Mengapa Servis Pertama Mobil Baru Diatur Cuma 1.000 KM?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 3 Februari 2021 06:45
Mengapa Servis Pertama Mobil Baru Diatur Cuma 1.000 KM?
Ini alasannya.

Dream – Setiap pembeli kendaraan baru pasti mengenal ketentuan servis berkala pada 1.000 Kilometer (Km) pertama. Namun pernahkah kamu penasaran mengapa jarak itu yang ditetapkan? Mengapa tidak 500 Km atau 1500 Km saja?

Dikutip dari keterangan tertulis Auto2000, Rabu 3 Februari 2021, penetapan batas maksimal service berkala pertama itu dibuat karena pertimbangan teknis. Servis berkala dilakuakn untuk memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal.

Selain berdasarkan jarak, pemeriksaan juga dilakukan dengan ukuran waktu yaitu satu bulan dari penyerahan.

Alasan servis berkala dilakukan pada jarak tempuh itu juga sebagai bagian dari deteksi dini kondisi mobil. Dengan cara ini diharapkan kerusakan, bila ada,  tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya.

Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan pemilik kendaraan terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang besar.

Yang tidak kalah penting, servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel resmi.

1 dari 2 halaman

Apa Saja yang Dicek?

Saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail seluruh komponen bergerak di mobil. Bagian pertama yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seatbelt, dan head unit.

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.

Berlanjut ke bagian mesin, petugas akan menjalankan pemeriksaan oli mesin dan kondisi fan belt. Petugas bengkel juga akan mengecek volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis kendaraan.

 

2 dari 2 halaman

Biar Tetap Prima

Manfaat pengecekan tersebut sangat terasa mengingat saat ini sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis.

Jika terdeteksi ada kerusakan, petugas akan segera melakukan penggantian spare parts secara gratis. Untuk mobil Toyota, Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, mengatakan komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakaan akibat salah perlakuan, bisa diganti secara gratis saat servis 1000 km.

“ Servis berkala satu bulan atau 1.000 km pertama memiliki fungsi yang sangat penting untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil Toyota milik AutoFamily selalu dalam kondisi prima mulai dari awal penggunaan. Semakin penting lantaran saat ini sedang musim hujan sehingga mobil dituntut agar selalu siap dalam segala kondisi jalan,” kata Nur.

Beri Komentar