Merasakan Sensasi Ganasnya 'King of The King' Triton

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 16 Agustus 2019 10:33
Merasakan Sensasi Ganasnya 'King of The King' Triton
Sejak kelahirannya 40 tahun lalu, Mitsubishi Triton terus berevolusi.

Dream - Mitsubishi Motors telah mengembangkan banyak mobil pikap tangguh yang telah dibuktikan dengan uji durabilitas di medan berat. Salah satunya yang melegenda adalah Triton atau di negara lain dikenal dengan nama L200.

Sejak kelahirannya 40 tahun lalu, Mitsubishi Triton terus berevolusi. Tercatat lebih dari 4,9 juta unit Triton terjual di seluruh dunia. Di Indonesia populasi Triton mencapai 80.000 unit.

 Mitsubishi New Triton

Reputasi 40 tahun Mitsubishi Triton sebagai kendaraan double cabin 4x4 menempatkannya sebagai 'King of the King' di kelasnya. Reputasi itu makin melekat kuat pada sosok New Triton yang diuji coba di sirkuit off road di kawasan BSD Serpong, Tangerang, Banten, Kamis kemarin.

Panitia menyiapkan tiga buah New Triton 4x4 untuk melahap rute tanah liat sejauh 1,4 kilometer. Tujuannya agar merasakan sensasi kegarangan New Triton di berbagai lintasan off road dengan medan cukup berat.

Mitsubishi juga menyiapkan tiga pereli profesional, dua diantaranya dari Jepang, Hiroshi Masuoka dan Kazuto Koide yang sangat berpengalaman di rali Paris Dakar dan pereli nasional Rizal Sungkar, saat awak media melakukan test ride.

Pada kesempatan ini Dream mencoba rasakan menjadi penumpang--bangku depan--New Triton 4x4 yang kemudikan pereli Rizal Sungkar. " Kita selfie dulu bro," ajak Rizal sebelum menggeber rival Toyota Hilux.

 Mitsubishi New Triton

Begitu masuk, interiornya memang mewah. Rasanya sangat nyaman. Raungan mesin diesel 4N15 berkapasitas 2,4 liter yang muncul tidak terlalu mengganggu kesenyapan kabin. Dan go!

 Mitsubishi New Triton

Di bawah terik matahari menyengat, Triton langsung digeber. Rute tahan liat yang sebagian berdebu dan basah, dapat dilahap tanpa kendala. Bahkan tikungan tajam dan sulit mampu dilalui dengan mulus meski dengan kecepatan tinggi. Gokil sih!

 Mitsubishi New Triton

Goncangan yang muncul akibat akselerasi boleh dibilang masih dalam batas kewajaran. Mengingat lintasan tidak rata didominasi tanah liat basah dan berlumpur.

" Asyik kan!" seru Rizal di balik kemudi saat melahap tikungan tajam.

 Mitsubishi New Triton

Sejumlah penyempurnaan yang dilakukan membuat New Triton memiliki akselerai yang lebih ok dari pendahulunya. Selain itu, tersemat juga fitur baru, off road mode yang memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai kondisi medan, serta hill decent control yang berfungsi mengontrol katup agar kecepatan kendaraan terjaga saat melintasi berbagai permukaan jalan.

 Mitsubishi New Triton

Tanpa terasa kita sudah kembali ke titik start. Dari sesi test ride singkat itu bisa disimpulkan; predikat 'King of the King' agaknya tidak 'lebay' jika melihat kemampuan New Triton yang punya keunggulan lebih dibanding kompetitor.

1 dari 5 halaman

Triton Sanggup Tenggak Solar 'Busuk', Tapi...

Dream - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjamin New Triton, tetap masih bisa diisi bahan bakar solar kualitas rendah.

" Sebetulnya mesin baru ini di New Triton sudah dipakai di Pajero Sport, dan mobil ini sudah banyak dipakai di wilayah yang kurang baik dengan solar biasa. Tidak masalah," ujar Irwan Kuncoro, Director Sales & Marketing Division PT MMKSI saat acara test ride New Triton di BSD, Tangerang, Banten, Kamis 15 Agustus 2019.

  New Triton

Mesin Triton juga sudah dites di Indonesia dengan bahan bakar solar biasa. Jadi tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, pria berkacamata itu tetap menyarankan agar rajin mengganti filter solar jika konsumen ingin mengombinasikan biosolar dengan Pertamina Dex.

" Di pasar sudah biasa, asalkan lebih sering ganti filter solarnya. Itu sudah umum kok buat semua mobil," ujar Irwan.

  New Triton

Mitsubishi New Triton telah ditambahkan berbagai fitur kekinian yang membuatnya tampil lebih gagah dan moden. Pada sektor dapur pacu juga turut disegarkan.

  New Triton

Sebagai mobil yang diandalkan di kawasan pertambangan atau perkebunan, New Triton menggendong mesin diesel 2.500 cc dengan kode 4N15, setara seperti yang terpasang di Pajero Sport.

2 dari 5 halaman

Legenda Reli Paris Dakar `Siksa` New Triton

Dream - Mitsubishi New Triton pamer kemampuan melibas berbagai medan dan kondisi sulit. Untuk membuktikan itu, pereli legendaris juara Paris Dakar, Hiroshi Masuoka ‘menyiksa’ New Triton di sirkuit off road Pagedangan, BSD Tangerang, Banten.

“ Triton sudah dikenal tangguh. Kuat di segala medan, punya fitur canggih yang dapat menunjang kenyamanan berkendara. Plus fitur keselamatan terlengkap. Ini Premium pickup yang handal,” komentar Hiroshi di lokasi acara, Kamis 15 Agustus 2019.

   Mitsubishi Triton

Tak cuma Hiroshi, pereli profesional dunia, Kazuto Koide dan Rizal Sungkar (pereli nasional) juga ikut menguji ketangguhan rival Toyota Hilux ini.

3 dari 5 halaman

3 Siksaan New Triton

Di sini, konsumen juga bisa mencoba langsung New Triton di trek yang telah disediakan. Sedikitnya ada tiga area yang disodorkan, yakni obstacle course, 4x4 Challenge dan sesi test ride yang disopiri oleh tiga pereli tadi.

   Mitsubishi Triton

“ Kegiatan ini merupakan kelanjutan aktivitas perkenalan New Triton sebagai model terbaru dari pikap double cabin Mitsubishi Motors kepada masyarakat yang lebih luas serta mempertahankan posisi Triton sebagai pemimpin pasar di kelas 4x4 dengan share 65 persen," ujar Naoya Nakamura,President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

 

 

4 dari 5 halaman

Diajak Ngebut Pereli Pro

Dijelaskan, pada area obstacle course yang memiliki trek sepanjang 0,4 kilometer, peserta bisa merasakan ragam fitur keamanan dan performa pikap andalan Mitsubishi ini. Selain itu, peserta juga mendapat ilmu sekaligus praktik dalam menghadapi berbagai macam rintangan dan hambatan.

   Mitsubishi Triton

Sementara di 4x4 Challenge, peserta akan didampingi instruktur dalam melahap berbagai rintangan untuk membuktikan kemampuan penggerak 4x4 yang dimiliki new Triton.

Pada sesi test ride, peserta hanya menjadi penumpang karena disetiri langsung oleh pengemudi profesional. Menariknya, trek yang disajikan begitu menantang dan dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

Selain diajak ngepot, new Triton yang berbadan bongsor itu juga sempat jumping saat melibas sebuah gundukan. Sesi ini begitu diminati karena penumpang bisa merasakan secara maksimal kemampuan suspensi maupun handling kendaraan pekerja keras tersebut.

   Mitsubishi Triton

Selanjutnya event serupa akan digelar di Balikpapan dan Pekanbaru.

Event " Engineered Beyond Tough Experience" terbuka untuk umum, bagi masyarakat yang berminat melakukan test drive, test ride serta berpartisipasi pada event ini, cukup dengan melakukan registrasi di bit.ly/newtritontestdrive.

5 dari 5 halaman

Populasi Triton, Mobil Legendaris di Indonesia

Dream - Mitsubishi baru saja meluncurkan generasi terbaru Triton, salah satu kendaraan legendaris di Indonesia. Sejak kelahirannya pada 1978, populasi mobil pikap double kabin ini telah mencapai lebih dari 80.000 unit.

Itu bukan menjadi angka sedikit. Untuk segman pikap double kabin 4x4, Triton menjadi market leader dengan pangsa pasar 62 persen.

“ New Triton telah mendapatkan peningkatan durabilitas, keandalan, kenyamanan serta peningkatan fitur keamanan melalui pengalaman serta pengembangan lebih dari 40 tahun sejak pertama kali diluncurkan,” Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia dalam acara New Triton “ Engineered Beyond Tough Experience” di Trek Pagedangan TAOFF, Tangerang, Banten, Kamis 15 Agustus 2019.


   Mitsubishi Triton

Populasi New Triton di Indonesia terbanyak di wilayah Kalimantan dengan penetrasi pasar 40 persen. Sisanya tersebar di sejumlah daerah; 30 persen (Sumatera) dan 15 persen (Jakarta).

" Saat ini, 95 persen penjualan Triton berasal dari model 4x4. Sisanya 5 persen dari model Triton 4x2. Ini tentu sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia yang membutuhkan kendaraan tangguh," kata Direktur Sales dan Marketing PT MMKSI, Irwan Kuncoro pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik