Mengenal Ragam Pelapis Jok Mobil, Mana Ternyaman?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 5 Desember 2018 06:45
Mengenal Ragam Pelapis Jok Mobil, Mana Ternyaman?
Selain mempercantik jok, pelapis ini punya kelebihan dan kelebihannya masing-masing.

Dream – Tak hanya aroma kabin dan Air Conditioner (AC), ada juga hal lain yang bisa membuat pengemudi dan penumpang nyaman merasa di mobil. Biasanya orang banyak yang tak memperhatikan benda itu.

Penunjang kenyamanan penumpang dan pengendara mobil itu adalah jok. Selain empuk, penampilan jok juga bisa membantumu untuk merasa nyaman di mobil. 

Dikutip dari Daihatsu, Rabu 5 Desember 2018, perkembangan jok mobil saat ini sudah berkembang jauh. Yang paling terlihat adalah bahan pelapisnya.

Jok mobil paling umum terbuat dari kulit, semi kulit, nilon, dan vinyl. Berikut ini adalah rincian jenis bahan pelapis jok.

Kulit

Bahan kulit dianggap sebagai pelapis yang paling bermutu di antara bahan-bahan lainnya. Tak hanya nyaman dan lembut, desain bahan pelapisnya juga menarik mata. Tapi, bicara tentang kualitas, pelapis jok akan menguras dompet, mulai dari harga sampai perawatan.

Semi Kulit

Bahan pelapis berikutnya ialah semi kulit. Keunggulan pelapis semi kulit terletak pada kekebalannya terhadap suhu panas.

Bahan ini tidak menyerap panas sehingga kamu tak usah khawatir ketika memarkir mobil di tempat yang terik. Harga bahan ini cenderung terjangkau dan tidak membuat kantong bolong.

Nilon

Kualitas nilon hampir menyerupai kualitas bahan pelapis kulit. Bahkan, bahannya lebih kuat dan tahan lama. Harganya juga lebih murah.

Namun, pori-pori nilon cukup besar dan rentan kotor. Untuk itu, kamu harus membersihkannya dengan rutin.

Vinyl

Bahan pelapis ini cocok buat kamu yang sibuk banget dan tak punya waktu untuk merawat jok. Jok ini mudah dibersihkan, tidak ribet, dan tidak terlalu mahal dalam perawatannya.

Sayangnya, vinyl adalah penyerap panas yang baik sehingga pelapis ini berpotensi untuk mengurangi kenyamanan.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ada Bukit Mengandung Emas, Warga Sulut Heboh