Kereta MRT Jakarta Diberi Nama Ratangga, Ini Maknanya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 11 Desember 2018 13:44
Kereta MRT Jakarta Diberi Nama Ratangga, Ini Maknanya
Namanya berasal dari bahasa Jawa Kuno.

Dream - PT MRT Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan nama Ratangga untuk kereta MRT rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Lebak Bulus. Nama tersebut diambil dari bahasa Jawa kuno. 

" Kemarin gerbong-gerbong kereta baru MRT resmi menyandang nama RATANGGA. Jenis sistem/ moda transportasinya adalah MRT yaitu Moda Raya Terpadu, nama kendaraan yang kita naiki adalah RATANGGA," tulis dia dikutip dari akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Selasa 11 Desember 2018.

Anies menjelaskan nama Ratangga berasal dari kitab Arjuno Wijaya dan Sutasoma karya Mpu Tantular.

" Dalam bahasa Jawa kuno, Ratangga artinya kereta perang yang identik dengan ketangguhan, kekuatan, dan kejuangan," tulis dia.

Menurut Anies Ratangga memiliki pesan jelas. Nama ini menunjukkan MRT akan selalu teguh dan kuat untuk mengangkut para penumpang di kawasan ibukota.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan pembuatan MRT ini melibatkan putra-putri Indonesia yang tangguh dan dipenuhi oleh semangat juang.

" Ratangga tidak hanya meningkatkan mobilitas, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara, perubahan gaya hidup masyarakat di kawasan ibu kota dengan kenyamanan bepergian menggunakan kendaraan umum," tulis dia.

1 dari 2 halaman

Kok Nggak Pakai Nama dari Bahasa Asing?

Anies mengatakan nama MRT tidak sembarangan. Dia ingin nama yang dipilih membawa pesan yang jelas dan mengutamakan dari bahasa yang ada di Indonesia. 

" Setiap nama harus punya makna, setiap makna harus bawa pesan. Itu arahan dan pedoman bagi seluruh jajaran di DKI. Dan gunakan bahasa kita sendiri," tulis dia.

Anies mengatakan pihaknya terus mencari kata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Di sini ada 668 bahasa daerah yang kosa katanya bisa dijadikan inspirasi nama.

" Ibu kota berkomitmen untuk menggunakan dan memperkaya bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia," tulis dia.

Bahkan, Anies akan menggunakan 54 kosa kata baru untuk peristilahan dalam sistem MRT. Misalnya " Mesin Penambah Saldo" untuk mesin " Add Value Machine" . Dia mengharapkan akar budaya Indonesia tetap terlihat di bidang teknologi dan dirasakan oleh warga DKI Jakarta.

" Kelak saat seluruh warga bisa menggunakan maka akan terasa bahwa teknologi dan pengelolaan harus kelas dunia tapi penamaan dan akar budayanya adalah tetap Indonesia," tulis dia.

2 dari 2 halaman

Ini Foto-fotonya

      View this post on Instagram

Nama Ratangga diambil dari puisi dalam kitab Arjuna Wijaya dan kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Dalam bahasa Jawa kuno, Ratangga artinya kereta perang yang identik dengan ketangguhan, kekuatan dan kejuangan.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Kemarin gerbong-gerbong kereta baru MRT resmi menyandang nama RATANGGA. ⁣⁣Jenis sistem/ moda transportasinya adalah MRT yaitu Moda Raya Terpadu, nama kendaraan yang kita naiki adalah RATANGGA. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Setiap nama harus punya makna, setiap makna harus bawa pesan. Itu arahan dan pedoman bagi seluruh jajaran di DKI. Dan gunakan bahasa kita sendiri.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Kita harus terus menerus mencari kata dari Bahasa Indonesia dan bahasa dari SELURUH Indonesia. 668 bahasa daerah menjadi sumber kosa kata amat kaya. Ibu kota berkomitmen menggunakan dan memperkaya bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Dalam sistem perkeretaan MRT ini, telah digunakan 54 kosa kata baru utk seluruh peristilahannya. Misalnya “Add Value Machine” dinamai “Mesin Penambah Saldo”. Seluruh penamaaannya menggunakan Bahasa Indonesia. Kelak saat seluruh warga bisa menggunakan maka akan terasa bahwa teknologi dan pengelolaan harus kelas dunia tapi penamaan dan akar budayanya adalah tetap Indonesia.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Dari nama Ratangga pesannya jelas, bahwa di sini ada kekuatan, ada perjuangan. Ratangga akan selalu teguh dan kuat mengangkut para pejuang kawasan Ibu kota (Jabodetabek) yg sedang berikhtiar untuk mewujudkan kehidupan yg lebih baik. Dan yg terlibat di dalam proses pembangunannya adalah putra-putri Indonesia yg tangguh, penuh dengan semangat juang.⁣ ⁣⁣⁣ Ratangga tidak hanya meningkatkan mobilitas, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara, perubahan gaya hidup masyarakat di kawasan ibu kota dengan kenyamanan bepergian menggunakan kendaraan umum. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Kemarin, direksi meminta saya menuliskan pesan di poster peresmian. Secara spontan saya tuliskan: “Dari gagasan pejuang, dilaksanakan oleh putra-putri bangsa yang tangguh, hadir monumen baru yang memancarkan semangat kerja keras dan cerdas. Di sini kata Ratangga menemukan personifikasinya. Selamat untuk semua yang terlibat dan memanfaatkannya.”⁣⁣ ⁣⁣ #MRTJakarta⁣⁣ #JakLingko⁣⁣ #Ratangga⁣⁣ ⁣⁣

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Beri Komentar
Summer Style 2019