Diskon PPnBM Bikin Produsen Mobil Kewalahan?

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 16 April 2021 06:16
Diskon PPnBM Bikin Produsen Mobil Kewalahan?
Karena PPnBM, pemesanan kendaraan melesat hingga 190 persen.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kebijakan PPnBM mendorong penjualan produk otomotif. Disebutkan bahwa pemesanan kendaraan melesat hingga 190 persen.

Melihat angka ini, dia menyebut industri otomotif kewalahan.

“ Untuk purchase order-nya ada 190 persen. Artinya, harus inden. Artinya ini yang memproduksi kewalahan. Artinya, industri otomotif sudah bangkit kembali,” kata Jokowi dalam sambutan virtual untuk Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021, Kamis 15 April 2021.

Ilustrasi© Shutterstock

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menambahkan produsen otomotif sudah diingatkan tentang prediksi lonjakan permintaan.

Lonjakan permintaan yang tidak diimbangi dengan pasokan mobil akan berujung kepada inden mobil yang lama. “ Ini yang kita cermati,” kata Agus.

“ Sejak awal kita prediksi akan kewalahan. Ada gap antara demand dan supply,” kata dia.

1 dari 3 halaman

Diskon PPnBM Bikin Penjualan Daihatsu Makin Ngegas di Q1-2021Dream – Penjualan mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terdongkrak dengan adanya program diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang diberlakukan pemerintah. Sepang periode Januari-Mar

Dream – Penjualan mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terdongkrak dengan adanya program diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang diberlakukan pemerintah. Sepang periode Januari-Maret 2021, Daihatsu telah menjual sebanyak 30 ribu unit kendaraannya.

“ Pasar otomotif pada Maret 2021 naik signifikan karena dampak PPnBM. Daihatsu bersyukur dapat bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan pasar Indonesia,” kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 13 April 2021.

Insentif yang diberikan pemerintah sejak Maret 2021 dilaporkan telah kembali menggairahkan industri otomotif. Dikatakan bahwa pasar otomotif naik signifikan dengan volume 77 ribu unit.

Dampak positif ini juga dirasakan dengan Daihatsu yang menjual kendaraan sebanyak 12 ribu unit pada bulan lalu.

“ Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung,” kata Amelia.

2 dari 3 halaman

Mana Mobil yang Paling Laku?

Amelia mengatakan secara total pada kuartal 2021, penjualan otomotif di pasar nasional sebanyak 178 ribu unit. Dengan penjualan Daihatsu 30 ribu unit, pangsa pasarnya menjadi 17 persen.

Penjualan ritel sales Daihatsu pada kuartal I ini didominasi oleh tiga model utama. Pertama, ada Gran Max Pick Up yang terjual sebanyak 9.268 unit. Kedua, Sigra yang laku 6.934 unit. Ketiga, Terios yang terjual 4.491 unit.

Sementara itu, penjualan wholesales juga meningkat untuk mengantisipasi permintaan pasar yang melonjak. Ketiga model yang paling diminati adalah Gran Max sebanyak 10.256 unit, Sigra 9.688 unit, dan Ayla 5.100 unit.

“ Dikarenakan masyarakat Indonesia tengah menikmati fasilitas diskon pajak dari pemerintah,” kata dia.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Mobil Listrik Murah Wuling, Cuma Rp83 Jutaan

Dream – Tempo lalu, GM-SAIC-Wuling merilis sebuah mobil listrik, yaitu Wuling Hong Guang Mini EV. Kini, kendaraan itu bernama Macaron.

Dikutip dari Carscoops, Selasa 13 April 2021, mobil listrik ini memiliki tiga varian warna, yaitu avocado green, lemon yellow, dan white peach pink. Pengecatan kendaraan ini dilakukan oleh Pantone Universe.

Tak hanya warnanya yang chic, harga Macaron terbilang miring. Satu unitnya dibanderol seharga 37.600 yuan-43.600 yuan (Rp83,74 juta-Rp97,1 juta).

Lalu Apa Fiturnya?

Macaron memiliki dimensi panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm dan tinggi 1.621 mm. Mobil ini memiliki empat kursi penumpang dengan formasi 2+2.

Kursi di baris kedua bisa dilipat. Ini bisa meningkatkan kapasitas bagasi dari 0 liter menjadi 741 liter.

Kendaraan ini bisa menghasilkan kekuatan 27 HP dan torsi 85 Nm. Baterai mungil ini, kalau diisi penuh, bisa menempuh jarak hingga 170 km.

Tak hanya itu, pemilik kendaraan bisa mengawasi pengisian daya secara terpisah. Mobil listrik ini bisa melaju hingga 100 km per jam. 

Beri Komentar