Kesengsem Rupa-rupa 'Mantra' Xpander

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 18 November 2021 18:56
Kesengsem Rupa-rupa 'Mantra' Xpander
Dalam perjalanan pertualangnya wara-wiri, Xpander punya banyak 'mantra' yang membuat konsumen sengsem.

Dream - Empat tahun sudah Xpander wara-wiri. Di usia belia, Low MPV andalan Mitsubishi itu sudah mengeluarkan banyak 'mantra' untuk merongrong mobil sejuta umat, Avanza-Xenia.

Dominasi si kembar Avanza-Xenia perlahan goyah di segmennya. Bahkan sempat turun dari singgasana mobil LMPV terlaris--kelas ini populasi mobil paling banyak di Tanah Air--digusur Xpander.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

Tahun demi tahun, peminat Xpander makin banyak. Bahkan kini Mitsubishi sudah langganan masuk urutan 10 besar penjualan tertinggi kendaraan roda empat di Tanah Air.

Tercatat total populasi Mitsubishi Xpander sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 hingga Juli 2021 mencapai angka 210.000 unit.

Kesuksesan itu tidak datang dalam sekejap mata. Begitu juga dengan Mitsubishi yang mencatat prestasi melalui Xpander. Munculnya mobil ini dihadapan publik empat tahun lalu juga buah dari perencanaan matang dalam waktu panjang.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

Lahirnya Xpander berawal dari debut Mitsubishi XM Concept di Agustus 2016. Kala itu Mitsubishi dengan tegas menyatakan sedang meracik sebuah mobil MPV buat konsumen di Indonesia. Menariknya, versi produksinya tidak jauh berbeda dengan versi konsep.

Dalam perjalanannya, Xpander punya banyak 'mantra' yang membuat konsumen sengsem. Tak hanya bicara soal fitur dan desain menarik, mereka terus melakukan penyempurnaan dengan lahirnya varian-varian baru.

Yup, Mitsubishi tahu betul perlu ada strategi khusus, jika tidak tentu Xpander akan sulit bersaing dengan kompetitor yang sudah matang di kelas.

 

1 dari 3 halaman

Dimulai dari setahun setelah peluncurannya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) langsung menyempurnakan kelengkapan varian Mitsubishi Xpander.

Awalnya hanya ada varian GLX manual, GLS manual, Exceed Manual, Exceed Otomatis, Sport Otomatis dan Ultimate, mereka tambah vairan baru GLS otomatis dan Sport manual.

Mitsubishi Xpander© Deki Prayoga/Dream.co.id

Setahun kemudian, pabrikan Jepang berlogo Tiga Berlian itu menghadirkan Mitsubishi Xpander Limited di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Label edisi terbatas tentu beda dari Mitsubishi Xpander lainnya terutama dari dari sisi kenyamanan dan kemewahan interior serta tampilan eksterior.

Pada 2020, Mitsubishi Xpander kembali mendapatkan sentuhan baru. Lebih mewah. Lampu juga diganti jadi lampu LED. Velg juga mulai diberikan sentuhan dua warna yang membuat tampilan jadi istimewa, dan antena diganti menjadi sirip hiu.

Diskon PPnBM 50 Persen, Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Jadi Berapa?© MEN

Di bagian interior sudah dilengkapi head unit baru yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar. Begitu juga dengan hadirnya tombol cruise control di palang kemudi.

Masih di tahun yang sama, mereka juga menghadirkan Xpander model spesial, Xpander Black Edition. Model Xpander yang dikembangkan basis varian Exceed A/T dan Exceed M/T. Ubahan yang disematkan pada Xpander Black Edition meliputi segi eksterior dan interior yang didominasi aksen hitam.

Mitsubishi Xpander Black Edition© Istimewa

Di awal 2021, mereka menyuguhkan Mitsubishi Xpander Black Edition Rockfor Fosgate. Berbekal tampilan yang didominasi warna hitam Mitsubishi Xpander dibekali dengan tata suara premium dari Rockforf Fosgate.

2 dari 3 halaman

Yang terbaru, Mitsubishi Xpander facelift hadir di ajang GIIAS 2021. New Xpander menggoda dengan berbagai perubahan mulai eksterior, interior hingga penambahan fitur baru.

Bodi secara keseluruhan tidak ada perubahan, namun ada beberapa detail yang menjadi 'mantra' guna mempertegas kehadiran Xpander baru 2021 di Indonesia.

New Xpander© Istimewa

New Xpander hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan desain Dynamic Shield sehingga membuat tampilannya lebih gagah, modern dan mewah, yang meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif.

Xpander generasi terbaru tampil lebih modern dan gagah dengan bentuk lampu projector LED berbentuk T-Shape serta Daytime Running Light (DRL) yang terkesan sipit.

New Xpander© Istimewa

Pembaruan eksterior terdapat pada New Front Bumper Design, New T- Shape Headlight with LED1, New Rear Design, New T-Shape LED Tail-light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, New 17” Two Tone Alloy Wheel2.

Pada bagian kabin, New Xpander menawarkan kemewahan dan kenyamanan serta ruang interior yang luas dengan berbagai macam tempat penyimpanan serbaguna, serta pilihan konfigurasi kursi terdepan di kelasnya, memberikan kemudahan dan utilitas maksimal.

3 dari 3 halaman

Di samping itu, tersedia transmisi manual dan matik jenis CVT (membuat ubahan gigi makin halus) meninggalkan jenis A/T 4-percepatan di generasi sebelumnya. Ada juga penyempurnaan sektor suspensinya.

" Jadi kami menganggap bahwa model ini sangat layak sekali untuk diperkenalkan di Indonesia, khusus untuk saat ini," komentar President Director PT MMKSI Naoya Nakamura saat peluncuran virtual New Xpander, belum lama ini.

New Xpander© Istimewa

Xpander terbaru bisa dikatakan lebih berkelas berkat fitur terbaru yaitu, electric parking brake (rem tangan elektrik) plus brake auto hold (BAH) yang mengganti model tarik untuk mengunci roda-roda.

Fitur-fitur seperti itu biasanya mayoritas pada mobil-mobil harga di atas Rp350 juta, seperti Mitsubishi Pajero Sport. Mitsubishi juga menghadirkan fitur auto stop and go yang mampu memadamkan mesin secara otomatis pada saat mobil berhenti usai pedal rem diinjak.

Xpander dan New Xpander Cross Foto by deki prayoga© © 2021 https://www.dream.co.id

Mitsubishi New Xpander tersedia dalam enam pilihan warna, yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Deep Bronze Metallic, Red Metallic, dan Graphite Gray Metallic.

New Mitsubishi Xpander dipasarkan dengan harga normal mulai Rp249,93 juta hingga Rp299,77 juta. Sedangkan harga setelah diskon PPnBM 100 persen adalah mulai Rp228,03 juta hingga Rp272,58 juta.

Dengan penyempurnaan ini, jelas Xpander tak cuma modal tampang saja!

Beri Komentar