Negara Ini Akan Larang Minibus dan Bus Jadi Angkutan Anak Sekolah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 14 Mei 2019 05:01
Negara Ini Akan Larang Minibus dan Bus Jadi Angkutan Anak Sekolah
Apa alasannya?

Dream – Di beberapa negara termasuk Indonesia -khususnya Jakarta, ada yang namanya bus sekolah. Sesuai namanya, bus ini hanya diperuntukkan mengantar dan menjemput pelajar.

Bus sekolah biasanya menggunakan minibus atau bus. Tapi di negara teluk kaya, Uni Emirat Arab, kendaraan ini tak boleh lagi beroperasi tahun 2023.

Dikutip dari Khaleej Times, Sabtu 11 Mei 2019, Federal Traffic Council Uni Emirat Arab melarang penggunaan bus ini untuk mengangkut pelajar pada September 2021 dan minibus pada Januari 2023.

Sebelum larangan ini keluar, para peserta membahas perangkat kontrol kendaraan yang mendeteksi mobil yang melewati bus sekolah.

Para peserta ini meninjau presentasi oleh Otoritas Jalan dan Transportasi Uni Emirat Arab tentang amandemen regulasi jalan.

Sebelumnya tahun lalu Polisi Abu Dhabi mengumumkan standar baru untuk lisensi kendaraan 15 penumpang dan kendaraan pickup. Standar yang ditentukan oleh Departemen Transportasi Abu Dhabi, bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penumpang dan mengembangkan layanan transportasi.

Dewan juga membahas pelanggaran lalu lintas, kecelakaan, dan tingkat kematian di jalan-jalan UAE. Dewan telah mengungkapkan bahwa tingkat kematian di jalan-jalan UEA telah turun 32 persen pada tahun lalu.

1 dari 1 halaman

Keren, Kota Ini Pakai Bus Sekolah Tanpa Sopir

Dream – Kendaraan nirsopir ternyata bisa dijadikan kendaraan umum. Salah satunya, bus sekolah.

Dilansir dari Curbed, Selasa 25 September 2018, ada sebuah kendaraan autonomous yang dijadikan bus sekolah.

Bus nirsopir ini beroperasi di Babcock Ranch di selatan Florida, Amerika Serikat. Kota Babcock Ranch menjadi kota pertama yang menggunakan bus nirsopir sebagai bus sekolah.

Ya, bus sekolah nirsopir ini merupakan pilot project kota dengan Transdev. Bus iu bisa mengangkut hingga 12 anak dalam sekali waktu.

Bus berwarna kuning ini melaju dengan tenaga listrik dan memiliki jalur sendiri. Kendaraan itu mengangkut anak di halte dan menurunkannya di depan sekolah.

Kendaraan ini bisa melaju dengan kecepatan 8 miles per hour (13 km per jam) dan bisa diakselerasi hingga 30 miles per hour (48 km per jam). Bus sekolah itu punya sistem pengereman otomatis dan ada asisten keamanan di dalamnya.

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri