Jangan Menyetir Sambil Pangku Hewan di Negara Ini, Bisa Ditilang!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 12 Desember 2018 16:45
Jangan Menyetir Sambil Pangku Hewan di Negara Ini, Bisa Ditilang!
Hati-hati membawa hewan peliharaan ketika menyetir, ya.

Dream - Pengendara mobil tak jarang " nyambi" ketika sedang mengemudikan roda empat. Misalnya, ada yang sambil menelepon dan chatting.

Ada juga yang mengemudi mobil sambil memangku hewan peliharaan kesayangan, seperti kucing dan anjing.

Pengendara mobil di Indonesia mungkin masih bisa tenang melakukan hal-hal yang sebetulnya bisa membahayakan perjalanan itu. Namun jangan coba-coba mempraktikannya di Mantua, Ohio, Amerika Serikat.

Dikutip dari Auto Evolution, Rabu 12 Desember 2018, polisi tidak akan segan menilang pengemudi mobil yang kedapatan memangku hewan ketika sedang mengemudikan mobil. Selain bisa mengurangi konsentrasi berkendara, sikap ini bisa membahayakan peliharaan.

Fox 8 memberitakan para pengemudi mobil tak bisa lagi membawa hewan peliharaan di atas pangkuannya ketika mengemudi. Aturan tersebut akan diberlakukan mulai 20 Desember 2018.

" Pelanggan pertama adalah kejahatan ringan. Pelanggaran kedua dalam setahun akan menjadi kategori ringan tingkat ketiga karena akan ada yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas," kata polisi Mantua.

1 dari 1 halaman

Harus Ditangani

Selain membawa hewan, sebenarnya pengemudi mobil juga dilarang untuk melakukan aktivitas lain. Sebut saja mengirimkan e-mail dan mengetik pesan singkat.

Namun, pemerintahan Mantua menegaskan berkendara dengan hewan peliharaan juga harus ditangani. Meskipun ditentang oleh pemilik anjing, otoritas setempat takkan mundur.

Tak banyak regulasi yang melarang pengemudi menyetir mobil dengan hewan peliharaan di pangkuan atau mereka tidak terkendali di salah satu kursi penumpang. Majalah Parade menyebut Hawaii secara tegas melarang pengemudi menyetir sambil memangku hewan.

Aturan ini juga berlaku di wilayah-wilayah Amerika Serikat lainnya, seperti Minnesota dan Rhode Island. Aturan di daerah ini menyebut pelanggar aturan akan dikenakan denda alias tilang.(Sah)

Beri Komentar