Tips Rawat Lapisan Krom Mobil Agar Selalu Kinclong

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 24 Januari 2020 18:15
Tips Rawat Lapisan Krom Mobil Agar Selalu Kinclong
Tak perlu ke bengkel, tips merawat krom bisa dilakukan di rumah.

Dream - Meskipun jarang lagi diterapkan pabrikan otomotif, komponen dengan warna krom masih sering digunakan sebagai pemanis tampilan oleh para pemiliknya. Tak seperti masa kejayaannya, tujuan penggunaan krom zaman sekarang memang sedikit berbeda.

Di zaman dulu, krom lebih banyak dipalikasikan untuk melapisi material logam. Dengan semakin berkurangnya pemakaian logam, kini banyak pemilik kendaraan melapisi plastik kendaraan modern mereka yang berbahan plastik.

Perawatan krom tetap dilakukan. Bahkan, bisa menggunakan bahan di sektiar kita.

“ Untuk perawatan, dibutuhkan langkah basah dan kering,” kata PDS Auto2000 Pandeglang, Romi, di Pandeglang, Banten, dikutip dari Auto2000, Jumat 24 Januari 2020.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Langkah Basah dan Langkah Kering?

Langkah basah yang dimaksud adalah pengangkatan kotoran dengan media air. Air hangat bisa digunakan untuk mengangkat kotoran, terutama di sela-sela yang terdapat timbunan kerak air.

“ Langkah ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan campuran sabun cuci piring dan air dengan konsentrasi sedang, baik air hangat maupun air sabun. Gunakan kuas lembut untuk pengerjaannya,” kata dia.

Selanjutnya adalah langkah kering. Pembersihan krom dilakukan dalam keadaan kering.

Nah, ada tiga bahan yang bisa digunakan dalam keadaan kering.

2 dari 6 halaman

Ini Dia Bahan Perawatan Krom dari Rumah

Pertama, minyak kayu putih. Tuangkan minyak kayu putih ke kain lap bersih. Lalu, gosokkan pada permukaan krom.

Setelah kering, lakukan pengelapan dengan kain lap bersih. Tips ini cocok digunakan pada permukaan krom yang sudah mulai memburam.

Kedua, pasta gigi. Pasta gigi putih dioleskan pada permukaan krom hingga merata. Biarkan beberapa saat hingga sedikit mengering.

Lanjutkanlah menggosok dengan lap bersih. Tips ini bisa digunakan pada permukaan krom yang berkerak dan buram.

Ketiga, bedak. Taburi permukaan krom dengan bedak, lalu lap dan bersihkan dengan kain bersih. Kiat ini cocok digunakan untuk perawatan krom yang masih baik kondisinya.

3 dari 6 halaman

Baik-baik Pilah-pilih Pengharum Mobil

Dream - Pengharum kabin mobil memang dibutuhkan agar suasana kabin wangi. Agar baunya segar, kamu bisa memilih wewangian bunga, natural, atau buah-buahan.

Namun, kamu harus berhati-hati memilih pengharum mobil. Salah-salah, interior mobil tidak wangi, tetapi jadi rusak.

Dikutip dari Auto2000, Kamis 23 Januari 2020, pertama, gel. Sebagian besar pengharum alias parfum mobil berbahan gen atau silikon.

 

© Dream

 

Pengharum jenis ini memang memiliki daya tahan wangi yang lebih lama. Sayangnya, gel akan membuat interior mobilmu bernoda kekuning-kuningan.

Noda ini akan muncul jika pengharum dipakai untuk jangka waktu yang lama dan terkena panas matahari langsung, misalnya diletakkan di atas dasbor.

Gel nantinya akan menempel pada dasbor dan meninggalkan noda yang cukup sulit dihilangkan, terutama jika berbahan kulit.


4 dari 6 halaman

Bahan Cair dan Semprot

Kedua, cair. Beberapa parfum mobil memakai bahan cair. Biasanya cara pakainya ditempel atau dijepit di kisi-kisi AC. Pengharum tipe ini lebih aman karena terlindung dengan botol yang menggunakan penutup cukup rapat.

Jangan sampai penutup botol ini terbuka atau botol pecah. Jika cairan tumpah ke kabin, nodanya akan sulit dibersihkan.

Ketiga, spray. Beberapa parfum mobil menggunakan bahan spray. Pengharum disemprot ke beberapa sisi interior, termasuk bagian bawah dan sudut-sudut kabin.

Pengharum kabin mobil ini paling aman digunakan karena tak meninggalkan bekas noda di kabin. Daya tahannya juga cukup lama.

5 dari 6 halaman

Cara Mudah Hilangkan Bekas Stiker di Mobil

Dream - Dinilai mampu memberikan identitas, pemilik kendaraan sering menempel stiker di kaca maupun bodi mobil. Tak hanya itu, stiker yang dipasang juga bisa menjadi promosi produk.

Namun saat bosan melanda, pemilik mobil ingin segera mencopot stiker atau menggantinya dengan yang baru. Di sinilahmereka akan dibuat pusing.

Mencabut stiker mobil ternyata tak semudah memasangnya. Bekas lem dan bercak acapkali tertinggal dan membuat tampilan mobil tak lagi sempurna.

 

© Dream

 

Dikutip dari Liputan6.com, spesialis stiker di Mega Glodok Kemayoran, Pacman, ada trik untuk mencabut stiker di bodi mobil.

" Untuk cutting sticker yang tulisan atau gambar, kalau mau dicabut jadinya robek dan lama pengerjaannya. Cara mudahnya semprot air sabun dan dikelupas pakai cutter secara berlahan," kata pemilik Pacman, Imam, kepada Liputan6.com, Selasa 22 Januari 2020.

6 dari 6 halaman

Jangan Menggunakan Bensin

Imam menambahkan, jika sisa lem dari stiker membekas maka pemilik harus membersihkannya dengan menggunakan minyak tanah ataupun minyak kayu putih.

" Kalau masih ada sisanya, diolesin minyak tanah sedikit-sedikit sambil dilap sampai hilang bekas lemnya.

Pemilik kendaraan juga disarankan tidak menghilangkan bekas stiker yang menempel dengan bensin. Dikhawatirkan akan berbekas dan tidak bisa hilang.

“ Jangan pakai bensin, takutnya berbekas di cat bodinya atau kaca. Setelah bekas stiker hilang, baru dicuci dan mobil bersih seperti semula,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Beri Komentar