopedia, sehingga pelanggan dapat melakukan transaksi pemberlian produk hingga purna jual secara online dengan mudah dan cepat,” kata dia.
© Dream
Selain berjualan online lewat marketplace, KTB juga memindahkan sebagian besar aktivitasnya ke metode online. Misalnya, menggelar virtual customer gathering dan customer training.
Sekadar informasi, KTB memang menggelar customer gathering seperti FUSO Gathering dan Truck Campaign. Namun, bedanya, acara ini digelar secara virtual karena pandemi Covid-19 tak memungkinkan untuk menggelar acara tatap muka.
© MEN
Tahun ini, ada 45 sesi acara customer gathering yang digelar oleh KTB. Dalam acara yang digelar bersama diler Mitsubishi Fuso ini, ada bahasan tentang masalah dan solusi bisnis dalam pandemi Covid-19. Puluhan acara ini dihadiri oleh 2.500 pelanggan setia “ Si Kepala Kuning”.
KTB juga memanfaatkan customer gathering untuk menggenjot penjualan Fuso. “ Target kami dari 45 sesi acara, kami dapat membukukan 1,000 unit pemesanan kendaraan, sehingga semakin memperkuat posisi kami di market kendaraan niaga,” kata Head of PR and CSR Department KTB, Dony Hermawan.
Selain urusan penjualan, KTB juga memaksimalkan servis kepada pelanggan Mitsubishi Fuso. Perusahan ini merilis layanan perawatan di rumah, Fuso Home Service. Dalam layanan ini, KTB memaksimalkan bengkel berjalan berupa mobile workshop service (MWS). Bengkel ini memberikan layanan perbaikan dan perawatan di luar diler kepada pelanggan Fuso.
© Mitsubishi Fuso
Layanan ini telah dirilis sejak 2005 dan terus digalakkan selama pandemi Covid-19. Bengkel ini dilengkapi dengan peralatan servis untuk perawatan ringan hingga sedang untuk semua jenis kendaraan Mitsubishi Fuso. Duljatmono menyebut langkah ini diambil untuk memperkecil waktu downtime armada pelanggan.
“ Terlebih semenjak pandemic Covid-19 serta penerapan PSBB, ruang gerak konsumen menjadi terbatas walau beberapa sektor bisnis tetap berjalan,” kata dia.
© Mitsubishi Fuso
Agar bisa menikmati layanan ini, jarak maksimal tempat konsumen dengan diler terdekat adalah 20 km. Pelanggan harus memesan layanan terlebih dahulu ke diler resmi terdekat untuk mengatur pertemuan.
Tak hanya bengkel, KTB juga meningkatkan layanan komunikasi konsultasi melalui Fuso Customer Care. Pelanggan Fuso cukup menghubungi 0804-1-1400-1400 ataupun mengirimkan surat elektronik ke ktb@ktb.co.id.
© Mitsubishi Fuso
Melalui saluran ini, KTB siap mengakomodasi kebutuhan konsumen. Perusahaan merespons cepat dan proaktif selama 24 jam nonstop dan meneruskan informasi kepada field service advisors. Tim ini akan langsung menghubungi kembali konsumen dan mengatur jadwal servis.
KTB juga memastikan diler-diler tetap bersih dan higienis. Perusahaan ini menyediakan alat-alat kebersihan seperti hand sanitizer. Tak hanya itu, diler juga rutin disemprot dengan cairan disinfektan.
Jadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir: Ini Amanah
Lantunan Merdu Ayat Kursi Zaskia Gotik Buat Putri Kecilnya Tuai Pujian
Innalillahi, Nathalie Holscher Keguguran
Aurel Segera Menikah, Pertanyaan Polos Arsy Bikin Haru!
Doni Monardo Positif Covid-19: `Saya Yakin Saat Lepas Masker & Makan`