Trik Agar Sistem Transmisi Mobil Manual Tetap Awet

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 21 Februari 2019 07:15
Trik Agar Sistem Transmisi Mobil Manual Tetap Awet
Ada dua jenis transmisi kendaraan, yaitu otomatis dan manual.

Dream – Mungkin kamu sudah biasa menggunakan transmisi manual pada kendaraan, entah itu sepeda motor atau mobil. Tapi, apakah kamu sudah memahami mekanisme transmisi manual dan cara menggunakannya tetap awet?

Meski mobil atau motor matic mulai banyak jadi pilhan di kota besar, pengguna kendaraan transmisi manual masih sangat banyak. Alasannya pun beragam. Dari harga lebih murah sampai rasa berkendara.

Mengutip laman Garda Oto, Kamis 21 Februari 2019, mekanisme dari transmisi mobil manual harus pertama kali kamu pahamai. Hal yang pertama adalah kendaraan dalam kondisi diam dan gigi di posisi netral. Kendaraan tidak bergerak walaupun mesin menyala dengan putaran tinggi.

Kondisi ini terjadi karena synchromesh dalam keadaan bebas alias tidak terhubung ke roda gigi tingkat.

Ketika tuas transmisi ditekan, pemindah gigi pun berputar bersama dengan pemutar shift drum. Shift ini mengaitkan dan mendorong shift drum hingga dapat berputar. Shift drum yang berputar tadi akan terkoneksi dengan garpu pemilih gigi berikut pinnya. Pin tersebut akan melakukan penguncian terhadap garpu pemilih di bagian ulir.

Garpu pemilih gigi yang telah terhubung pada gigi geser (sliding gear) akan bergerak ke kanan dan kiri sesuai dengan gerakan dari garpu pemilih gigi. Gerakan dari gigi geser ini akan mengunci di gigi transmisi sesuai dengan sektor poros letak gigi itu sendiri.

Mekanisme berikutnya terletak pada gigi transmisi (1-5 percepatan) yang bebas berputar di tiap porosnya. Dengan kata lain, saat memasukkan gigi ketika mengendarai mobil, hal ini adalah proses penguncian gigi kecepatan yang terhubung ke poros.

Dapat disimpulkan bahwa setiap proses pemindahan gigi percepatan, terdapat komponen pemindah gigi, mulai dari gigi tingkat 1 sampai 5. Ketika berada di salah satu percepatan, gigi geser sedang terkunci dan berputar tetap pada porosnya sendiri.

1 dari 1 halaman

Pindah Gigi Sesuai Kecepatan

Ketika menggunakan transmisi manual, sebaiknya kamu memindah gigi sesuai dengan kecepatan minimal yang sesuai dengan tingkatan gigi.

Hati-hati jika kamu tak menggunakan gigi yang sesuai dengan kecepatan. Mobil kesayangan akan mengalami hentakan yang pastinya tak enak saat dikendarai.

Misalnya, kamu pakai gigi 3 untuk kendaraan yang melaju 10 km per jam. Ini akan membuat hentakan tak nyaman karena transmisi tak sesuai.

Hndari juga memindah gigi secara kasar dan tak hati-hati. Cara ini bisa menimbulkan masalah pada sistem transmisi. Makanya, perlakukanlah mobil dengan baik. Misalnya, kamu merawat transmisi dengan rutin dan konsisten agar sistem ini bisa diandalkan setiap saat.

Beri Komentar