Lahan Parkir Termahal Sedunia, Harganya Bisa Beli 74 Rumah DP 0 Rupiah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 30 Oktober 2019 09:20
Lahan Parkir Termahal Sedunia, Harganya Bisa Beli 74 Rumah DP 0 Rupiah
Harga per meternya pun tak kalah fantastis.

Dream – Berapa uang yang akan kamu bayar untuk sebuah parkir di kantor? Bicara tentang lahan parkir, harga area ini berbeda-beda, malah lebih mahal jika berada di tengah kota.

Misalnya, di Hong Kong, harga lahan parkir bisa menembus nilai yang fantastis.

Dikutip dari Motor1, Rabu 30 Oktober 2019, sebuah lahan parkir di The Center—perkantoran 73 lantai—seharga 7,6 juta dolar Hong Kong (Rp13,62 miliar). South China Morning Post memberitakan bahwa lahan itu menjadi yang termahal di dunia.

Kok bisa mahal, ya?

Sekadar informasi, lahan parkir seluas 12,5 meter persegi memiliki harga per meter sekitar 56.505 dolar Hong Kong (Rp101,26 juta). Ini lebih tinggi daripada harga tanah di Manhattan, Amerika Serikat yang sekitar US$1.770 (Rp24,87 juta) per meter persegi.

South China Morning Post menyebut harga lahan parkir di Hong Kong tiga kali dari rata-rata rumah di daerah tersebut.

Sang pemilik lahan, Johnny Cheung Shun yee, mengaku telah menjual empat slot lahan parkir, namun tak disebutkan siapa pembelinya.

Jhonny hanya mengatakan telah menjual lahan kepada seseorang yang berkantor di The Center.

Harga lahan parkir tersebut memang cukup fantastis. Jika dibandingkan dengan nilai jual rumah DP 0 persen di Jakarta, pemilik lahan pakir itu bisa memiliki 42-74 unit rumah yang dijual  antara Rp187 juta-320 juta.(Sah)

1 dari 5 halaman

Habis Rp413 Juta Buat Sewa Lahan Parkir, yang Didapat Bikin Emosi

Dream – Malang benar nasib wanita ini. Dia sudah mengeluarkan duit senilai ratusan juta rupiah untuk membeli lahan parkir.

Tapi, yang didapatkan justru zonk alias tak sesuai harapan

Dikutip dari Next Shark, Rabu 5 Juni 2019, wanita ini bernama Tao. Dia merogoh kocek 200 ribu yuan setara dengan Rp413,2 juta untuk sebuah lahan parkir di sebuah apartemen di Nanning, Tiongkok.

 

 

Sebenarnya, Tao telah membeli lahan ini pada Agustus 2018, tapi baru bisa mengecek setelah pindah ke apartemen.

Saat mengetahui lahan parkirnya, ternyata area Tao dekat lift. Kemudian, diapit oleh dua tembok.

2 dari 5 halaman

Ngenes Banget

Serasa penderiataannya tak berhenti, Tao mendapat areanya yang sangat sempit. Tao pun hanya bisa memasukkan mobil tanpa bisa membuka pintu.

Mau tak mau dia harus keluar dari sunroof.

Karena kecewa, dia mendatangi pengembang untuk meminta pengembalian uang.

Sayang seribu sayang, pengembang enggan mengembalikan uangnya. Pengembang menyebut permintaannya mustahil dikabulkan. Tao pun diminta untuk menjual area parkir itu kepada orang lain yang membutuhkan.(Sah)

3 dari 5 halaman

Keren, Ide Kreatif Akali Lahan Parkir yang Sempit

Dream – Selain melaju mundur, lahan parkir bisa menjadi tempat mengerikan bagi pengemudi pemula. Apalagi jika melihat lahan parkir penuh dengan mobil dan satu-satunya tempat kosong hanya untuk parkir pararel. 

Menemukan parkir yang lapang terutama di kota metropolitan memang sesuatu yang langka. Lahan parkir yang terbatas tentu saja akan menyulitkan pengemudi mobil untuk memarkir kendaraannya.

Untuk mengatasi keterbatasan lahan parkir, ada saja cara unik yang dilakukan. Contohnya dilakukan pengelola parkir di Chongqing, Tiongkok bagian selatan ini.

Dikutip dari Next Shark, Minggu, 20 Januari 2019, Chongqing membuka lahan parkir yang menyediakan mobil untuk kendaraan yang lebih banyak. Cara ini juga menghemat lahan parkir.

 Keren, ya, parkirnya bisa naik ke atas.

(Sumber: Next Shark)

Si pengelola parkir membuat arel parkir dengan kemiringan 28-32 derajat yang akan bergerak otomatis setelah mobil terparkir. Sistem parkir ini bisa meningkatkan kapasitas kendaraan dari 24 kendaraan menjadi 40, dikutip dari Shanghaiist.

Sejauh ini, proyek itu sukses. Tak diketahui berapa dana yang digelontorkan untuk membuat lahan parkir yang otomatis. 

 Cara ini bisa menghemat ruang parkir, sekaligus menambah kapasitas kendaraan.

(Sumber: Next Shark)

Yang jelas, kalau berencana memarkir mobil di sini, pemilik kendaraan harus memastikan tak ada kopi atau teh yang tertinggal di dalamnya. Ngeri tumpah kalau mobil dimiringkan.

4 dari 5 halaman

Ini Videonya

Berikut ini adalah parkir mobil otomatis, dikutip dari News China TV.

 

5 dari 5 halaman

Pasutri Hoki, Lahan Parkir Sempitnya Dibeli Rp10 Miliar

Dream – Sepasang suami istri menjual sebuah parkir mobil dengan harga fantastis, yaitu 6 juta dolar Hong Kong (Rp10,66 miliar). Pasangan ini meraup untung sebesar 2,6 juta dolar Hong Kong (Rp4,62 miliar) dari penjualan lahan parkir.

Saat membeli lahan parkir mobil ini pada September 2017, harganya masih 3,4 juta dolar Hong Kong (Rp6,04 miliar).

Dilansir dari Next Shark, Kamis 7 Juni 2018, lahan parkir yang dijual ini memiliki luas sekitar 5 meter x 2,5 meter. Lahan parkir ini terletak di kompleks apartemen Ultima milik Sun Hung Kai Properties. Lahan ini berada di distrik Kowloon.

 

 

Berdasarkan South China Morning Post, harga lahan parkir di daerah ini selangit. Per meter perseginya mencapai 44.444 dolar Hong Kong (Rp79,01 juta).

Harga ini membuat lahan parkir di Kowloon menjadi yang termahal.

Rekor sebelumnya dipecahkan oleh seorang pebisnis eksekutif yang membayar 5,18 juta dolar Hong Kong (Rp9,21 miliar) untuk lahan parkir di area Sai Ying Pun.

(Sah)


[crosslink_1]

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir