Kereta MRT Jakarta Diberi Nama Ratangga, Ini Maknanya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 11 Desember 2018 13:44
Kereta MRT Jakarta Diberi Nama Ratangga, Ini Maknanya
Namanya berasal dari bahasa Jawa Kuno.

Dream - PT MRT Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan nama Ratangga untuk kereta MRT rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Lebak Bulus. Nama tersebut diambil dari bahasa Jawa kuno. 

" Kemarin gerbong-gerbong kereta baru MRT resmi menyandang nama RATANGGA. Jenis sistem/ moda transportasinya adalah MRT yaitu Moda Raya Terpadu, nama kendaraan yang kita naiki adalah RATANGGA," tulis dia dikutip dari akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Selasa 11 Desember 2018.

Anies menjelaskan nama Ratangga berasal dari kitab Arjuno Wijaya dan Sutasoma karya Mpu Tantular.

" Dalam bahasa Jawa kuno, Ratangga artinya kereta perang yang identik dengan ketangguhan, kekuatan, dan kejuangan," tulis dia.

Menurut Anies Ratangga memiliki pesan jelas. Nama ini menunjukkan MRT akan selalu teguh dan kuat untuk mengangkut para penumpang di kawasan ibukota.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan pembuatan MRT ini melibatkan putra-putri Indonesia yang tangguh dan dipenuhi oleh semangat juang.

" Ratangga tidak hanya meningkatkan mobilitas, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara, perubahan gaya hidup masyarakat di kawasan ibu kota dengan kenyamanan bepergian menggunakan kendaraan umum," tulis dia.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ma'ruf Amin Sebut Standar Halal Indonesia Jadi Contoh Dunia