Bahaya Cuci Motor Pakai Semprotan Air Kencang & Mesin Masih Panas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 9 Januari 2019 13:44
Bahaya Cuci Motor Pakai Semprotan Air Kencang & Mesin Masih Panas
Mencuci motor juga ada aturannya.

Dream – Pengendara sepeda motor akan melakukan apapun untuk membuat tunggangannya tampil mengkilap setiap saat. Berbagai larutan kimiawi akan dipakai agar body si motor kesayangan terlihat kinclong.

Bila perlu sepeda motor setiap hari dibawa ke tempat pencucian agar body-nya selalu mulus. 

Pamer sepeda motor yang mengkilap boleh-boleh saja dilakukan. Asal jangan sampai kebablasan mencuci motor kamu ya.

Dikutip dari Federal Oil, Rabu 9 Januari 2019, mencuci sepeda motor ternyata tidak bisa sembarangan. Bukan kinclong yang didapat, bisa-bisa motor kesayangan ngadat karena kamu yang salah saat mencucinya.

Wahana Honda menyarankan pengguna menghindari untuk mencuci motor ketika mesin dalam keadaan panas. Mesin yang panas tak boleh langsung terkena air.

Kalau kena air, blok mesin dan pangkal knalpot akan rusak. Proses pendingan paksa seperti itu akan membuat logam memuai dalam waktu yang cepat sehingga akan retak.

1 dari 1 halaman

Jangan Lap Bodi Motor setelah Dipakai

Kamu juga tak disarankan menyeka bodi motor setelah digunakan berkendara. Motor yang habis dipakai akan menyisakan debu dan kotoran. Kalau langsung dilap, bodi motor akan tergores.

Sebaiknya, siram dengan air terlebih dahulu.

Hindari juga menyemprot motor dengan air yang bertekanan. Pelumas rantai bisa rontok dan performa rantai akan berkurang kalau disemprot dengan air yang bertekanan. Air juga akan menimbulkan karat dan membuat rantai mudah putus.

Menyiram mesin dengan air yang berlebihan juga harus dihindari. Tujuannya agar air tak masuk ke pengapian. Air yang masuk ke sistem pengapian akan membuat motor mogok. Komponen mesin motor merupakan bagian yang paling sensitif terhadap air. 

Nah sudah tahu kan larangan dalam mencuci motor? Semoga kamu bisa tetap tampil gaya dengan tunggangan kesayangan tanpa khawatir mogok di tengah jalan. 

Beri Komentar