`Mesin ATM` Berisi Mobil, Langsung Bawa Pulang Usai Bayar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 23 Agustus 2019 06:49
`Mesin ATM` Berisi Mobil, Langsung Bawa Pulang Usai Bayar
Dan cukup dengan menempelkan kartu. Canggih!

Dream – Biasanya, sebuah akan memajang mobil koleksinya di sebuah ruangan agar bisa langsung dilihat calon pembeli. Yang lebih canggih, mereka akan menggunakan platform e-commerce untuk menjual kendaraan.

Namun sebuah diler di Inggris bosan dengan teknik jualan seperti itu. Mereka melangkah lebih jauh dengan menjual mobil di vending machine layaknya sebuah mesin ATM. 

Dikutip dari Carscoops, Jumat 23 Agustus 2019, diler mobil Auto Trader baru saja memperkenalkan mesin ATM untuk membeli mobil di London, Inggris. Dengan mesin itu, pembeli bisa langsung membeli mobil bahkan membawanya pulang di hari yang sama.

Instalasi mesin ini bisa digunakan pengguna yang ingin membeli mobil dengan harga hingga 21 ribu poundsterling atau sekitar Rp364,09 juta. Tentu saja konsep jual beli mobil ini bebas tawar-menawar. Artinya, kamu bisa membeli mobil dan langsung melaju dengan kendaraan itu.

Pembeliannya pun dilakukan dengan satu sentuhan kartu.

Diketahui, tim yang terdiri dari enam orang insinyur memerlukan waktu enam bulan untuk merancang dan membangun dispenser mobil tanpa kontak yang dilengkapi dengan sistem penjualan khusus, pelepasan kunci, pembayaran terintegrasi, sampai mekanisme pelepasan pintu.

1 dari 8 halaman

Isinya Renault Zoe

Di mesin ini, terdapat satu unit mobil Renault Zoe. Di Inggris, kendaraan ini menjadi mobil listrik yang paling dicari.

Dalam sebulan, sudah ada 463.277 pencarian tentang mobil listrik ini di Auto Trader. Disebutan bahwa mobil ini dibanderol seharga 16 ribu poundsterling (Rp277,4 juta).

Dilaporkan bahwa 7 dari 10 orang Inggris berpikir harganya akan lebih jelas dan konsisten jika dijual secara online.

“ Membeli mobil baru adalah pengalaman yang menyenangkan. Tapi, sering kali ternoda oleh kegelisahan di sekitar untuk tawar-menawar dan mencari harga yang tepat,” kata diler Auto Trader.

“ Satu-satunya perbedaan adalah Renault Zoe bisa dibeli dengan satu sentuhan kartu, menguji selera pembeli mobil di London untuk mobil listrik serta masa depan pembelian yang lebih instan,” kata Auto Trader. 

2 dari 8 halaman

MPV Murah Renault Calon Pesaing Avanza Resmi Diluncurkan

Dream – Renault merilis mobil LMPV terbarunya, Renault Triber, di New Delhi, India. Mobil low MPV ini akan bersaing dengan Datsun Go+ di India.

Di Indonesia, mobil MPV murah ini digarang-gadang bakal menjadi 

Dikutip dari Autocar India, Kamis 20 Juni 2019, Triber menggunakan platform CMF-A. Platform ini juga digunakan oleh Renault Kwid dan Datsun RediGo.

Triber memiliki lampu utama baru, grille anyar, dan lencana besar di tengah.

Mobil merek Perancis ini rencananya akan dijual seharga 530 ribu rupee atau Rp108,02 juta.

3 dari 8 halaman

Bagaimana dengan Interior?

Jika dilihat dari interiornya, Renault Triber memiliki skema warna dual tone, layar LCD 3,5 inci dan infotainment layar sentuh 8 inchi. Sistem hiburannya menampilkan Apple Carplay dan Android Auto.

Triber memiliki tujuh kursi yang terbagi menjadi tiga baris. Baris kedua bisa diatur secara horizontal dan dilengkapi dengan sandaran. Pada baris ketiga, ada ventilasi AC khusus, sandaran tangan, dan soket pengisi daya.

Kursi ketiga bisa ditekuk untuk memberikan ruang yang ekstra.

4 dari 8 halaman

Untuk Sistem Keamanan dan Mesin?

Untuk keselamatan, Renault menyematkan fitur airbag depan ganda. Produsen otomotif ini juga memberikan fitur pengereman Antilock Braking System (ABS).

Triber juga mempermudah pengendara memarkir mobil dengan sensor parkir velakang. Plus, ada sistem peringatan kecepatan. Fitur kamera mundur ada di mobil Triber varian yang lebih tinggi.

Sementara itu, mobil ini menggendong mesin tiga silinder berkapasitas 1 liter. Mesin itu bisa menghasilkan kekuatan 72 hp dan torsi 96 Nm. Mobil ini tersedia untuk transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan.

Rencananya, Triber juga akan dibekali dengan mesin turbocharger 1 liter.

5 dari 8 halaman

Bakal Dirilis di Indonesia

Rencananya, Renault Triber akan dirilis di Indonesia. Peluncurannya bertepatan dengan acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

MPV murah Renault Triber siap diboyong PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) untuk memeriahkan pasar otomotif Tanah Air pada Juli mendatang. Memiliki kapasitas tujuh penumpang, mobil tersebut akan diperkenalkan pada pameran otomotif GIIAS 2019.

" Namanya tetep Triber. Tanggal 19 Juni kan meluncur di India, untuk Indonesia di GIIAS. Jadi memang sebulan setelah negara asal," kata Chief Operating Officer MRI, Davy J Tuilan, dikutip dari Liputan6.com.

6 dari 8 halaman

Apa Saja Fiturnya Nanti?

Meski sudah membocorkan kapan Renault Triber akan menyapa konsumen di Tanah Air, Davy masih enggan mengungkapkan spesifikasi dan fitur-fitur unggulan yang terdapat pada mobil dikelas Low MPV tersebut.

" Spesifikasi, fitur enggak ada perbedaan. Malah kalau bisa lebih bagus. Kami juga meinginkan sesuatu yang lebih baik," kata dia.

Di Indonesia, mobil ini akan berhadapan dengan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza.

(Sumber: Liputan6.com/Arief AszhariAuto Car India)

7 dari 8 halaman

Harga Ramah Kantong, Renault Triber Siap Tantang Mobil Murah

Dream – Agya, Ayla da Datsun harus bersiap menghadapi pesaing baru. Di ajang GIIAS 2019 (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019. Renault memperkenalkan Triber yang digadang bakal dijual dengan harga ramah kantong. 

“ yang pasti harganya akan menarik dengan mobil dikelasnya bahkan bersaing dengan LCGC,” COO PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), Davy J. Tuilan, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat 19 Juli 2019.

Davy menegaskan sampai saat ini perusahaan memang belum bisa mengumumkan harga jual Renault Triber. Namun dia memastikan mobil model low multi purpose vehicle (LMPV) punya harga ramah di kantong untuk segmen kendaraan tujuh penumpang.

Meski belum memasang harga jual, Davy mengatakan, Renaul Triber sudah bisa dipesan dengan memberikan uang tanda jadi.

Hingga saat ini, Renault Triber sudah mendapat pesanan dari 600 calon konsumen yang menyatakan berminat dengan mobil 7-seater itu.

“ Peminat sudah bisa melakukan pemesanan dengan uang tanda jadi, Rp3 juta,” kata dia.

8 dari 8 halaman

Distribusi Akhir Tahun

Lalu, kapan mobil bisa didistribusikan? Renault menargetkan penyaluran mobil ini dilakukan pada akhir tahun.

“ Kami mendistribusikannya Desember 2019,” kata dia.

Davy mengatakan mobil ini dikirim langsung dari India. Model sejatinya merupakan MPV 5+2 kursi. Baris ketiga bisa dilepas sehingga bisa menambah ruang tambahan di kompartemen bagasi.

 

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie