Kawasaki W175 Kena Recall di Vietnam, Bagaimana Indonesia?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 12 Agustus 2019 15:24
Kawasaki W175 Kena Recall di Vietnam, Bagaimana Indonesia?
Ada masalah di komponen sepeda motor ini.

Dream – Kawasaki Vietnam menarik 66 unit W175 produksi tahun 2018. Produsen otomotif ini menemukan ada masalah pada camshifting dan berimbas pada sektor kiri mesin.

Kawasaki Vietnam segera memperbaiki komponen ini dalam waktu 6 jam secara gratis.

Bagaimana dengan Indonesia?

Dikutip dari Otosia, Senin 12 Agustus 2019, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menyebut W175 yang dijual di Indonesia aman dari penarikan. Sebab, model motor yang dijual memiliki perbedaan teknis.

“ Ada beda. Yang di Thailand hampir mirip dengan Vietnam. Kode (mesinnya) juga berbeda,” kata Head Sales & Promotion KMI, Michael C. Tanadhi, kepada Otosia.

1 dari 5 halaman

Produksi Indonesia

KMI mengakui bahwa W175 yang beredar di Vietnam berasal dari pabrik KMI. “ Betul dari Indonesia. Beda spek,” kata dia.

Kawasaki Indonesia sendiri mengaku baru mengetahui adanya penarikan kembali W175 di Vietnam dari awak media.

Sejauh ini pihak KMI belum memberi jawaban terkait pemeriksaan atau pengecekan kembali terhadap produksi W175 di Tanah Air menyusul adanya kerusakan komponen seperti yang terjadi di Vietnam.

Indonesia sendiri merupakan negara base production W175 yang diekspor juga ke Thailand dan Filipina. Persentasenya sekitar 10-20 persen ekspor untuk kedua negara ASEAN tersebut.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi Kawasaki W175

Di Thailand sendiri W175 diluncurkan pada November tahun 2017 silam setelah Indonesia lebih dulu.

Kawasaki W175 pertama kali diluncurkan di Ancol, Jakarta Utara pada 18 November 2017 lalu. Dimensi panjang Kawasaki W175 yakni 1.930 mm, lebar 765 mm dan tinggi 1.030 mm.

Motor retro entry level Kawasaki ini mengusung mesin 4-tak 177cc yang serupa dengan Kawasaki Eliminator (EL175). Namun jantung pacu W175 sudah diberikan penyesuaian dengan kondisi jalan Indonesia.

Kawasaki W175 mampu mengeluarkan torsi yang mencapai 13,2 Nm di 6.000 rpm dan tenaga maksimal 13 hp di putaran 7.500 rpm.

3 dari 5 halaman

Berapa Harga Motor Kustom Kawasaki W 175 Jokowi?

Dream – Jokowi motoran ketika meninjau Pasar Anyar, Tangerang, Banten. Uniknya, presiden bernama lengkap Joko Widodo ini mengendarai motor kustom Kawasaki W 175.

Modifikasi motor itu digarap oleh Katros Garage. Menurut sang builder, Andri Akbar alias Atenx, kendaraan ini tak beda jauh dengan motor custom milik Jokowi yang terdahulu.

“ Jadi, modelnya akan jauh beda dari yang awal. Dari aliran gaya sudah berbeda. Kalau yang tracker, misalnya, sekarang jadi board tracker. Genre-nya berubah,” kata Andri Akbar, dikutip dari Liputan6.com.

 Jokowi naik motor kustom Kawasaki W 175.

Atenx mengatakan, motor kustom ini mengambil basis Kawasaki 175. Warna hijaunya tetap dipertahankan.

“ Jadi, enggak pakai shock belakang. Frame banyak berubah. Tapi, shock breaker depan tetap up side down,” kata dia.

 Jokowi naik motor kustom Kawasaki W 175 (2).

Menurut Atenx, shocker breaker depan upside down dipakai sama seperti aslinya. Sehingga pelat nomor kendaraan tidak rusak terkena shock breaker ketika motor sedang dijalankan.

4 dari 5 halaman

Berapa Harganya?

Motor kustom ini berada di bawah Chopperland. Tapi berapa harganya?

“ Ada bujet, tapi rahasia. Yang pasti di bawah Chopperland,” kata dia.

 Jokowi naik motor kustom Kawasaki W 175 (3).

Sepeda motor ini, kata Atenx, juga dilengkapi dengan unsur-unsur standar lalu lintas, seperti pelat nomor, lampu sien, dan lampu rem.

Sumber: Liputan6.com/Septian Pamungkas, Arief Aszhari

 

5 dari 5 halaman

Buatan Bogor, Terkuak Harga Helm Jokowi Saat Tunggangi Kustom Kawasaki W 175

Dream – Presiden Joko Widodo akhir pekan kemarin sempat menyalurkan hobinya menunggangi motor. Kali ini presiden yang karib disapa Jokowi itu terlihat menunggangi motor kustom Kawasaki W 175 untuk mengunjungi pasar tradisional di Tangerang, Banten.

Seperti para biker lain, Jokowi juga melengkapi diri saat menunggangi kuda besi itu dengan mengenakan helm. Menyesuaikan dengan gaya klasik motornya, Jokowi memilih helm bergaya retro.

Helm model half face yang dikenakan Jokowi ternyata buatan lokal. Dilihat dari stiker di depannya, terdapat tulisan Cargloss. 

Dikutip dari laman Cargloss Helmet, Senin 5 November 2018, helm yang digunakan adalah CF Black Doff Cargloss Army.

 CF Black Doff Cargloss Army.

Helm hitam ini dibanderol seharga Rp200 ribu. Meskipun harganya murah, helm tersebut sudah mengantongi Sertifikat Nasional Indonesia (SNI).

Sekadar informasi, helm tersebut diproduksi di Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting