Selain Bohlam, Ini Penyebab Lampu Motor Padam

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 2 Agustus 2019 09:36
Selain Bohlam, Ini Penyebab Lampu Motor Padam
Bohlam bukan satu--satunya penyebab lampu putus.

Dream - Lampu utama sepeda motor menjadi salah satu komponen penting dan harus berfungsi dengan baik. Tanpa lampu, sepeda motor akan rawan mengalam kecelakaan karena berkendara dalam keadaan gelap.

Dikutip dari Otosia, Kamis 1 Agustus 2019, pengendara motor harus menjaga lampu utama agar tetap menyala. Kadang, masalah teknis muncul.

Lampu utama sewaktu-waktu bisa mati seiring pemakaian. Biasanya kita akan langsung menyalahkan bohlam yang sudah tak berfungsi

Namun kamu harus tahu jika lampu utama motor tak melulu karena bohlam putus. Kadang juga ada masalah teknis lainnya, yaitu bagian sakelar.

Hal ini disebabkan karena sakelar rawan kemasukan air, apalagi saat musim hujan.

Jadi, kalau lampu motormu tiba-tiba mati, segera periksa sakelarnya, ya. Semoga bermanfaat!

1 dari 5 halaman

Ingin Kunci Kontak Motor Awet, Lakukan 4 Hal Ini

Dream – Soal perawatan kendaraan bermotor, pemilik kerap terlalu fokus pada mesin. Bagian-bagian lain seperti terabaikan padahal punya fungsi sangat vital.

Salah satu bagian motor yang sangat penting namun kerap diabaikan adalah kunci kontak. Karena jarang diperhatikan, kinerja kunci kontak jadi bermasalah, entah longgar atau malah macet. 

Kunci kontak hilang saat berkendara karena longgar tentu jadi masalah. Apalagi macet saat akan berkendara, emosi bisa meledak. 

Makanya, kamu perlu rutin merawat kunci kontak. Caranya tidak sulit dan kamu hanya membutuhkan waktu sebentar kok. 

Berikut tips merawat kunci kontak supaya awet, dikutip dari Suzuki.

2 dari 5 halaman

Tutup Lubang Kunci

Selalu Tutup Lubang Saat Kunci Dilepas

Motor rakitan 2012 ke atas hampir semuanya sudah dilengkapi dengan tutup lubang kunci. Bahkan untuk motor yang tahun rakitan terbaru, lubang kunci sudah dilengkapi penutup otomatis. 

Selain agar lebih aman, penutup juga berfungsi untuk mencegah air dan debu masuk ke lubang kunci.

Ingat, air dan debu yang masuk pada lubang kunci bisa menimbulkan aus dan karatan. Karat bisa mengganggu kinerja kunci. 

Semprotkan Cairan Pelumas

Sesekali, lumasi lubang kunci dengan cairan penetran. Ini akan membuat kunci kontak bisa tetap berfungsi normal. Tetapi, ingat ya, jangan pakai oli bekas karena justu bisa mengotori lubang kunci kontak.

3 dari 5 halaman

Jangan Paksakan Kunci Macet!

Kunci Macet? Jangan Dipaksakan!

Jangan sekali-kali memaksa memutar kunci kontak saat tiba-tiba macet. Ini berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar.

Jika kunci macet, coba semprotkan cairan pelumas atau tetesi sedikit minyak. Tunggu beberapa menit lalu coba putar kunci pada posisi ON dan OFF beberapa kali. Ingat, jangan memakai oli bekas ya.

Pakai Gantungan Kunci yang Ringan

Gantungan berfungsi untuk membantu pemilik kendaraan lebih mudah menemukan kunci saat lupa letaknya. Tetapi, gantungan kunci yang terlalu berat bisa membuat lubang menjadi longgar.

4 dari 5 halaman

Sering Dengar Komponen Relay Motor? Ternyata Ini Fungsinya

Dream – Ketika mendengar nama relay, hal pertama yang dibayangkan adalah bagian kelistrikan sepeda motor. Komponen yang satu ini sering menjadi perhatian utama saat kamu memodifikasi kelistrikan, mulai dari ganti klakson sampai lampu sein.

Mengutip laman Suzuki, Rabu 17 Juli 2019, secara umum relay bertugas untuk menjaga kestabilan daya listrik yang digunakan oleh komponen kelistrikan.

Saat mengganti klakson atau lampu LED atau HID, kamu wajib memasang relay. Cara kerjanya cukup sederhana.

Komponen itu bertugas untuk memutus dan menghubungkan arus, sama seperti saklar. Bedanya, tugas itu dilakukan dengan sangat cepat dan otomatis.

 Berkenalan dengan Relay Motor, Apa Saja Fungsinya?

5 dari 5 halaman

Dua Komponen Utama Relay

Di relay, ada dua komponen utama yang mendukung kinerjanya, yaitu kumparan dan saklar. Kumparan atau electromagnet bertugas untuk mengetahui kapan saklar diputus atau dihubungkan kembali.

Dalam kelistrikan sepeda motor, biasanya relay yang digunakan merupakan komponen dengan arus kecil. Bentuknya lebih padat dan model bodinya transparan.

Desain seperti ini mempermudah pemasangan dan pengecekan relay.

Memasang komponen ini sebenarnya cukup mudah dan tidak mahal. Komponen ini memang cukup mudah ditemui dan biasa dijual di took elektronik atau bengkel motor.

Pastikan kamu memilih relay berkualitas tinggi. Untuk sepeda motor, ukuran standar relay yang biasa dipasang adalah 12 volt dan 30-40 ampere. Ukuran ini cukup ideal untuk menjaga kinerja komponen tetap maksimal, terutama menjaga aki tidak mudah soak. 

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo