Mengapa Kucing Suka Tidur di Kap Mobil?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 11 Februari 2020 14:14
Mengapa Kucing Suka Tidur di Kap Mobil?
Malah, ada yang sering menyelinap tidur siang di ruang mesin.

Dream - Kucing sering tidur di mana saja. Entah di itu di kolong kursi, atas sofa, sampai kasur pemiliknya. Hewan berbulu ini bahkan sering tidur di mobil, seperti kap, kolong, sampai di mesin.

Tapi, kenapa kucing suka banget berbaring di sana. Dikutip dari TopGear, Selasa 11 Februari 2020, ternyata kucing suka tidur di kap atau mesin karena insting alaminya. Kucing memerlukan kehangatan.

“ Kucing menyukai tempat yang hangat karena mereka punya suhu tubuh yang lebih tinggi daripada manusia,” kata dokter hewan di The Paws Vet, Marie Celina Lugti Mergilla.

Dia mengatakan, kucing liar berlindung ke ruang mesin karena mencari tempat berlindung agar tetap hemat. Cara ini dilakukan agar bisa menghemat energi saat tidur siang.

“ Mereka juga menyukai ruang mesin karena gelap dan bisa tidur siang dengan tenang,” kata Marie.

1 dari 6 halaman

Jangan Lupa Periksa Kap, Mesin, dan Kolong Mobil

Seorang catlover, Jason de La Cruz, menyarankan pemilik mobil memeriksa setiap bagian mobilnya sebelum memanaskan mesin. Tujuannya agar si kucing tidak mati kepanasan.

Marie juga menyarankan untuk memanggil kucing-kucing dengan penuh kasih sayang. Dia menilai mengetuk kap mobil atau membunyikan klakson akan menakuti merek dan bisa menyebabkan stres. Ini akan membuat kucing ketakutan untuk meninggalkan mobilmu.

“ Kamu bisa mencoba memberi makanan jika tak mau dipanggil,” kata dia.

Jika itu kucing peliharaanmu, Marie menyarankan untuk tidak menjadikan mobil sebagai rumah anak bulu (anabul). “ Beri mereka ruang atau area tidur yang hangat dan nyaman,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Terperangkap di Mobil, Kucing Pintar Pakai Cara Cerdas

Dream - Tak banyak orang menyadari kucing ini termasuk hewan yang banyak akalnya. Meskipun sering membuat pemilik gemas karena polahnya, hewan berbulu yang satu ini diam-diam menggunakan kecerdasannya untuk memecahkan suatu masalah.

Bahkan, caranya sering membuat kita takjub.

Dikutip dari World of Buzz, Minggu 29 Desember 2019, seorang warganet Twitter berakun @hanisschokman, bercerita ayahnya hendak mengunci pintu pagarnya pada 25 Desember 2019. Ketika hendak kunci pintu, dia melihat ada cahaya berkedip dari hazard lamp lampu tetangga.

 Kucing terperangkap di mobil.© World of Buzz.



Sang ayah sadar dan melihat kucingnya terperangkap di mobil tetangga. Ternyata, Oyen yang menyalakan hazard lamp.

3 dari 6 halaman

Mengendap-endap?

Ayah Hanif mengatakan si kucing mungkin sedang mengendap-endap masuk ke mobil saat tetangganya mengeluarkan barang-barang dari mobil. Saat mengunci mobil, tetangganya tak tahu ada makhluk imut yang terperangkap di dalamnya.

“ Mereka kembali dan mengeluarkan Oyen dari mobil. Bahkan, tetangga tak tahu,” tulis Hanif.

Unggahan Hanif menjadi viral dan telah dicuit ulang 36.600 kali dan mendapatkan 26.300 likes.

4 dari 6 halaman

Jangan Lupa Cek Kap Mesin! Kucing Suka Bersarang

Dream – Tak hanya tikus, kucing juga sering bersembunyi di area mesin mobil. Hewan berbulu ini menyukai area mesin karena lokasinya hangat.

Berbeda dengan tikus, ulah binatang ini bisa bikin pusing kepala. Kerap kali kucing terjepit di area mesin dan berujung kematian.

Dilansir dari Otosia, Jumat 21 September 2018, kasus semacam ini tak jarang dihadapi oleh para mekanik kendaraan. Seorang mekanik senior di bengkel Bos, Pondok Cabe, Jakarta, Pamuji, mengatakan ada area-area tertentu di mobil yang menjadi lokasi favorit kucing.

“ Kucing yang kami sering temui itu mati karena kena kipas atau terjepit fan belt,” kata Pamuji di Jakarta.

 

 © Dream

 

Dia mengatakan kejadian sering terjadi di mobil-mobil penggerak roda depan. Ini terlebih lagi pada mobil-mobil dengan dek bawah.

“ Contohnya, kayak mobil Panther. Fan belt-nya, kan, lebar. Apalagi, kalau ada mobil yang pakai dek bawah antara pulley kruk as. Kalau sudah nangkring di situ, kucing enak. Depannya fan belt,” kata Pamuji.

Dia melanjutkan pengguna mobil tak sadar akan kehadiran kucing di dalam kap mobil.

“ Begitu mesin dihidupkan, tergilas. Ini biasanya kucing-kucing kecil,” kata Pamuji.

5 dari 6 halaman

Yack! Ini Spot Favorit Tikus Bikin Sarang di Dalam Mobil

Dream – Kasus mobil tidak mau menyala karena kabel digigit tikus mungkin cerita sepele. Tapi, kalau sampai mesin tak menyala, itu jadi merepotkan.

Sebenarnya, ada penyebab tikus masuk ke mobil dan menggigiti kabel.

Dilansir dari Otosia, Kamis 13 September 2018, mekanik senior bengkel Bos di Pondok Cabe, Jakarta, Wahyu Hari Pamuji, mengatakan tikus senang di tempat yang hangat. Sekali menemukan tempat hangat nan nyaman, hewan pengerat ini akan menjadikanya `rumah`baru.

“ Kebetulan ada kabel di sana yang menjadi penghalang dan dia tahu kabel itu lunak. Digigitlah (kabel itu),” kata Wahyu.

 Kesel banget kalau kabel mobil putus karena digigit tikus.© Shutterstock

Beberapa ruangan dalam mobil yang selama ini menjadi tempat favorit tikus bersarang adalah mesin, transmisi, ruang antara shockbreaker, dudukan support, dan saringan udara. Tempat favorit lainnya? Tangki bensin.

“ Kami sering menemukan kejadian (kabel) digigit tikus di bagian itu. (Contohnya), Avanza Xenia sering sekali kabel mundur itu digigit,” kata dia.

Wahyu mengatakan hewan rodentia ini senang berada di mobil jenis apa saja. Penyebab tikus doyan bersarang di mobil adalah salah pilih tempat parkir. Dia berkata mobil yang jadi rumah tikus ini sebagian besar berasal dari mobil yang diparkir di dekat tempat sampah dan di pinggir got yang kotor.

“ Kadang yang sehari parkir sudah digigit (kabelnya), apalagi yang berhari-hari. Saya pernah nemui kasus mobil ada anak-anak tikus. Jadi, hindari tempat-tempat itu,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Begini Caranya Cegah Tikus Bersarang di Mobil

Wahyu mengatakan indikasi kerusakan mobil karena gigitan tikus adalah sekring sering putus. Misalnya, sudah pernah diganti, eh, putus lagi.

“ Jangan pernah menaikkan nilai sekring. Yang bahaya jika masuk kabel harnes,” kata dia.

Agar mobil tak dijadikan rumah kesekian tikus, pemilik mobil bisa menempatkan kapur barus di tempat-tempat itu. Atau, bisa saja buah matoa ditempatkan di sana.

“ Yang sudah-sudah, berdasarkan pengalaman, 90 persen dari kerusakan ini bisa diperbaiki,” kata dia.

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam