Keren! SUV Konsep Mitsubishi Ini Bisa `Tenggak` Minyak Tanah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 24 Oktober 2019 18:24
Keren! SUV Konsep Mitsubishi Ini Bisa `Tenggak` Minyak Tanah
Mobil ini bisa mengkonsumsi beragam bahan bakar.

Dream – Ajang pameran otomotif paling dinanti, Tokyo Motor Show (TMS) 2019, kembali dihelat. Berbagai mobil teranyar dipamerkan pabrikan dunia. Beberapa diantaranya mengusung sejumlah mobil konsep dengan ide-ide menarik. 

Salah satu mobil konsep yang dipamerkan adalah sebuah mobil SUV unik dari Mitsubishi. Mobil ini diberi nama MI-Tech Concept.

Salah satu kelebihan mobil konsep Mitsubishi ini adalah “ menenggak” semua jenis BBM mulai dari diesel sampai minyak tanah.

“ Ini adalah sebuah SUV listrik untuk bertualang dan dengannya menjadi mobil harian maupun untuk liburan,” kata CEO Mitsubishi Motor Corp, Takao Kato, di Tokyo kepada Otosia, dikutip dari Otosia, Kamis 24 Oktober 2019,

Kato mengatakan mobil ini juga memanfaatkan sistem gas turbin dengan dukungan mesin listrik. Dia menggunakan generator turbin gas yang ringan.

1 dari 5 halaman

Bisa `Konsumsi` Minyak Tanah

Turbin gas tak hanya bisa mengkonsumsi bensin, tetapi diesel, minyak tanah, dan alkohol. Bahan bakar ini bisa dipilih bergantung kepada daerah.

" Bahan bakar kualitas berbeda bukan masalah buat kami, untuk di beberapa negara mana bahan bakar yang populer di negara tersebut, mana yang gas buangnya lebih baik," kata dia.

Kato mengatakan manfaat lain dari turbin gas adalah pembakaran yang rendah suhu dan tekanan sehingga ada sedikit emisi gas berbahaya seperti nitrogen oksida (Nox).

2 dari 5 halaman

Kapan Dirilis?

Kato menambahkan, sistem 4WD dengan teknologi S-AWC telah berevolusi dengan output yang lebih tinggi. Sistem 4WD empat motor menginstal dua unit Dual Motor untuk bagian depan dan belakang.

Lalu, kapan mobil ini akan dihadirkan? Dia hanya memberikan jawaban singkat.

“ Kita lihat lima tahun ke depan seperti apa. Kalau untuk sekarang ini, belum kami putuskan,” kata Senior Vice President Mitsubishi Motor Corporation, Hiroshi Nagaoka. 

3 dari 5 halaman

1.747 Mitsubishi Triton Ditarik Gara-gara Baut dan Mur

Dream – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menarik kembali 1.747 unit Mitsubishi Triton keluaran 2015—2016. Distributor mobil Mitsubishi ini menyebut baut dan mur side foot step shade Triton bermasalah.

Dikutip dari laman MMKSI, Jumat 18 Oktober 2019, President Director MMKSI, Naoya Nakamura, mengatakan komponen side footstep shade berpotensi terlepas atau jatuh. Hal ini disebabkan pengait (rivet) side foot step shade pada kendaraan terputus akibat korosi.

“ Kami berupaya untuk terus menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna luas yang berkualitas,” kata Nakamura di Jakarta.

 

 

MMKSI telah melayangkan surat undangan perbaikan mobil kepada konsumen Triton. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya untuk perbaikan komponen baut dan mur mobil. Perbaikannya akan makan waktu selama 1,5 jam.

“ Kampanye ini akan dimulai tanggal 18 Oktober 2019 di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia,” kata dia.

Nakamura melanjutkan, konsumen bisa menghubungi diler kendaraan penumpang Mitsubishi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Konsumen juga bisa mem-booking layanan perbaikan di diler resmi.

4 dari 5 halaman

14.051 Mitsubishi Xpander di Vietnam Ditarik Karena Pompa Bahan Bakar

Dream – Ada kabar kurang sedap dari Mitsubishi Xpander. Sebanyak 14.051 unit Xpander buatan Indonesia ditarik kembali dari pasar Vietnam.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 3 Oktober 2019, Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) menarik belasan ribu Xpander yang diproduksi di Cikarang, Indonesia pada periode 14 Agustus 2018 dan 26 Agustus 2019.

Penarikan ini bertujuan untuk memperbaiki pompa bahan bakar low MPV itu.

 

 

President Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, mengetahui keputusan recall Xpander di Vietnam. Dia memastikan Xpander yang beredar di Indonesia aman untuk dikendarai.

“ Saat ini, kami belum punya rencana recall di pasar Indonesia. Tapi, jika konsumen memiliki masalah yang sama, yang mana kami tidak berharap terjadi di Indonesia, kami dengan senang hati mendengarnya," jelas Nakamura saat berbincang dengan wartawan di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

5 dari 5 halaman

Akan Tarik Produk Jika Ada yang Bermasalah

Nakamura memastikan perusahaan dengan senang hati melakukan penanganan langsung terhadap konsumen yang merasa mengalami masalah seperti dialami di pasar Vietnam. Ini dilakukan karena Mitsubishi selalu memperhatikan keselamatan untuk konsumen.

" Jadi, segera setelah konsumen mengeluhkan itu kami akan langsung menanganinya. Namun hingga saat ini, kami tidak menemukan apapun masalah itu di Indonesia," kata Nakamura.

Sebagai informasi, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), sebagai induk usaha MMV, mulai memasarkan Xpander ke Vietnam pada tahun lalu, sejak mobil ini pertama diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat, pada 2017. Selain Vietnam, small MPV ini juga diekspor ke Filipina dan Thailand.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

 

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?