Ssttt.. Menteri Baru Jokowi Bakal Naik Mobil Dinas Anyar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 21 Agustus 2019 13:47
Ssttt.. Menteri Baru Jokowi Bakal Naik Mobil Dinas Anyar
Pemerintah mengeluarkan anggaran Rp147,3 miliar untuk pengadaan mobil menteri atau pejabat setingkat menteri.

Dream - Para menteri baru yang nantinya dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan `tersenyum`. Para pembantu presiden itu kemungkinan akan mendapatkan mobil dinas baru dari pemerintah.

Kabar itu muncul setelah Sekretarit Negara menggelang lelang pengadaaan kendaraan menteri negara atau pejabat setingkat menteri. Lelang ini mematok paket senilai Rp152,54 miliar.

Paket lelang tersebut diketahui dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik, Rabu 21 Agustus 2019 yang dikutip dari situs lpse.kemenkeu.go.id.

Dalam penjelasannya, lelang telah dinyatakan selesai dilakukan. Dari nilai pagu paket yang ditawarkan senilai Rp152,54 miliar, paket dimenangkan oleh perusahaan yang menawarkan nilai rendah rendah yaitu Rp147.312.469.200.

 Lelang Mobil Menteri

Pengadaan mobil dinas menteri ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019

Pemenang dari lelang pengadaan mobil menteri atau pejabat setingkat menteri tersebut adalah PT Astra International Tbk. Peserta lelang diketahui berjumlah 41 perusahaan.

Sayangnya, tak dijelaskan mobil-mobil apa yang nantinya akan digunakan untuk mobil menteri.

 

1 dari 4 halaman

Sering Mogok Mobil RI-1 Jokowi Mau Diganti, Mercedes atau BMW?

Dream – Menjelang masa jabatan yang kedua, Presiden terpilih Joko Widodo kemungkinan bakal menumpangi mobil baru. Kementerian Sekretariat Negara saat ini tengah mengusulkan untuk meremajakan mobil berpelat nomor RI-1 karena kendaraan yang ada dianggap sering bermasalah.

Rencana peremajaan mobil RI-1 tersebut dibenarkan Kepala Biro Umum Kemsetneg, Piping Supriatna.

Menurut Piping, peremajaan dilakukan karena Mercedes-Benz S600 Guard merupakan lungsuran dari presiden sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dibeli pada 2007.

" Ya benar (peremajaan mobil dinas presiden)," kata Piping lewat pesan singkat, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 5 Juli 2019.

Dilaporkan mobil dinas yang selama ini dipakai Jokowi sudah tak lagi melaju mulus. Mobil mewah berwarna hitam tersebut pernah tertangkap mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat di 2017.

Mobil RI-1 itu juga pernah mogok saat perjalanan menuju Pondok Pesantren Gontor Ponorogo.

 

 

2 dari 4 halaman

Jadi, Mobil yang Mana?

 Mobil Presiden

Untuk usulan mobil baru RI-1, Piping mengatakan mendapat penawaran dari dua merek sedan mewah dunia. selain Mercedes-Benz yang selama ini dipakai presiden, produsen mobil asal Jerman BMW juga menawarkan unggulannya untuk dipakai sebagai kendaraan dinas RI-1.

BMW dikabarkan menawarkan BMW seri-7 Security Vehicle F02 untuk kendaraan dinas RI-1. Sementara Mercedes-Benz sudah menawarkan model terbaru namun masih dirahasiakan. Santer dikabarkan Mercedes-Benz yang dipakai masih tetap berasal dari seri S-Class.

Namun Piping belum mengetahui apakah usulan peremajaan mobil dinas RI-1 tersebut akan benar-benar dilaksanakan. 

" Perkembangan lebih lanjut nanti akan disampaikan resmi oleh Kemsetneg. Sekarang kami masih koordinasi internal,” tutur dia.

(Sumber: Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

3 dari 4 halaman

BMW Luncurkan Mobil Presiden X7, Harga Rp2,4 Miliar

Dream – BMW Group Indonesia merilis Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, BMW X7. Mobil yang dijuluki sebagai 'The President' ini mengawinkan keunggulan, eksklusivitas dan kelapangan dengan berkendara fleksibel serta kelincahan khas Sport Activity Vehicle (SAV).

" Model terbaru dan paling lapang dari rangkaian kendaraan BMW X menggunakan teknologi powertrain, dan sasis yang inovatif untuk ciptakan pengalaman berkendara sempurna," kata President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, di Jakarta, Senin 15 Juli 2019, dikutip dari Liputan6.com.

Sekadar informasi, desain eksterior BMW X7 ini menampilkan kemewahan baru. Dimensinya 5.151 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.805 mm. Model ini dilengkapi dengan lampu kembar yang ramping dan memanjang sampai grill.

Interiornya, mobil ini merupakan kendaraan dengan tiga baris kursi dengan captain seat, dengan total mampu membawa enam orang.

4 dari 4 halaman

Jantung Mekanis

Sistem hiburannya, dilengkapi control display, cluster instrument yang sepenuhnya digital dengan layar 12,3 inci, dengan sistem operating system 7.0 termasuk BMW Intelligant Personal Assistant.

Mesinnya, dipersenjatai dengan unit bensin berkapasitas 3,0 liter enam silinder yang mampu menghembuskan daya hingga 340 Tk pada 5500 sampai 6500 rpm, dan torsi maksimum sebesar 450 Nm pada 1.500 rpm.

BMW X7 akan tersedia di semua diler dengan banderol Rp2,399 miliar off the road.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya